Connect with us

Mitra Hijau

PT Idemitsu Energy Indonesia Wujudkan CSR Penghijauan Tanam 300 Mangrove di Jakarta Utara

Published

on

PT Idemitsu Energy Indonesia tanam mangrove

PT Idemitsu Energy Indonesia merupakan perusahaan dengan fokus usaha yang bergerak di bidang energi (minyak bumi). Beberapa produk/layanan yang dihadirkan oleh PT Idemitsu Energy Indonesia antara lain oli mesin (motor, mobil, diesel) dan oli transmisi. 

Dalam menjalankan praktik dan proses bisnisnya, PT Idemitsu Energy Indonesia senantiasa berkomitmen untuk memprioritaskan perlindungan dan pelestarian lingkungan serta memberikan manfaat kepada masyarakat.

Sudah menjadi komitmen yang terwujud dalam kebijakan dan nilai PT Idemitsu Energy Indonesia untuk turut serta mengendalikan dampak lingkungan secara signifikan yang terkait dengan kegiatannya.

Melalui Kampanye Alam “300 Mangrove Trees Planting by CSR PT Idemitsu Energy Indonesia”, PT Idemitsu Energy Indonesia Sukses Menanam 300 Mangrove di PIK

penanaman mangrove pt idemitsu energy indonesia
Bersama LindungiHutan, PT Idemitsu Energy Indonesia tanam 300 mangrove di PIK. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Komitmen PT Idemitsu Energy Indonesia dalam mewujudkan lingkungan yang lestari diwujudkan dalam aksi penghijauan. Bersama LindungiHutan, PT Idemitsu Energy Indonesia menginisiasi kampanye alam bertajuk “300 Mangrove Trees Planting by CSR PT Idemitsu Energy Indonesia sebagai bentuk kontribusi nyata pelestarian alam.

Melalui kampanye alam tersebut, 300 Mangrove Rhizophora mucronata sukses ditanam di Kawasan Ekowisata Pantai Indah Kapuk Jakarta Utara pada tanggal 28 Januari 2023. Penanaman berlangsung dengan lancar dan dibantu oleh Ujang Kustiawan.

Langkah yang dilakukan oleh PT Idemitsu Energy Indonesia untuk turut serta #BersamaMenghijaukanIndonesia sudah semestinya kita apresiasi bersama.

PT Idemitsu Energy Indonesia tak lupa akan peran dan tanggung jawabnya untuk bersama-sama ikut menjaga dan melestarikan bumi. Harapannya, inisiasi kampanye alam ini dapat memberikan manfaat baik bagi lingkungan dan juga masyarakat setempat.

Terlebih, kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian alam perlu ditanamkan dan dipraktikkan oleh banyak orang serta berbagai pihak. Kami percaya, makin banyak ‘tangan’ yang terlibat maka semakin banyak pula mereka yang turut menjaga.

Baca juga: Program CSR Galeri 24 “Save Nature” Tanam 1.000 Mangrove di Karawang

Perkembangan Area Ekowisata Mangrove Pantai Indah Kapuk

menanam mangrove pt idemitsu energy indonesia
Kondisi hujan tak menghalangi rekan-rekan PT Idemitsu Energy Indonesia untuk lakukan penanaman. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Pemilihan Ekowisata Mangrove Pantai Indah Kapuk sebagai lokasi penanaman tentu bukan tanpa pertimbangan, mengingat terdapat beberapa persoalan lingkungan yang melingkupinya.

Kawasan pesisir utara Jakarta dulunya merupakan rawa-rawa yang dihuni oleh hewan liar seperti ular dan monyet. Tahun 1992, Ancol kemudian dibangun menjadi destinasi wisata. Penduduk kemudian mulai bermukim dan laju perekonomian ikut berputar seiring bertumbuhnya pusat perkotaan dan bisnis. Sayangnya, kendati roda perekonomian mulai meningkat kondisi lingkungan di Pantai Indah Kapuk (PIK) mengalami ancaman kerusakan. Mengingat, hutan mangrove di pesisir Jakarta Utara rentan abrasi dan alih fungsi lahan.

Sadar akan kondisi tersebut membuat Ujang Kustiawan tergugah untuk melakukan perbaikan melalui penanaman mangrove. Ujang yang sedari kecil memantapkan cita-citanya sebagai petani memilih jalan sunyi untuk menjaga kelestarian Jakarta yang kini tampaknya penuh dengan bangunan. Sejak tahun 2015, Ujang bersama anggota kelompok tani lainnya mulai menanam mangrove di kawasan PIK, Jakarta Utara. Penanaman mangrove ditujukan sebagai penyangga kehidupan untuk mengatur tata air, mencegah banjir, hingga mengendalikan erosi.

Semangat Ujang dan petani kawasan ekowisata Mangrove PIK menggugah LindungiHutan untuk turut mendukung kegiatan penanaman tersebut.  Aksi penanaman mangrove makin disemarakkan melalui laman lindungihutan.com. Kini, setiap orang bisa ikut berkontribusi membantu Ujang menghijaukan PIK dengan berdonasi pohon maupun menginisiasi aksi penanaman di sana.

Berkaca kepada kondisi lingkungan di daerah Ekowisata Mangrove Pantai Indah Kapuk, LindungiHutan bersama PT Idemitsu Energy Indonesia mengambil inisiasi penanaman 300 pohon mangrove sebagai langkah konservasi dan restorasi lingkungan.

