Connect with us

Hutanpedia

Bunga Wijaya Kusuma: Tanaman Hias yang Mekar di Malam Hari (2022)

Published

on

Yuk kenalan dengan bunga wijaya kusuma.

Bunga wijaya kusuma biasanya dimanfaatkan sebagai tanaman obat oleh pendahulu kita. Namun, saat ini ia juga dapat dimanfaatkan sebagai tanaman hias oleh masyarakat Indonesia.

Masyarakat Jawa sering memakai nama bunga ini sebagai nama untuk seseorang, sebab memiliki filosofi “ratu malam pembawa berkah raja-raja Jawa”. Selain itu, keunikan lainnya ialah keindahan bunga wijaya kusuma yang dapat dinikmati pada malam hari, karena bunga ini akan mekar sempurna pada waktu tersebut.

Penasaran dengan tanaman hias satu ini? Yuk simak dahulu penjelasan di bawah ini!

Apa Itu Bunga Wijaya Kusuma?

Seperti apa sih bunga wijaya kusuma?
Bunga wijaya kusuma jika dilihat dari dekat.

Bunga wijaya kusuma (Epiphyllum oxypetalum) adalah jenis tanaman kaktus yang memiliki bunga indah berwarna merah muda hingga putih. Masyarakat juga mengenalnya sebagai tanaman obat dan tanaman hias.

Tanaman endemik Meksiko ini juga dapat ditemukan di wilayah India dan menyebar ke Cina hingga masuk ke Indonesia yang beriklim tropis. Selain wijaya kusuma, bunga ini memiliki nama lain seperti queen of the night, orchid cacti, moon cactus (Inggris), dan tan huan (China) (Harmiatun et al., 2016).

Masyarakat Jawa kerap menamai seseorang dengan nama wijaya kusuma. Hal ini karena dianggap memiliki daya tarik melalui berkah dan sifat unjuk diri di saat yang tepat, layaknya bunga wijaya kusuma yang mekar pada saat-saat tertentu (Permatasari dan Rahardi, 2022).

Klasifikasi Taksonomi

Taksonomi Bunga Wijaya Kusuma (Epiphyllum oxypetalum) sebagai berikut:

KingdomPlantae
DivisiMagnoliophyta
KelasMagnoliopsida
OrdoCaryophyllales
FamiliCactaceae
GenusEpiphyllum
SpesiesE. Oxypetalum
Tabel klasifikasi bunga wijaya kusuma.

Baca juga: Kupas Tuntas Kecubung, Stop Menghalu! (2022)

Ciri-Ciri Morfologi

Tanman bunga wijaya kusuma.
Bunga wijaya kusuma berwarna putih hingga merah muda dan memiliki daun pipih memanjang warna hijau.

Bunga wijaya kusuma termasuk salah satu anggota famili kaktus yang tidak memiliki duri. Ciri khas ini yang membuat para pecinta tanaman hias ingin menanam dan merawatnya 

Batang wijaya kusuma memiliki tinggi 1-2 meter yang memiliki berbentuk silindris, di mana batang ini terbentuk dari helai daun tua yang mengecil dan mengeras. 

Daunnya memiliki bentuk pipih dan memanjang berwarna hijau dengan panjang daun berkisar 10-15 cm, yang memiliki permukaan halus tanpa duri dan tepi daun yang bergelombang. 

Tepi daun tanaman wijaya kusuma nantinya akan tumbuh kuncup bunga wijaya kusuma yang tangkainya makin lama akan semakin panjang hingga menjuntai ke bawah. Tangkai dari bunga ini berwarna merah muda yang menopang bunga tersebut.

Bunga wijaya kusuma memiliki diameter 10 cm berwarna putih hingga merah muda yang memiliki bau wangi. Bunganya hanya mekar pada malam hari selama beberapa jam, kemudian akan layu kembali.

Tanaman ini juga memiliki buah yang berbentuk bulat, berwarna merah dengan biji hitam. Biji tersebut dapat digunakan untuk perkembangbiakan tanaman wijaya kusuma.

Manfaat Bunga Wijaya Kusuma bagi Kesehatan

Bunga wijaya kusuma memiliki manfaat dalam bidang kesehatan, yang mana sangat ampuh dalam mengobati penyakit. Lantaran, terdapat kandungan yang sudah dimanfaatkan oleh nenek moyang kita dalam pengobatan tradisional (Artini dan Aryasa, 2018). Berikut ini beberapa manfaatnya bagi kesehatan:

1. Menyembuhkan Luka

Bunga wijaya kusuma dipercaya dapat menyembuhkan luka luar. Cara pengobatannya dengan menumbuk bunga hingga halus dan dioleskan di bagian tubuh yang terluka. Khasiat dari bunga ini akan membuat luka menjadi lebih cepat kering dan terhindar dari infeksi.

2. Meredakan Radang Tenggorokan

Air dari rebusan bunga wijaya kusuma dapat meringankan gejala radang tenggorokan, serta memiliki cita rasa mint yang dapat menyegarkan tenggorokan.

3. Mengatasi Bisul

Manfaat berikutnya yaitu dapat menyembuhkan penyakit bisul secara alami. Adapun caranya, yaitu dengan cuci bunga wijaya kusuma, tumbuk bunga tersebut hingga halus, dan tempelkan pada kulit yang terkena bisul.

