Connect with us

Mitra Hijau

KAYULAMA Home Tanam 1.000+ Mangrove di Jawa Tengah

Published

on

KAYULAMA Home menginisiasi program penghijauan di Demak, Jawa Tengah.

KAYULAMA Home adalah sebuah brand furniture di Indonesia.Menyediakan berbagai desain dan menjual berbagai macam furniture, aksesoris, dan dekorasi rumah yang menggunakan kayu reklamasi sebagai bahan baku utama.

Bekerja sama dengan pengrajin lokal, KAYULAMA Home bertekad untuk mendesain furniture dengan desain yang timeless, sustainable, dan tahan lama. KAYULAMA Home selalu berusaha untuk memberikan servis dan pengalaman terbaik, untuk membantu mewujudkan rumah yang hangat dan nyaman.

Sebagaimana menjadi misi KAYULAMA Home adalah merancang furnitur yang unik, berkualitas tinggi dan memberi pelayanan terbaik untuk memastikan bahwa rumah menjadi tempat yang hangat dan indah. Furniture kayu dipilih karena teksturnya yang organik dan perasaan nyaman yang diberikan ke sebuah ruangan, membuatnya terasa mengundang dan hangat.

Kayu juga merupakan bahan yang dapat diperbarui, tahan lama, dan tak lekang oleh waktu. Berbicara tentang bahan yang dapat diperbarui keberlanjutan adalah perhatian utama KAYULAMA Home. Didorong oleh pertimbangan, KAYULAMA Home mengutamakan penggunaan kayu recycled sebagai bahan baku, dan proses produksi yang bertanggung jawab terhadap lingkungan. Dalam proses produksinya, semua limbah diolah untuk kemudian dibuat produk baru atau sebagai bahan bakar untuk oven pengering.

Bukan hanya itu, KAYULAMA Home juga menaruh perhatian terhadap pentingnya sustainability. Didorong 0leh pertimbangan lingkungan, Mengingat, penting untuk mempertimbangkan lingkungan, KAYULAMA Home terutama menggunakan kayu reklamasi dan proses produksi yang bertanggung jawab terhadap lingkungan.

Kayu digunakan sebagai bahan produksi karena merupakan bahan yang terbarukan, tahan lama, dan tidak lekang oleh waktu. KAYULAMA Home terutama menggunakan kayu daur ulang sebagai bahan baku yang digunakan. Pun, limbah kayu yang ada juga didaur ulang untuk membuat furniture dan aksesori kecil baru.

KAYULAMA Home juga mengantongi sertifikat SVLK untuk memastikan bahwa kayu diperoleh secara bertanggung jawab dan legal. Selain bahan bakunya, sebagian besar produk juga menggunakan pelapis berbahan dasar air. Bahan kimia beracun dan berbahaya dihindari penggunaannya. KAYULAMA Home terus berupaya mengembangkan bahan finishing yang lebih ramah lingkungan.

Baca juga: Greator Good: Trees for Future Tanam 1.000+ Pohon di Makassar

Menggandeng LindungiHutan, KAYULAMA Home Menanam 1.138 Mangrove di Demak, Jawa Tengah

Mitra petani LindungiHutan menanam bibit mangrove di Demak.
Mitra penggerak penghijauan (farmer) menanam bibit mangrove hasil kerjasama dengan KAYULAMA Home di pesisir desa Bedono, Sayung, Demak (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Terlepas dari concern dan praktik bisnis yang sustainability, KAYULAMA Home juga mengambil langkah konkret untuk turut serta dalam upaya pelestarian lingkungan.