Selain dari sisi ekologi, partisipasi penanaman pohon ini juga telah mendukung poin-poin program Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s) dengan:

  • Mencegah degradasi lahan akibat abrasi (SDG’s 15)
  • Mengurangi dampak banjir di pemukiman warga (SDG’s 15)
  • Meningkatkan area tutupan hijau (SDG’s 15)
  • Membantu pengurangan emisi karbon (SDG’s 13)
  • Meningkatkan perekonomian petani dan warga sekitar (SDG’s 1)
  • Menyediakan jam kerja bagi warga sekitar (SDG’s 8)

Manfaat Mangrove Rhizophora untuk Masyarakat dan Lingkungan Kota Jakarta

Proses pengikatan bibit mangrove ke tiang penyangga. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Rhizophora mucronata merupakan tanaman bakau yang paling sering ditemukan di ekosistem mangrove Indonesia. Berdasarkan hasil penilaian kesesuaian lahan, Rhizophora mucronata sangat cocok untuk ditanam di Pantai Indah Kapuk. Pohon ini memiliki ciri-ciri:

Daun berkulit dengan bentuk elips melebar hingga bulat memanjang dan ujungnya meruncing. Ukuran daun berkisar antara 11-23 cm x 5-13 cm. Gagang daun berwarna hijau dengan panjang 2,5-5,5 cm.

Buah berbentuk lonjong/panjang seperti telur, berukuran 5-7 cm, dan berwarna hijau kecoklatan. Kulit buah seringkali kasar di bagian pangkal. Buah tersebut memiliki biji tunggal (monokotil).

Batang dapat mencapai tinggi 27 m dengan diameter hingga 70 cm. Kulit kayunya berwarna coklat gelap hingga hitam. Akar berbentuk tunjang.

Akar ini tumbuh dari percabangan bagian bawah sehingga muncul di udara.

Bunga menempel pada gagang, berkelompok 4-8 buah. Dauh mahkota setiap bunga berjumlah 4, berwarna putih, dan berambut. Kelopak bunga berwarna kuning pucat dan berjumlah 4 helai.

Adapun, manfaat ekologi dari Rhizophora mucronata antara lain:

  • Menghasilkan O2 dan menyerap emisi CO2
  • Akarnya memperkuat struktur tanah di daerah pesisir sehingga mencegah penurunan muka tanah dan eros
  • Memecah ombak, mengurangi abrasi, dan mengurangi dampak tsunami
  • Buahnya menjadi sumber makanan bagi hewan mangrove seperti monyet, bekantan, kepiting bakau, dan burung
  • Formasi pohon menjadi habitat tempat berlindung hewan air seperti kepiting bakau, udang, burung, dan ikan

Sementara itu, potensi manfaat ekonominya seperti:

  • Kayu digunakan untuk kayu bakar dan mebel,
  • Tanin dari kayu dapat dimanfaatkan sebagai pewarna alami,
  • Daun dapat diolah menjadi keripik,
  • Memperbaiki ekosistem tambak udang dan ikan dengan menghasilkan fitoplankton dan zooplankton.

Baca juga: BCA Life Tanam 1.999 Mangrove Untuk CSR Penghijauan di Kota Semarang

Jalin Kerjasama CSR Bersama LindungiHutan yang Berdampak Bagi Lingkungan dan Berkelanjutan

Bersama LindungiHutan aksi penghijauan kini makin mudah, transparan, dan berkelanjutan dari mana saja. Semua orang bisa mengambil peran nyata untuk hutan Indonesia sekarang juga. LindungiHutan hadir menjunjung tinggi nilai mudah, transparan, berkelanjutan, fleksibel, dan inklusif dalam upaya menghijaukan Indonesia dengan menanam pohon di berbagai daerah.

Bagi perusahaan yang ingin turut serta berkontribusi dalam upaya menghijaukan Indonesia bisa dengan mengikuti program Impact CSR. Impact CSR adalah program tanggung jawab sosial perusahaan di bidang lingkungan dan sosial yang bertujuan untuk memberikan dampak positif bagi ekologi, ekonomi, dan sosial masyarakat sekitar hutan dan mitra penggerak LindungiHutan.

Berikut 3 alasan mengapa perusahaan mesti menjalin kerja sama dengan LindungiHutan:

1. LindungiHutan telah menjalin kemitraan dengan 30+ kelompok tani hutan dan masyarakat lokal untuk memastikan kegiatan penghijauan berjalan secara lancar dan berdampak sosial.

2. Kami juga telah dipercaya 350+ brand dan perusahaan dari berbagai bidang usaha untuk membantu menjalankan program CSR berdampak sosial dan lingkungan di berbagai daerah.

3. Nilai yang kami junjung tinggi yaitu mudah, transparan, berkelanjutan, inklusif, dan fleksibel dalam menjalankan berbagai aktivitas operasional, program, dan implementasi pelaksanaan Impact CSR.

Kolaborasikan Kegiatan CSR Perusahaan Anda Bersama LindungiHutan

LindungiHutan adalah startup penggalangan dana yang bergerak di bidang konservasi dan lingkungan. Saat ini, kami berhasil menanam lebih dari 640.000 pohon di berbagai lokasi penanaman dan menjalin kerja sama dengan 460+ mitra hijau. Sudah saatnya perusahaan Anda bekerja sama dengan Kami, tentunta berdampak baik bagi lingkungan dan berkelanjutan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sedekah Pohon LindungiHutan