4. Menyembuhkan Batuk

Salah satu kandungan yang dimiliki bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit pernapasan seperti batuk, asma, dan TBC (tuberkulosis). Cara menyembuh penyakit tersebut, yaitu dengan meminum air rebusan bunga wijaya kusuma secara rutin.

5. Mengatasi Jerawat

Bunga wijaya kusuma memiliki kandungan antimikroba yang dapat melawan bakteri penyebab jerawat. Caranya dengan menumbuk bunga sampai halus dan mengaplikasikannya ke kulit yang terkena jerawat.

Bagaimana Cara Menanamnya?

Menanam bunga wijaya kusuma dapat dilakukan dengan cara yang cukup mudah dan tidak membutuhkan lahan luas. Berikut cara penanamannya, dimulai dari pembibitan hingga perawatan:

1. Pembibitan

Bibit dapat diperoleh dengan melakukan stek batang atau membelinya di toko tanaman hias. Lakukan langkah untuk memisahkan bibit dengan tanaman induk. Adapun cara melakukannya, yaitu dengan memotong batang bunga wijaya kusuma sekitar 12-18 cm, serta diamkan batang tersebut di tempat yang teduh dan memiliki sirkulasi udara selama 2-3 hari.

2. Menyiapkan Media Tanam

Bunga wijaya kusuma memerlukan media tanam yang subur. Jadi, diperlukan campuran seperti campuran sekam mentah, kotoran ternak, pasir, dan tanah humus. Setelah media tanam tercampur rata, kita bisa memasukkan media tersebut ke dalam pot berdiameter 10 cm dan beri alas sebagai penahan tanaman.

3. Penanaman Bunga Wijaya Kusuma

Buat lubang sedalam 5 – 7 cm di media tanam yang telah disediakan, lalu masukkan bibit ke dalam pot yang berisi media tanam dan tutup sampai rata.

Bagaimana Cara Merawat Bunga Wijaya Kusuma?

Berikut cara mudah merawat bunga wijaya kusuma.
Cukup mudah untuk merawat tanaman satu ini agar tumbuh dengan baik dan senantiasa tampil indah.

Merawat bunga wijaya kusuma tidaklah sulit, kita hanya perlu memperhatikan kapan harus melakukan penyimpanan, penyiraman, pemupukan, dan penyiangan. 

Ketiga hal tersebut sangat penting untuk diketahui, jika kita ingin tanaman hias ini tumbuh dengan baik dan indah. Berikut cara merawat bunga wijaya kusuma dengan baik:

1. Penyimpanan

Bunga wijaya kusuma dapat tumbuh baik jika diletakkan di teras halaman rumah, tetapi jangan sampai terkena matahari secara langsung. Karena hal itu akan mempengaruhi pertumbuhan tanaman ini.

2. Pemupukan

Bunga wijaya kusuma memerlukan pupuk untuk tumbuh subur, kita bisa memberikan pupuk organik dari kotoran hewan atau pupuk NPK untuk tanaman ini.

3. Penyiangan

Penyiangan harus dilakukan secara rutin dengan membasmi hama atau gulma yang berada di sekitar tanaman. Tujuannya untuk mencegah tanaman terkena penyakit atau hama.

Baca juga: Temu Kunci (Boesenbergia pandurata): Ciri, Manfaat, dan Cara Budidaya (2022)

Itulah penjelasan mengenai bunga wijaya kusuma. Ternyata ada banyak keunikan yang dimilikinya ya, termasuk nama yang indah dan penuh makna. Gimana nih, tertarik untuk menanamnya?

FAQ

Apa Arti dari Bunga Wijaya Kusuma

Wijaya dan kusuma berasal dari bahasa Jawa Kuno, wijaya yang berarti kemenangan atau keberhasilan dan kusuma berarti bunga. Dapat disimpulkan, bahwa bunga wijaya kusuma merupakan tanaman mitologi pewayangan Jawa yang sakti akan keberhasilan.

Bunga Wijaya Kusuma Simbol Apa?

Bunga wijaya kusuma dipercaya sebagai pembawa keberuntungan untuk mengangkat derajat seseorang. Selain itu, tanaman wijaya kusuma juga dipercaya dapat mendatangkan jodoh bagi penghuni rumah yang membuatnya bersinar lebih terang dari orang lain (Dewi et al., 2022).

Keistimewaan Bunga Wijaya Kusuma

Bunga wijaya kusuma merupakan bunga ikon yang istimewa bagi masyarakat Jawa. Banyak sekali masyarakat yang memakai nama bunga ini sebagai nama untuk seseorang, di mana dipercaya sebagai pembawa berkah.

Penulis: Rayhan Arif Ferdian

Ambil Langkah Nyata dengan Menanam Pohon Bersama LindungiHutan HANYA 10 RIBU RUPIAH

LindungiHutan telah dipercata 40 RIBU sahabat alam untuk menanam pohon dengan mudah, transparan, dan berkelanjutan. Kami menjalin kerja sama dengan puluhan petani bibit dan masyarakat sekitar hutan untuk memberi dampak sosial, ekonomi, dan lingkungan.

Rawat Bumi LindungiHutan