Connect with us

Hutanpedia

Pohon Kemiri dengan Ragam Manfaatnya bagi Kehidupan Manusia

Published

on

Serba-serbi buah kemiri.

Siapa yang sudah pernah mencicipi soto kemiri? Masakan tersebut merupakan kuliner khas Kota Pati, Jawa Tengah. 

Soto kemiri merupakan kuliner yang melegenda terutama karena guyuran kuah santan berbumbu kemiri, dengan warna kuning kunyitnya. 

Sesuai dengan namanya soto kemiri, bumbu dapur tersebut memang acap kali menjadi bahan pelengkap masakan. Selain sebagai rempah-rempah, ternyata kemiri juga punya manfaat lainnya lo untuk manusia!

Tertarik dengan pembahasan lebih lanjut mengenai pohon kemiri?Berikut ulasan lengkapnya!

Pohon Kemiri Seperti Apa?

Gambar pohon kemiri.
Gambar buah kemiri yang masih berada di pohon.

Kemiri adalah salah satu tanaman dari Asia Tenggara yang memiliki banyak manfaat. Aleurites moluccana (L.) atau lebih dikenal dengan nama kemiri, merupakan salah satu pohon serbaguna yang sudah dibudidayakan secara luas di dunia.

Dikabarkan kemiri berasal dari Malaysia, lalu menyebar sangat cepat ke berbagai negara termasuk Indonesia. Tanaman yang termasuk ke dalam keluarga kacangan ini banyak dibudidayakan di Nusa Tenggara Timur dan Sumatera Utara, dengan jumlah pohon yang dibudidayakan mencapai 2 juta pohon.

Persebaran kemiri di Indonesia sejatinya hampir dapat tumbuh meliputi seluruh wilayah kepulauan. Alhasil, dapat ditanam di daerah dataran rendah maupun dataran tinggi.

Meskipun penyebaran pohon kemiri tidak memiliki persyaratan khusus untuk tumbuh. Namun, kemiri belum banyak ditanam dalam bentuk hutan tanaman berskala besar di Tanah Air. Penanaman pada umumnya dilakukan di pekarangan sekitar rumah atau di sekitar kebun.

Baca juga: Yuk Kenalan dengan 4 Jenis Buah Mangrove, yang Bermanfaat sebagai Sumber Pangan

Ciri-ciri kemiri dapat diketahui dari tinggi tanamannya mencapai sekitar 15-25 meter. Daunnya berwarna hijau pucat, dengan ukuran bijinya memiliki diameter sekitar 4-6 cm. 

Gambar buah kemiri.
Buah kemiri jika dilihat dari dekat.

Biji kemiri mempunyai tiga bagian, yakni lapisan tipis pelapis biji, cangkang kemiri, dan biji dalam kemiri. Daging buahnya kaku dan punya kandungan minyak cukup banyak.

Bunga kemiri memiliki kelamin ganda, di mana bunga jantan dan betina berada pada pohon yang sama. Bunga tersebut memiliki warna putih kehijauan, harum, dan tersusun dalam sejumlah gugusan sepanjang 10–15 cm.

Pohon kemiri akan mulai berbuah saat berumur 3-4 tahun. Cara panennya dengan memanjat pohon atau menggunakan galah. Tegakan kemiri dengan kerapatan 200 pohon per ha juga diharapkan, dapat menghasilkan sekitar 80 kg biji per pohon per tahun (Krisnawati, 2011).

Adapun klasifikasi ilmiah dari pohon kemiri maka dapat dikelompokkan sebagai berikut:

KerajaanPlantae
Sub KerajaanTracheobionta
Super DivisiSpermatophyta
DivisiMagnoliophyta
KelasMagnoliopsida
Sub KelasRosidae
OrdoEuphorbiales
FamiliEuphorbiaceae
GenusAleurites
SpesiesAleurites moluccana (L.)
Tabel klasifikasi pohon kemiri.

Apa Fungsi Pohon Kemiri?

Macam-macam fungsi kemiri.
Kira-kira pohon kemiri dan buahnya bermanfaat untuk apa ya?

Hampir semua bagian dari pohon kemiri dapat dimanfaatkan untuk kehidupan manusia. Mulai dari bumbu masakan, pengobatan, kosmetik, hingga sebagai bahan bakar alternatif.

Dikutip dari Krisnawati (2011), disebutkan bahwa di Pulau Jawa, kulit pohon kemiri dimanfaatkan sebagai obat diare. Di Jepang, bagian kulit kemiri digunakan untuk obat tumor. 

Adapun di Malaysia, rebusan daun kemiri dimanfaatkan sebagai obat sakit kepala, demam, bisul, bengkak pada persendian dan kencing nanah. Di Hawai, bunga dan getah segar kemiri yang baru saja disadap digunakan untuk obat sariawan pada anak-anak. 

Penggunaan kemiri di bidang kecantikan juga bukanlah hal baru. Minyak yang diekstrak dari biji kemiri digunakan sebagai perangsang pertumbuhan rambut, produknya pun sudah terjual luas di pasaran.

Bukan hanya bijinya, cangkang kemiri ternyata bisa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan briket atau bahan bakar alternatif yang murah dan ekonomis.

Manfaat kemiri pada sejumlah lahan pertanian, pada umumnya berfungsi sebagai penahan angin, pembatas, penaung, stabilisator tanah dan pengisi lahan-lahan yang kosong. Di daerah perkotaan, pohon tersebut juga ditanam sebagai peneduh. 

Baca juga: Pohon Petai: Morfologi, Jenis-Jenis, dan Manfaat

Umumnya, harga kemiri di pasaran Indonesia beragam tergantung pada tempat dan waktu pembelian. Harga kemiri per kilogram di pasar tradisional biasanya lebih murah daripada di supermarket.

Namun, untuk mendapatkan kemiri yang berkualitas maka harga yang ditawarkan biasanya cukup mahal. Kemiri yang berkualitas bagus biasanya memiliki aroma kuat dengan rasa gurih.

FAQ

Berapa lama pohon kemiri berbuah?

Pohon kemiri akan mulai berbuah saat berumur 3-4 tahun, dengan panen dilakukan dengan memanjat pohon atau menggunakan galah.

Pohon kemiri tumbuh dimana?

Persebaran kemiri di Indonesia sejatinya hampir dapat tumbuh meliputi seluruh wilayah kepulauan. Sehingga, dapat ditanam di daerah dataran rendah maupun dataran tinggi.

Apa fungsi pohon kemiri?

Hampir semua bagian dari pohon kemiri dapat dimanfaatkan untuk kehidupan manusia. Mulai dari bumbu masakan, pengobatan, kosmetik, hingga sebagai bahan bakar alternatif.

Penulis: Yemita Gea

Ingin Menanam Pohon Tanpa Ribet? Bareng LindungiHutan Aja!

LindungiHutan adalah website donasi online, galang dana, dan kerja sama untuk kelestarian hutan Indonesia. Tentu, semua kegiatan kami dilakukan secara legal serta mengantongi izin terkait. Jadi, mari salurkan niat kebaikan untuk membantu sesama dan alam dengan sedekah pohon untuk keberlangsungan masa depan kita.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sedekah Pohon LindungiHutan