Connect with us

Mitra Hijau

Green Action CMA CGM Tanam 1000 Mangrove di Pulau Pari Kepulauan Seribu

Published

on

CMA CGM Tanam 1000 Mangrove di Pulau Pari

CMA CGM adalah grup pelayaran terkemuka di dunia yang bergerak dibidang pengapalan dan peti kemas. Perusahaan ini berasal dari Prancis dan didirikan pada tahun 1978 sebagai penyedia berbagai jenis kontainer untuk kargo umum dan kargo proyek. 

Sebagai perusahaan pelayaran terbesar ketiga di dunia, CMA CGM turut berkontribusi dalam pertumbuhan perekonomian di Indonesia, khususnya dalam bidang logistik.

Di Indonesia, kantor CMA CGM berpusat di Jakarta dan memiliki 6 kantor cabang yang berada di Surabaya, Semarang, Medang, Panjang, Perawang, dan Palembang. Terdapat juga 15 sub agen yang berlokasi di Jambi, Batam, Padang, Kumai, Sampit, Banjarmasin, Pontianak, Samarinda, Balikpapan, Palu, Makassar, Bitung, Benoa, Kendari, dan Kupang.

Selain mendukung perekonomian di Indonesia, CMA CGM juga turut serta dalam melestarikan lingkungan salah satunya pada wilayah pesisir dengan bermitra bersama LindungiHutan. Serta, berkomitmen untuk memberikan manfaat kepada masyarakat.

CMA CGM Gandeng LindungiHutan dalam Penghijauan di Pulau Pari

CMA CGM tanam mangrove di Pulau Pari
CMA CGM lakukan aksi penghijauan di Pulau Pari. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Sebagai komitmen perusahaan dalam menjaga kelestarian alam dan memberikan dampak bagi masyarakat, CMA CGM bersama LindungiHutan menginisiasi sebuah kampanye alam yang bertajuk “CMA CGM Green Action for Planet Planting 1000 Mangrove Trees” sebagai kontribusi nyata pelestarian alam.

Melalui kampanye alam tersebut, CMA CGM berhasil menanam 1000 pohon mangrove di Pulau Pari Kepulauan Seribu pada 22 Juli 2023. Penanaman berlangsung dengan lancar dan dibantu oleh Pak Edi Mulyono sebagai mitra petani.

Langkah yang dilakukan oleh CMA CGM merupakan aksi nyata dalam kegiatan pelestarian lingkungan semestinya kita apresiasi bersama. Harapannya, melalui inisiasi kampanye alam ini dapat memberikan manfaat kepada lingkungan dan masyarakat setempat.

Terlebih, tanggung jawab menjaga lingkungan merupakan tanggung jawab kita bersama. Oleh karena itu, mari bersama-sama jaga kelestarian alam Indonesia.

Baca juga: Nexia KPS Inisiasi Kegiatan Penanaman Mangrove di Pantai Indah Kapuk Jakarta Utara

Selamatkan Pulau Pari dari Abrasi!

LindungiHutan bersama mitra hijau berhasil melaksanakan 32 kampanye penghijauan di Pulau Pari. Lebih dari 13.000 pohon mangrove telah tertanam sebagai upaya pencegahan dari abrasi.

Pulau Pari masih membutuhkan lebih banyak pohon mangrove dari kalian. Oleh karena itu, gabung aksi penghijauan bersama LindungiHutan, hijaukan Pulau Pari bersama!

Cegah Abrasi di Pulau Pari, CMA CGM Tanam Mangrove Bersama LindungiHutan

kegiatan penghijauan CMA CGM di Pulau Pari
CMA CGM berupaya menyelamatkan Pulau Pari dari abrasi. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Pulau Pari menjadi salah satu diantara pulau-pulau terkenal di Kepulauan Seribu. Pulau ini sering ditujukan sebagai destinasi wisata karena memiliki keindahan alam yang menakjubkan.

Masyarakat di sana mayoritas bermata pencaharian sebagai nelayan dan pembudidaya rumput laut. Seiring berkembangnya sektor pariwisata di Indonesia, penduduk setempat beralih profesi menjadi pedagang maupun penyedia jasa wisata.

Kegiatan pariwisata di Pulau Pari memiliki potensi yang besar. Dibalik itu, Pulau Pari memiliki ancaman seperti abrasi dan banjir rob yang merugikan lingkungan dan masyarakat. Pada tahun 2020, sempat terjadi luapan air laut hingga ke daratan, rumah, sarana dan prasarana juga ikut terendam hingga berhari-hari.

Sejak tahun 2015, Edi Mulyono dan Anggota Kelompok Forum memiliki upaya pelestarian mangrove di Pulau Pari. Pohon mangrove sangat dibutuhkan sebagai upaya penyelamatan dari abrasi maupun banjir rob yang terjadi.

Mangrove memiliki manfaat luar biasa bagi lingkungan seperti mencegah abrasi, menghasilkan oksigen, penyerap karbon, dan sebagai habitat bagi ikan, udang, dan kepiting yang menolong perekonomian masyarakat setempat. 

Selain dari segi ekologi, partisipasi dalam penghijauan di Pulau Pari juga mendukung poin-poin program pembangunan berkelanjutan seperti mencegah degradasi lahan akibat abrasi, mengurangi dampak banjir di pemukiman warga, meningkatkan area tutupan hijau, membantu pengurangan emisi karbon, meningkatkan perekonomian petani dan warga sekitar serta Menyediakan jam kerja bagi warga sekitar.

Berkaca dari kondisi yang ada, CMA CGM bersama LindungiHutan turut serta dalam melestarikan mangrove di Pulau Pari sebagai langkah untuk memperbaiki kondisi lingkungan sekitarnya.

LindungiHutan percaya, semakin banyak uluran tangan yang terlibat, semakin banyak pula mereka yang turut menjaga kelestarian alam Indonesia.

Baca juga: Implementasi Program CSR PT SMFL Leasing Indonesia dengan Menanam 1.000 Mangrove di Semarang

Jalankan Program CSR Bersama LindungiHutan melalui Impact CSR

Mari laksanakan Program CSR perusahaan Anda bersama LindungiHutan. Kolaborasi CSR bersama Kami dapat dilakukan melalui program yang bernama Impact CSR.

Impact CSR merupakan wadah untuk perusahaan mengimplementasikan tanggung jawab perusahaan yang memberikan manfaat terhadap sosial dan lingkungan. Tujuan dari program ini adalah dapat memberikan manfaat bagi lingkungan, sosial dan ekonomi masyarakat sekitar hutan serta mitra penggerak penghijauan LindungiHutan.

LindungiHutan telah membantu memberdayakan masyarakat sekitar hutan dan menggandeng mereka sebagai mitra dalam aksi penghijauan di lokasi tersebut. Masyarakat berperan sebagai penjual dan penyedia bibit, serta penyedia jasa perawatan. LindungiHutan telah membantu 456 mitra hijau dalam melakukan penghijauan di 40+ lokasi di Indonesia.

Tertarik melakukan penghijauan bersama LindungiHutan? Isi form di bawah ini!

Baca juga: Kontribusi Happyfit Indonesia Lestarikan Ekosistem Mangrove di Kepulauan Seribu

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh Annual Report LindungiHutan