Connect with us

Kegiatan

LindungiHutan Gelar Webinar Green Skilling, Ajak UMKM Sadar Isu Lingkungan untuk Keberlanjutan Bisnis

Published

on

Pada Selasa, 31 Januari dan Kamis, 1 Februari 2024, LindungiHutan sukses melaksanakan Webinar Green Skilling: Green Marketing via Social Media untuk UMKM dan Startup guna Meningkatkan Branding. Webinar diadakan secara online, dan dihadiri oleh kurang lebih 100 peserta yang berasal dari berbagai latar belakang.

Diadakannya webinar ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada UMKM dan startup di Indonesia dalam memanfaatkan media sosial untuk membangun brand yang ramah lingkungan. Dalam rangkaian acara tersebut, webinar menghadirkan narasumber ahli di bidangnya, yaitu: 

  1. Mun Marva (CoFounder & Partner Kolaborasi.co dan Managing Director SIAP), 
  2. Tara Yulia Putri (Social Media Specialist di BelajarLagi), 
  3. Arfiana Maulina (Founder WateryNation),
  4. Rizki Fajar K (Marketing di  De Heus Indonesia).

Bagaimana kilas keseruannya?

Webinar Green Skilling LindungiHutan: Pentingnya Sustainability Untuk Brand atau Perusahaan

Pemateri satu sesi webinar green skilling
Penyampaian materi 1 sesi webinar hari pertama oleh Mun Marva (Dokumentasi: LindungiHutan).

Webinar Green Skilling dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama dilakukan pada Senin 31 Januari 2024 pukul 15.00 – 17.30 WIB. Pada sesi pertama ini, materi disampaikan oleh Mun Marva yang membahas tentang peluang bisnis hijau dan strategi penerapan green branding. Ia menyoroti pentingnya kesadaran akan lingkungan dalam mengembangkan bisnis, serta memberikan pandangan tentang bagaimana melihat isu lingkungan sebagai peluang bisnis yang potensial.

Mun Marva mengatakan, “Dari riset fleishmanhillard (2021), su utama yang menarik  untuk usia 18-24 tahun dan 65 tahun ke atas adalah tentang lingkungan dan perubahan iklim. Isu tersebut dianggap penting untuk mereka, oleh karena itu kita sebagai brand harus bisa melihat hal itu sebagai sebuah kesempatan atau peluang yang bisa kita gunakan dalam pengembangan bisnis”.

Materi kemudian dilanjutkan oleh Rizki Fajar K yang berfokus memberikan topik tentang brand building, marketing channel, dan strateginya. Dalam pemaparannya, Rizki memperkuat pemahaman peserta dengan mengulas strategi membangun branding hijau  dan memilih saluran pemasaran yang tepat sesuai dengan karakteristik bisnis masing-masing. Ia menekankan pentingnya menetapkan nilai bisnis yang kuat dan memahami segmentasi pasar sebagai langkah awal dalam merencanakan strategi pemasaran.

“Ketika usaha yang mulai dirintis, sebelum menentukan channel yang akan digunakan, tentukan terlebih dahulu value bisnis kita. Lalu tentukan segmentasi pasar produk kita. Barulah dari sana kita bisa tentukan channel yang akan digunakan untuk mendukung bisnis”, ucap Rizki.

pemateri dua sesi webinar green skilling
Penyampaian materi 2 sesi webinar hari pertama oleh Rizki FK (Dokumentasi: LindungiHutan).

Sesi kedua webinar diadakan pada Kamis, 1 Februari 2024 di waktu yang sama seperti pelaksanaan sebelumnya. Untuk webinar di sesi ini, narasumber yang dihadirkan adalah Tara Yulia Putri dan Arfiana Maulina yang membahas tentang copywriting dan media sosial strategy. 

Topik yang diangkat oleh Tara Yulia Putri adalah pentingnya copywriting, story telling, dan bagaimana cara membuat copywriting yang dapat mendatangkan konsumen. Tara mengungkap bahwa, “Di sosial media, kita bukan hanya bersaing dengan kompetitor, tapi juga dengan followingnya. Di sinilah pentingnya penggunaan copy writing agar pesan yang kita sampaikan menarik konsumen”.

pemateri tiga sesi webinar green skilling
Penyampaian materi 1 sesi webinar hari kedua oleh Tara Yulia Putri (Dokumentasi: LindungiHutan).

Sedangkan topik yang dibahas oleh Arfiana Maulina menyoroti strategi sosial media yakni tipe sosial media yang tepat digunakan, tren industri apa yang sedang terjadi, tipe konten yang sesuai,  tahapan variasi konten, tools yang digunakan sosial media, green content, dan green website.

“Strategikan konten di media sosial yang sesuai dengan kebutuhan bisnis yang dijalankan, apakah bisnis kita untuk B2C atau B2B,” ujar Arfiana.

pemateri empat sesi webinar green skilling
Penyampaian materi 2 sesi webinar hari kedua oleh Arfiana Maulina (Dokumentasi: LindungiHutan).

Pemenang Kuis Berhadiah Webinar Green Skilling 2024

Di akhir webinar hari pertama, LindungiHutan memberikan kuis berhadiah kepada para peserta. Peserta harus menjawab 10 pertanyaan melalui google form. Untuk pemenang diambil dua orang dari pengumpul tercepat dan memiliki nilai tertinggi. Kedua pemenang tersebut adalah Leo dari PureHeart dan Kak Susanti dari PIE

Melihat antusiasme peserta yang tinggi, LindungiHutan berencana untuk melanjutkan serangkaian kegiatan edukasi ini dengan mengadakan webinar lanjutan pada bulan Februari mendatang. Bagi Anda yang belum bergabung dalam Webinar Green Skilling pada bulan Januari, maka dapat bergabung melalui bit.ly/wag-green-skilling

Untuk informasi lebih lengkap tentang acara Webinar Green Skilling selanjutnya dapat diperoleh melalui akun media sosial resmi LindungiHutan di Instagram, Youtube, Blog, dan X atau Twitter.

Ana Salsabila adalah Junior SEO Content Writer di LindungiHutan yang berpengalaman dalam penulisan artikel tentang lingkungan dan kehutanan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan laporan tahun 2023 LindungiHutan

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Blog LindungiHutan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.