KAYULAMA Home percaya bahwa setiap orang berhak memiliki hunian yang layak dan nyaman. Oleh sebab itu, KAYULAMA Home bersama LindungiHutan berupaya untuk memullihkan dan melindungi hunian warga pesisir Desa Bedono yang tenggelam akibat abrasi laut dan penurunan permukaan tanah

Baca juga: Scarlett Whitening Menanam 3.000 Pohon di 4 Daerah Rayakan Hari Sejuta Pohon

Untuk setiap pembelian produk termasuk pre-order dan order custom, maka secara tidak langsung telah mendonasikan beberapa pohon mangrove untuk ditanam di pesisir Desa Bedono. Dengan begitu, selain rumah jadi lebih nyaman, kita juga ikut membantu menyelamatkan rumah warga Desa Bedono.

Melalui kampanye alam bertajuk ‘HomeforHome: Selamatkan Rumah Penduduk Desa Bedono’ KAYULAMA Home sukses menanam 1.138 Mangrove Rhizophora di Desa Bedono Kabupaten Demak, pada tanggal 29 Maret 2022. Proses penanaman berjalan lancar dengan bantuan dari Mak Jah.

Cegah Abrasi, KAYULAMA HomeforHome untuk Memberikan Dampak Baik Lingkungan dan Sosial

Desa Bedono terletak di Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Desa ini merupakan salah satu wilayah pesisir yang terletak di utara Pulau Jawa.

Seperti disebutkan sebelumnya, banjir rob melanda di beberapa kecamatan di Kabupaten Demak, di antaranya Kecamatan Sayung yang mana Desa Bedono ini berada. Karena lokasi Kecamatan Sayung yang menjorok ke laut, dan kondisi topografinya landau serta datar, membuat kawasan ini kerap menjadi korban banjir rob.

Proses penanaman mangrove di Desa Bedono, Demak.

Dalam 10-20 tahun terakhir, pengikisan daratan oleh air laut terus terjadi di Desa Bedono, Demak, Jawa Tengah. Hingga saat ini, 200 rumah penduduk tenggelam akibat abrasi tersebut. Warga terpaksa kehilangan mata pencaharian sebagai nelayan sehingga mereka melakukan relokasi tempat tinggal. Kerusakan ini disebabkan oleh faktor alam maupun aktivitas manusia.

Rusaknya vegetasi mangrove, tentu akan memperparah peristiwa abrasi dan rob yang terjadi di Desa Bedono yaitu merubah peta wilayah Kabupaten Demak. Bukan hanya itu, 640 hektare lahan tambak yang menjadi penopang hidup warga ikut hilang tak berbekas.

Berkaca kepada kondisi tersebut, KAYULAMA Home berkolaborasi dengan LindungiHutan mengambil inisiasi penanaman Mangrove sebagai upaya restorasi.

Baca juga: Arei Outdoor Gear Tanam 1.000 Pohon di Semarang, Jawa Tengah

Manfaat Menanam Mangrove

Tahukah kamu bahwa keberadaan hutan mangrove tidak hanya berperan sebagai benteng alam pencegah abrasi? Lebih dari itu, mangrove memberikan banyak manfaat lainnya seperti:

  • Hutan mangrove sebagai habitat ikan,
  • Mencegah intrusi air dan abrasi,
  • Penyerap emisi karbondioksida yang baik,
  • Menjaga kualitas air,
  • Sumber pendapatan nelayan,
  • Kayu pohon bakau mempunyai beragam manfaat,
  • Hutan mangrove menyediakan bahan makanan,
  • Sumber pakan ternak,
  • Sebagai sarana wisata dan pendidikan.

Baca juga: Control Zero Tanam 403 Mangrove di Demak, Jawa Tengah

Program penghijauan yang KAYULAMA Home jalankan bersama LindungiHutan bertujuan untuk memberikan dampak kebaikan bagi lingkungan dan masyarakat sekitar. Melalui 1.138 pohon mangrove yang telah ditanam dapat menjaga kelestarian pesisir utara Demak dan mencegah daerah pemukiman warga tenggelam.

Muhamad Iqbal adalah SEO content writer di LindungiHutan dengan fokus pada tulisan-tulisan lingkungan, kehutanan dan sosial.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *