Connect with us

Emisi Karbon

5 Fakta Coldplay yang Gelar Konser Minim Emisi Karbon

Published

on

Konser Coldplay.

Ramai perbincangan di media sosial menyambut kedatangan Coldplay di Indonesia yang rencananya akan menggelar konser pada Rabu, 15 November 2023. Band asal London ini diketahui memang sudah banyak dinanti-nantikan oleh para fansnya sejak lama.

Kini setelah resmi diumumkan oleh PK Entertainment selaku promotor konser, Coldplay dikonfirmasi akan menggelar konser di Jakarta, bahkan harga tiketnya pun sudah bisa diketahui dari sekarang.

Jadi, buat kamu yang berencana nonton konsernya, siapkan uangnya dari sekarang. Kalau mau nabung masih ada beberapa bulan lagi kok, semoga kekejar ya! Pokoknya semangat nabungnya, biar nonton konser impian jadi mimpi yang terkabulkan.

Namun, terlepas dari upaya menabung yang mungkin sedang kamu lakukan saat ini, tahukah kamu kalau Coldplay adalah salah satu band yang punya concern terhadap lingkungan loh! Enggak cuma gimmick belaka, tetapi praktiknya bisa kita lihat!

Baca juga: 10+ Sosok Peduli Hutan dan Lingkungan yang Jarang Muncul

Konser Coldplay dan Inisiatifnya untuk Peduli dengan Lingkungan

Coldplay memang terkenal sebagai salah satu band yang punya kepedulian terhadap banyak isu, termasuk lingkungan. Kepedulian tersebut kemudian diimplementasikan dalam berbagai inisiatif, seperti ketika mereka melangsungkan tur global bertajuk Music of The Spheres World Tour.

Bukan hanya tur atau konser belaka, Coldplay berjanji menjadikan Music of The Spheres World Tour berjalan dengan berkelanjutan dan minim emisi karbon. Caranya seperti apa?

1. Penanaman pohon untuk setiap tiketnya

Sebagai bagian dari upaya untuk menebus/mengimbangi emisi karbon yang tak terhindarkan selama jalannya tur dan konser, maka setidaknya satu pohon akan ditanam untuk setiap penggemar yang menghadiri konser. Coldplay akan menanam pohon untuk setiap tiket yang terjual. Diperkirakan akan ada kurang lebih 54, juta pohon yang ditanam di seluruh dunia.

Bekerja sama dengan organisasi non profit One Tree Planted, komitmen yang dipegang untuk menciptakan dampak pemulihan bagi alam dengan menanam pohon.

2. Penggunaan transportasi berbahan bakar ramah lingkungan

Meskipun tur telah direncanakan dengan matang guna meminimalisir perjalanan udara, beberapa penerbangan tetap tidak dapat dihindari. Oleh karena itu, Coldplay akan terbang dengan penerbangan komersial dan juga penerbangan charter untuk keperluan band, kru, dan peralatan.

Untuk semua penerbangan baik itu komersial dan charter, Coldplay akan membayar biaya tambahan untuk menggunakan atau memasok bahan bakar penerbangan berkelanjutan atau Sustainable Aviation Fuel (SAF).

Sementara selama perjalanan darat akan dilakukan menggunakan kendaraan listrik atau biofuel.

3. Penggunaan energi terbarukan dan minim emisi karbon

Di sisi produksi panggung, Coldplay juga berusaha menggunakan sumber energi yang ramah lingkungan seperti memasang panel fotovoltaik surya di setiap pertunjukan. Panel fotovoltaik digunakan untuk menangkap energi matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik.

Pemasangan lantai kinetik juga dilakukan di lokasi tertentu di sekitar area konser, sehingga fans dapat berjoget di atasnya. Lantai kinetik ini memungkinkan mengubah gerakan menjadi energi.

Kalau kurang PD  berjoget, para fans juga bisa menaiki sepeda statis di tempat yang sudah disediakan. Sepeda tersebut akan mengisi ulang baterai yang digunakan sebagai salah satu sumber energi pertunjukan.

4. Meminimalisir sampah dan mempromosikan daur ulang

Konser dan sampah seperti dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Untuk itu, Coldplay bekerja sama dengan venue acara melarang penjualan botol air plastik sekali pakai.

Sebagai gantinya, wadah yang dipakai dapat digunakan kembali dan didaur ulang seperti gelas aluminium (ball alumunium cup).

Selain itu, sampah organik seperti kulit dan sisa sayuran sebisa mungkin akan dikomposkan.

5. Produksi merchandise dilakukan secara berkelanjutan dan etis

Coldplay berupaya untuk mengganti semua plastik dan polyester dengan alternatif alami seperti kapas organik dan elemen daur ulang/dapat didaur ulang.

Mitra dan vendor merchandise juga dipilih dengan cermat untuk menyediakan produk yang berkualitas tinggi dan berkelanjutan. Semua produk akan bersumber dari vendor yang membuktikan praktik kerja etis termasuk upah yang adil dan kondisi kerja yang baik.

Jika memungkinkan, semua produk merchandise Coldplay akan dikemas dalam kertas daur ulang atau tas yang dapat dibuat kompos.

Baca juga: Apa Itu Kalkulator Jejak Karbon? Manfaat, Cara Kerja, dan Tutorialnya

Hitung Emisi Karbon yang Dihasilkan Selama Nonton Konser dengan Imbangi!

Tutorial menggunakan kalkulator jejak karbon Imbangi.
Tutorial menggunakan Imbangi.

Nah, buat yang mau nonton konser Coldplay dan penasaran dengan jumlah emisi yang dihasilkan, kamu bisa pakai kalkulator jejak karbon Imbangi. Dengan menggunakan Imbangi, kamu bisa tahu berapa jumlah emisi yang dihasilkan dari penggunaan transportasi untuk nonton Coldplay.

Bukan hanya itu, masih ada beberapa kategori penghitungan emisi untuk aktivitas seperti penggunaan barang elektronik, konsumsi listrik, dan lain sebagainya. Cara menggunakannya juga mudah, kamu hanya perlu memasukkan data-data yang diperlukan, setelah itu hasil jumlah emisi karbon yang dihasilkan bisa diketahui.

Kalau sudah tahu berapa emisi karbon yang dihasilkan, kamu dapat menebusnya dengan menanam pohon bersama LindungiHutan. Kami memiliki berbagai lokasi penanaman yang dapat membantu proses carbon offsetting.

Jadi, kira-kira berapa emisi karbon yang kamu hasilkan? Gunakan Imbangi GRATIS di sini!

Gambar kalkulator jejak karbon.

Sudahkah Kamu Menghitung Jejak Karbonmu Hari Ini?

Melalui kalkulator karbon Imbangi, kamu bisa menghitung besar emisi karbon dari penggunaan kendaraan, listrik, dan peralatan elektronik lainnya. Ayo selamatkan bumi dengan mengurangi emisi karbon kita!

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rawat Bumi LindungiHutan