Connect with us

Mitra Hijau

Reka Cosmetics Kolaborasi Program Penghijauan dengan LindungiHutan

Published

on

Reka Cosmetics dan LindungiHutan berkerjasama untuk menjalankan program penanaman pohon.

Reka Cosmetics adalah sebuah brand kecantikan dari Indonesia. Reka Cosmetics menciptakan produk yang memberikan kemudahan dalam kehidupan sehari-hari penggunaannya. Reka Cosmetics percaya kepada rutinitas kecantikan sederhana hanya dengan hal-hal penting yaitu berupa produk yang selalu dapat diandalkan dan digunakan kembali.

Brand kecantikan lokal, Reka Cosmetics, terinspirasi oleh kebebasan berekspresi dan seni imajinatif melalui nilai-nilai filosofi kecantikan yang dipegang. Reka Cosmetics percaya bahwa siapa pun bisa menjadi versi terbaik dari diri mereka sendiri dan percaya diri dengan kulitnya.

Brand kecantikan yang berdiri sejak akhir tahun 2017 ini mengedepankan konsep produk yaitu memberikan yang terbaik dalam hal ‘ingredients’ dari lipstik yang diproduksi dengan kualitas bahan tinggi, baik dalam komposisi hingga koleksi warna-warna lipstick-nya.

Konsep tersebut akan memanjakan penggunanya dengan pengalaman satu kali pulas langsung menutupi warna bibir, sehingga siapa saja yang memakainya akan tampil sempurna.

Adapun koleksi lipstik yang dinamakan Lip Magnet Liquid Lipstick memiliki 5 pilihan warna yang ditawarkan yaitu Weekender, Pretty Little Lips, Opulent, Stargirl, dan Goal Digger.

Baca juga: PT Ocean Netwrok Express (ONE) Menanam 1.000+ Pohon di 3 Provinsi

Lip Magnet Liquid Lipstick keluaran Reka Cosmetics ini diformulasikan untuk menghasilkan Liquid Lipstick yang vegan, paraban free, free alcohol, dan cruelty free.

Hal menariknya yaitu brand ini memiliki kualitas formula produk yang menggunakan bahan kosmetik mengandung Vitamin E. Fungsi Vitamin E yaitu untuk menjaga kelembaban kondisi bibir yang akan membuat bibir tidak terasa kering pada saat memakai Liquid lipstick dari Reka Cosmetics.

Pemilihan ‘ingredients’ dan konsep yang diusung oleh brand kecantikan ini memang sebagai langkah untuk mewujudkan produk kecantikan yang bukan hanya sekadar produk. Reka Cosmetic membawa misi lebih dari hanya menjadi produk kecantikan.

Hal tersebut pula yang kemudian membuat Reka Cosmetics secara sadar mencari semua bahan-bahan produksi yang dipastikan dibudidayakan secara organik dan berkelanjutan. Reka Cosmetics juga menggunakan bahan bio-identik sintetis, yang sering kali lebih berkelanjutan, selalu vegan dan aman untuk kulit.

Reka Cosmetics Inisiasi Kampanye Alam “Save Trees, Save Life” Bersama LindungiHutan

Kegiatan penghijauan kolaborasi LindungiHutan dan Reka Cosmetics.
Proses penanaman pohon mangrove Rhizophora hasil kerjasama Reka Cosmetics dan LindungiHutan (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Di luar dari konsep praktik usaha dan tekad Reka Cosmetics dalam menghadirkan produk kosmetik yang alami dan ramah lingkungan, mereka juga menunjukkan komitmen pelestarian alam dalam sebuah aksi nyata bersama.

Bersama LindungiHutan, Reka Cosmetics berupaya untuk melestarikan kembali lingkungan hidup dengan berkontribusi pada penanaman pohon melalui inisiasi kampanye alam bertajuk “Save Trees, Save Life”. Hingga saat ini kampanye alam mash dilangsungkan dan terpantau sudah ada 327 pohon Mangrove Rhizophora yang terkumpulkan. Rencananya, penanaman akan dilakukan pada tanggal 31 Desember 2022 secara bersamaan di dua daerah yaitu Desa Bedono Kabupaten Demak dan juga Kampung Laut Kabupaten Cilacap.

