Connect with us

Mitra Hijau

Program Penanaman 200 Mangrove oleh Zupazupazuu di Pesisir Tambakrejo Semarang

Published

on

Program penanaman mangrove Zupazupazuu

Zupazupazuu adalah sebuah brand fashion yang menawarkan berbagai macam perhiasan kristal kontemporer. Zupazupazuu menghadirkan beberapa aksesoris pilihan seperti cincin, kalung, gelang, dan anting yang terbuat dari kristal berkualitas.

Melalui warna batu permata yang transenden, produk dari Zupazupazuu dapat digunakan sebagai aksesoris pelengkap dan dinilai dapat mengekspresikan perasaan bagi para penggunanya. Produk dari brand ini memiliki kesan mewah, indah, memanjakan mata, dan harganya sangat terjangkau.

Zupazupazuu memiliki kristal yang berasal dari alam yang digunakan sebagai bahan produksinya. Untuk itu, brand aksesoris ini menaruh kepedulian terhadap kelestarian lingkungan. 

Mereka, senantiasa memprioritaskan upaya perlindungan untuk lingkungan dan memberikan manfaat bagi masyarakat. Selain itu, brand ini juga berkomitmen untuk membangun kembali ekosistem pantai yang telah rusak. 

#GreenLivingwithCrystals: Kolaborasi Penghijauan Zupazupazuu dengan LindungiHutan

aksi penghijauan zupazupazuu
Penanaman mangrove bersama mitra petani Kelompok Camar. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Sebagai brand fashion yang sadar lingkungan, Zupazupazuu mengambil langkah tepat dengan berkolaborasi bersama LindungiHutan melalui program penghijauan. Program penghijauan ini merupakan bentuk nyata dalam upaya perlindungan lingkungan daerah pesisir yang terdampak abrasi.

Kolaborasi Zupazupazuu bersama LindungiHutan, menghadirkan inisiasi kampanye alam bertajuk #GreenLivingwithCrystals. Keuntungan dari penjualan aksesorisnya, mereka donasikan melalui kampanye tersebut untuk merestorasi kawasan pesisir untuk mengembalikan kelestarian alam.

Melalui kampanye tersebut, brand aksesoris ini berhasil menanam sebanyak 200 bibit mangrove di Pesisir Tambakrejo Semarang pada 2 September 2023.

Proses penanaman berlangsung dengan lancar dan dibantu oleh Pak Yazid dan anggota Kelompok Camar lainnya.

Upaya yang telah dilakukan oleh Zupazupazuu sepatutnya kita apresiasi bersama. Kolaborasinya dengan LindungiHutan, untuk mewujudkan misi perlindungan kelestarian alam dengan semangat #BersamaMenghijaukanIndonesia.

Besar harapan aksi ini dapat menginspirasi dan menumbuhkan komitmen untuk menjaga lingkungan bagi banyak orang.

Baca juga: Program Penghijauan Phillip Sekuritas Indonesia Tanam 500 Mangrove di Pantai Kartika Jaya Kabupaten Kendal

Wujudkan Penghijauan Bersama LindungiHutan!

LindungiHutan telah bekerja sama dengan 482 mitra brand dan perusahaan dalam melakukan penghijauan di 40 lokasi yang tersebar di Indonesia. Kami telah bekerja sama dengan beberapa brand seperti Somethinc, Avoskin, Scarlett, dan lainnya.

Bagaimana Kondisi di Pesisir Tambakrejo Semarang?

Pesisir Tambakrejo Semarang terletak di daerah bagian utara Pulau Jawa tepatnya di Kelurahan Tanjungmas, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang. 

Kawasan ini telah terdampak abrasi begitu besar, sehingga Tambakrejo dikenal dengan sebutan “Tambak Lorok”. Adanya sebutan “Tambak Lorok” karena daerah ini telah mengalami pergeseran tanah atau merosot. 

Bahkan di Tambakrejo juga terkenal dengan makam tenggelam. Area makam ini sepenuhnya tenggelam dan menyisakan nisannya saja. Akses jalan dari pemukiman menuju area makam sudah terendam air laut dan menyulitkan peziarah yang ingin berkunjung ke makam tersebut.

penanaman mangrove zupazupazuu bersama mitra
Kegiatan penghijauan di Pesisir Tambakrejo. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Fenomena yang terjadi di Pesisir Tambakrejo menjadi bukti nyata adanya kerusakan kondisi lingkungan dan lahan mangrove di area tersebut. Padahal mangrove memiliki peranan yang begitu besar untuk mempertahankan daerah pesisir dari gelombang air laut.

Mangrove merupakan ekosistem penting yang berfungsi sebagai penyangga alami ekosistem pantai. Mangrove juga memberikan manfaat seperti menyediakan habitat bagi satwa, penyerapan karbon, penghasil oksigen, wisata edukasi, dan lain-lain.

Dengan penanaman 200 bibit mangrove ini, Zupazupazuu telah berkontribusi dalam mendukung program pembangunan berkelanjutan dengan:

  • Mencegah degradasi lahan akibat abrasi (SDG’s 15)
  • Mengurangi dampak banjir di pemukiman warga (SDG’s 15)
  • Meningkatkan area tutupan hijau (SDG’s 15)
  • Membantu pengurangan emisi karbon (SDG’s 13)
  • Meningkatkan perekonomian petani dan warga sekitar (SDG’s 1)
  • Menyediakan jam kerja bagi warga sekitar (SDG’s 8)

Baca juga: Taman Hayat Tanam 1.100 Pohon Mangrove sebagai Upaya Pelestarian Lingkungan

Jalin Kerja Sama Penghijauan Bersama LindungiHutan

Dalam melaksanakan program penghijauan brand peduli lingkungan tidak perlu menyita waktu dan tenaga. Melalui program CollaboraTree, LindungiHutan akan membantu Brand Anda mewujudkan aksi nyata untuk kelestarian lingkungan.

Kami telah menanam 745.400 pohon di 40+ lokasi penanaman di seluruh Indonesia. Kami juga menjalin kerja sama dengan mitra petani penggerak untuk memudahkan dalam proses penanaman hingga pemantauan hasil penanaman yang telah dilakukan.

Baca juga: Program CSR DUTATRANS Group Tanam 1000 Mangrove di Pantai Mangunharjo Semarang

Ikuti langkah Zupazupazuu dalam menghijaukan pesisir Indonesia bersama LindungiHutan dengan mengisi form di bawah ini.

Rawat Bumi LindungiHutan