Connect with us

Bisnis Lestari

Profil PT Rimba Raya Conservation, Visi Misi dan Sinergi untuk Negeri

Published

on

Mengenal lebih jauh Rimba Raya Conservation.

Rimba Raya Conservation adalah perusahaan yang mengelola Cagar Biodiversitas Rimba Raya. Rimba Raya sendiri menjalankan salah satu proyek REDD+ pertama di dunia yang telah diverifikasi Verra Sustainable Development Verified Impact Standard (SDVista).

Mengenal Rimba Raya Conservation dan Perjalanannya

Sejak tahun 2008 Rimba Raya Conservation telah melakukan proses pengenalan dan pemantauan pada areal yang kini menjadi konsesi Perizinan Berusaha Pemanfaatan Hutan di Seruyan, Kalimantan Tengah, sesuai dengan SK. 23/Menlhk/Setjen/PLA.2/1/2018.

Bersama dengan Orangutan Foundation International (OFI) dan Infinite Earth, proses panjang untuk skema Avoided Deforestation Plan dengan proyek REDD+ pertama di Indonesia akhirnya membuahkan hasil pada tahun 2013.

Izin usaha yang bertujuan untuk reforestasi ekosistem telah diterbitkan. Sementara areal kerja yang diperjuangkan menjadi batas terluar Taman Nasional Tanjung Puting ini akhirnya berhasil diamankan dari ancaman deforestasi.

Seperti kita ketahui, hutan megah dan lahan gambut yang sehat menjadi rumah yang nyaman bagi ribuan ragam spesies di dalamnya, termasuk Orangutan. Areal kerja Rimba Raya Conservation dinilai memiliki potensi hutan yang sangat baik sebagai kawasan pelepasliaran Orangutan yang direncanakan oleh OFI.

Rimba Raya Conservation menyadari akan banyak tantangan yang dapat saja terjadi pada proses panjang mencapai tujuan Restorasi Ekosistem. Namun, cita-cita masyarakat berdaya, hutan sehat, dan iklim terjaga dapat terus dipacu agar lebih banyak lagi kolaborasi untuk mengeluarkan nilai-nilai keberlanjutan.

Baca juga: Apa itu REDD+? Pengertian, Sejarah, Impementasi, hingga Perkembangannya di Indonesia (2022)

Visi dan Misi Rimba Raya Conservation

Mengenal lebih jauh visi dan misi Rimba Raya Conservation.
Komitmen dan perhatian Rimba Raya Conservation terhadap hutan tertuang jelas dalam visi dan misinya.

Perhatian dan upaya-upaya pelestarian hutan oleh Rimba Raya Conservation lantas tertuang dalam visi dan misi yang mereka usung.

Visi

Menjaga dan mewujudkan fungsi hutan secara lestari sebagai bentuk mitigasi terhadap Perubahan Iklim dan menciptakan keseimbangan ekosistem yang bermanfaat bagi keanekaragaman hayati dan kehidupan masyarakat yang lebih sejahtera.

Misi

  • Menjaga, melindungi, dan membangun hutan yang berfungsi sebagai paru-paru dunia.
  • Mengembalikan fungsi tegakkan pohon dan lahan gambut sebagai penyerap dan penyimpan karbon,
  • Menjaga keseimbangan ekosistem hutan sebagai sumber kehidupan yang lebih baik bagi hutan dengan seluruh isi keanekaragaman hayati dan masyarakat sekitarnya.

Sinergi Untuk Negeri

Rimba Raya Conservation, bersinergi untuk negeri.
Sinergi untuk negeri, Rimba Raya Conservationturut serta berpartisipasi aktif dalam upaya memitigasi perubahan iklim.

Rimba Raya Conservation adalah contoh nyata bahwa hutan yang sehat dan utuh itu bisa menghasilkan dan dapat menjadi model pembangunan. Rimba Raya hadir dalam keikutsertaannya memitigasi perubahan iklim dengan melihat hutan melalui sudut pandang yang berbeda.

Rimba Raya yakin memiliki tujuan pembangunan yang sejalan dengan program pemerintah dalam mendukung kegiatan pemanfaatan/perlindungan hutan kawasan hutan yang berkelanjutan.

Bagi Djonni Andhella, Direktur Utama PT Rimba Raya Conservation, pembangunan berkelanjutan yang menjadi wacana dunia pada beberapa dekade terakhir menuntut semua pelaku usaha dan industri untuk mengambil peran aktif. Setiap aspek kehidupan di dunia membutuhkan pendekatan yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Aspek keberlanjutan menjadi landasan Rimba Raya Conservation dalam mengelola kawasan yang diwujudkan dalam etika bisnis yang dijalankan.

Dengan melindungi hutan dan lahan gambut, maka kita turut menjaga semua kehidupan yang ada di dalamnya. Kita juga turut berkontribusi dalam upaya penyeimbang Iklim global dengan mengedepankan pemberdayaan masyarakat di sekitar kawasan hutan dan lahan gambut.

Baca juga: Degradasi Lingkungan: Pengertian, Penyebab, Dampak, Bentuk, dan Cara Mengatasinya (2022)

Melibatkan Sumber Daya yang Inklusif dan Berkualitas

Dalam menjalankan praktiknya, Rimba Raya Conservation diisi oleh orang-orang hebat yang siap menjadi garda depan perlindungan dan pemberdayaan hutan. Dengan membawa motto KMB yaitu Kompak, Maju, dan Berlari, menggambarkan bahwa sumber daya manusia PT Rimba Raya Conservation memiliki nilai yang solid, adaptif, kompeten, serta partisipatif untuk mencapai tujuan bersama.

Bukan hanya itu, perempuan juga mengambil peran aktifnya di sini. Terbukti, perempuan mengisi struktur organisasi PT Rimba Raya Conservation dengan persentase 30,7%, dan 69,3%-nya diisi oleh laki-laki.

Kemudian, 80% sumber daya manusia yang mengisi Rimba Raya Conservation juga berasal dari desa binaan sebagai wujud keterlibatan masyarakat setempat dalam aksi-aksi nyata pelestarian lingkungan.

 

Rawat Bumi LindungiHutan