Peran Reka Cosmetics untuk turut ambil perhatian dalam pelestarian lingkungan sudah semestinya kita apresiasi dan beri sambutan yang hangat. Di samping proses produksi dan konsep usaha yang eco-friendly, tetapi Reka Cosmetics mau untuk betul-betul ikut berpartisipasi dalam upaya menghijaukan Indonesia.

Baca juga: Brand Tisu Ramah Lingkungan, TISOO, Galakan Program Penghijauan

Cerita Kondisi Alam di Bedono, Sayung, Demak dan Kampung Laut, Cilacap, Jawa Tengah

Pemilihan pesisir desa Bedono, kecamatan Sayung, kabupaten Demak, Jawa Tengah sebagai lokasi penanaman pohon Mangrove Rhizophora karena sejatinya wilayah tersebut memiliki potensi yang sangat prospektif di bidang perikanan, budidaya hasil laut, dan wisata bahari.

Kendati demikian, Laut Demak memiliki risiko daya ruak yang besar. Dengan potensi kenaikan air laut mencapai 3 cm/tahun dan penurunan muka tanah mencapai 25 cm/tahun. Akibatnya daratan Demak terancam tenggelam dalam 10-20 tahun, Bahkan saat ini sudah menenggelamkan kurang lebih 200 rumah penduduk.

Bergeser ke lokasi selanjutnya yaitu Kampung Laut, kabupaten Cilacap yang merupakan gugusan pulau-pulau kecil di Segara Anakan yang membentuk beberapa desa. Di kecamatan kampung Laut terdapat Kawasan Wisata Arboretum Mangrove “Kolak Sekancil” yang mempunyai berbagai koleksi tanaman mangrove.

Belakangan ini, pohon mangrove yang ada di wilayah Kampung Laut mulai rusak, pantainya terkikis gelombang, dan populasi biota lautnya berkurang. Hal tersebut akan merugikan penduduk di sekitar pantai karena pendapatan akan berkurang dan terancam banjir air laut.

Baca juga: Terra Beaute Menanam 800+ Pohon di Bandung Bersama LindungiHutan

Berkaca pada dua kondisi tersebut maka Reka Cosmetics bersama LindungiHutan mengambil tindakan restorasi lingkungan dengan melakukan penanaman pohon Mangrove Rhizophora. Perlu diketahui jika pohon Mangrove Rhizophora ini memiliki berbagai manfaat seperti:

  • Penahan abrasi pantai,
  • Menyerap emisi karbon dioksida dan gas rumah kaca,
  • Penahan badai dan angin yang bermuatan garam,
  • Penahan intrusi air laut ke daratan,
  • Tempat hidup beragam makhluk hidup baik itu yang berlindung, mencari makan, dan tinggal,
  • Menjaga kualitas air lewat akar tunjang yang mampu menyerap polutan-polutan.

Semoga pohon Mangrove Rhizophora yang ditanam nantinya akan memberikan manfaat bagi masyarakat dan lingkungan. Selain itu, langkah Reka Cosmetics untuk ikut terlibat dalam pelestarian lingkungan juga patut untuk diikuti jejaknya oleh berbagai pihak.

Jalin Kerjasama dengan LindungiHutan untuk Menjalankan Program Peduli Lingkungan bagi Brand dan Perusahaan Anda

LindungiHutan merupakan organisasi yang menjalin kemitraan dengan 40+ petani bibit dan masyarakat lokal untuk mempermudah program penghijauan dan penanaman pohon bagi brand dan perusahaan Anda. Selain mudah, aktivitas yang kami lakukan juga terjangkau.

Muhamad Iqbal adalah SEO content writer di LindungiHutan dengan fokus pada tulisan-tulisan lingkungan, kehutanan dan sosial.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh Annual Report LindungiHutan