Connect with us

Mitra Hijau

Palka Kreatif dan LindungiHutan Menanam 250+ Pohon Mangrove

Published

on

Palka Kreatif dan LindungiHutan berkolaborasi untuk menanam ratusan mangrove di Semarang.

Palka Kreatif adalah jurnal dan sketsa buatan tangan khusus, dengan metode penjilidan Coptic Stitch. Brand asal Yogyakarta ini hadir sejak tahun 2015.

Metode yang digunakan oleh Palka Kreatif pada dasarnya mengikat semua tanda tangan dan penutup menjadi satu jahitan terhubung yang menyatukan semuanya dengan erat, tetapi dengan tingkat fleksibilitas yang super.

Metode Coptic Stitch sendiri masih cukup langka di Indonesia. Penjilidan koptik terdiri dari metode penjilidan buku yang digunakan oleh orang Kristen awal di Mesir, Koptik, dan digunakan sejak abad ke-2 hingga abad ke-11. Istilah ini juga digunakan untuk menggambarkan penjilidan modern yang dijahit dengan gaya yang sama.

Terlepas dari metode penjilidan jurnal yang modern, kertas daur ulang buatan tangan Palka menggunakan bahan baku kertas sisa produksi dan kertas bekas pakai yang berhasil dikumpulkan dari penggalangan kertas.

Selain menggunakan kertas HVS dan kertas book paper. Palka menambahkan material alam sebagai pelengkap komposisi, seperti batang pohon pisang, jerami, daun, serat alami, bebijian dan olahan tepung ketela. Dari situlah lahir kertas daur ulang buatan palka yang masih ramah lingkungan dan berkualitas untuk kebutuhan kekriyaan,

Sementara itu, Palka Kreatif dalam melakukan pewarnaan memilih menggunakan sumber bahan dari alam, khususnya bahan pewarnanya. Beberapa kali Palka mencoba ekstrak dari beberapa batang pohon dan daun seperti Batang pohon Teger dan Ketepeng. Pemilihan warna dengan bahan alami tentunya aman untuk ekosistem.

Kemudian untuk ukuran kertas yang biasa dihadirkan oleh Palka memiliki ukuran asli 32 x 24 cm. Ukuran ini bisa menghasilkan berbagai macam ukuran kertas di bawah ukuran A4. Tepi kertas berbentuk alami (Decle Edge) karena hasil dari luberan bubur kertas yang mengering. Akan tetapi, tepi kertas tersebut bisa dipotong supaya lebih rapi jika menghendaki.

Beberapa produk dari Palka Kreatif seperti Leather Bookmark, Blirik Series, Kajen Series, Canvas Series, Leather Traveller Notebook, Litu Refill Pack, dan lain sebagainya. Untuk detail lainnya bisa langsung cek Instagram Palka Kreatif.

Palka Kreatif Inisiasi Kampanye Alam ‘Mangrove untuk Tambakrejo Semarang’

Mitra penggerak dan petani bibit LindungiHutan, kelompok CAMAR, sedang menanam mangrove hasil kerjasama PALKA kreatif dan LindungiHutan di Semarang.
Kelompok CAMAR dalam proses penanaman pohon mangrove di Pesisir Tambakrejo, Tanjung Mas, Semarang Utara, Kota Semarang (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Palka Kreatif  bersama LindungiHutan berupaya untuk mengembalikan ekosistem pantai yang telah rusak dan kehidupan warga pesisir di Tambakrejo, Semarang dengan menginisiasi kampanye alam bertajuk ‘Mangrove untuk Tambakrejo, Semarang’. Palka juga mengajak siapapun yang ingin bergabung dalam aksi tersebut bisa dengan membeli dan menggunakan karya Palka Kreatif sebagai bentuk andil dalam upaya penghijauan.

Melalui kampanye alam tersebut, Palka Kreatif sukses mengumpulkan 257 pohon Mangrove Rhizophora dan telah ditanam di Pesisir Tambakrejo, Kota Semarang pada 28 Maret 2022. Proses penanaman berjalan lancar dengan dibantu Kelompok Camar.

Aksi nyata yang dilakukan oleh Palka Kreatif untuk ikut berpartisipasi dalam pelestarian lingkungan patut kita apresiasi bersama. Guna mendorong kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menjaga alam memang bukanlah perkara mudah. Kita bisa memulainya dengan hal yang paling kecil, salah satunya dengan menanam pohon. Harapannya berangkat dari hal-hal kecil tersebut bisa menginspirasi banyak pihak dan orang untuk bersama-sama menjaga bumi kita.

Baca juga: PT Ocean Network Express (ONE) Menanam 1.000+ Pohon di 3 Provinsi

Palka Kreatif dan LindungiHutan Berkolaborasi untuk Menghijaukan Pesisir Kota Semarang

Banner penanaman mangrove PALKA kreatif di Tambakrejo, Kota Semarang.
Perwakilan kelompok CAMAR berfoto dengan banner Palka Kreatif di lokasi penanaman mangrove (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Tambakrejo adalah sebuah desa yang terletak paling utara di kelurahan Tanjung Mas, kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Kawasan ini rawan terdampak banjir terutama jika air laut sedang pasang. Tambakrejo juga kerap dikenal sebagai desa nelayan, sebab sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai nelayan. Berbagai macam tangkapan laut diperoleh para nelayan Tambakrejo untuk dijual langsung dalam keadaan segar maupun telah diolah.

Sayangnya, bagai dua sisi mata uang yang berlainan, laut yang selama ini menjadi tumpuan pencaharian nelayan Tambakrejo untuk menghidupi keluargannya justru berbalik mengancam masa depan nelayan tersebut. Pasalnya, Tambakrejo yang berada di wilayah pesisir membuatnya acap kali terdampak abrasi. Ombak Laut Jawa secara perlahan mengikis daratan Tambakrejo dan mengancam tempat tinggal para nelayan tersebut.

Belum lagi soal sampah yang ikut menambah permasalahan lingkungan di sekitar Pesisir Tambakrejo. Sampah yang terus menumpuk, menyebabkan pencemaran air, udara, maupun tanah bagi masyarakat sekitar. Sekaligus memperparah rob yang menerjan Tambakrejo, karena aliran air yang tersumbat oleh berbagai macam sampah yang menggenang tersebut.

Melihat kondisi lingkungan di Pesisir Tambakrejo yang memprihatinkan, Palka Kreatif bersama LindungiHutan melakukan penanaman pohon Mangrove Rhizophora sebagai tindakan restorasi. Semoga, dengan adanya penanaman pohon Mangrove Rhizophora tersebut dapat berdampak baik bagi lingkungan maupun masyarakat setempat.

Baca juga: Scarlett Whitening Menanam 3.000 Pohon di 4 Daerah Rayakan Hari Sejuta Pohon

Mari Berkolaborasi untuk Program Penghijauan Berdampak Sosial Bersama LindungiHutan

LindungiHutan merupakan startup yang mempermudah brand dan perusahaan menjalankan kegiatan penghijauan dan penanaman pohon. Kami bermitra dengan 30+ kelompok tani hutan dan masyarakat lokal untuk melaksanakan program kebaikan yang berdampak sosial.

Muhamad Iqbal adalah SEO content writer di LindungiHutan dengan fokus pada tulisan-tulisan lingkungan, kehutanan dan sosial.

Sedekah Pohon LindungiHutan