Connect with us

Bisnis Lestari

Pentingnya Community Relations Bagi Perkembangan Perusahaan

Published

on

Pentingnya community relations bagi perusahaan

Profit biasanya menjadi tolak ukur keberhasilan dalam menjalankan bisnis. Sebab, keuntungan yang diperoleh akan dimanfaatkan sebagai modal pengembangan bisnis masa mendatang.

Ada istilah “good profit means good reputation”. Beberapa perusahaan melihat, reputasi yang baik itu menjadi salah satu keuntungan perusahaan. 

Tentu saja, membangun reputasi perusahaan merupakan tugas dari seorang public relations, atau kita sering mengenalnya sebagai Humas (Hubungan Masyarakat). Nah, salah satu bentuk kegiatan dari public relation disebut dengan community relations

Kali ini, kita akan bahas mengenai community relations, mulai dari tujuan hingga contoh perusahaan yang sudah menjalankannya. So, here we go!

Apa itu Community Relations?

Pengertian community relations
Community relations digunakan untuk menjaga hubungan baik perusahaan dengan komunitas

Pertama, kita harus tahu pengertian dari community relations itu sendiri. Para ahli berpendapat sebagai berikut:

1. Jerold

Sebagai program pengembangan komunitas melalui beberapa upaya untuk kebaikan organisasi dan komunitas.

2. DeMartinis

Cara berinteraksi dengan publik yang saling berkaitan dengan operasi organisasi.

3. Baskin

Memaknai sebagai “an institution’s planned, active, and continuing participation with and within a community to maintain and enhance its environment to the benefit of both the institution and the community“.

Jadi, community relations adalah kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk menjalin hubungan harmonis dengan komunitas atau masyarakat, sebagai salah satu bentuk tanggung jawab sosial suatu perusahaan.

Apa Tujuan dari Program Community Relations

Tujuan community relations bagi perusahaan
Kegiatan community relations memberikan pemahaman yang benar mengenai perusahaan

Tak hanya memperbaiki masalah ekonomi, community relations kerap dimanfaatkan sebagai sarana penyebaran informasi dan komunikasi kepada pihak eksternal (komunitas). Menurut Cutlip dkk (2000), tujuan community relations dilakukan, antara lain:

  • Memberikan informasi kepada komunitas atau masyarakat terkait produk, pelayanan, aktivitas dari perusahaan,
  • Meluruskan kesalahpahaman tentang perusahaan yang beredar di kalangan masyarakat diikuti penggalangan dukungan yang positif,
  • Mendapatkan dukungan secara hukum yang memengaruhi kerja komunitas,
  • Mengetahui, pengetahuan, sikap, dan harapan komunitas tentang perusahaan,
  • Mendukung sarana umum (kesehatan, pendidikan, rekreasi, dan aktivitas budaya),
  • Mendapatkan pengakuan baik dari pemerintah setempat,
  • Membeli barang kebutuhan dari masyarakat, sehingga membantu perekonomiannya.
Mengenal community relations.
Infografis tentang community relations.

Manfaat Community Relation

Manfaat community relations bagi perusahaan.
Citra atau reputasi baik dari pihak eksternal bagi perusahaan

Manfaat community relations dapat dirasakan oleh kedua belah pihak. Masyarakat sebagai pihak eksternal, mereka dibantu dari segi perekonomian diikuti dengan peningkatan taraf hidupnya. 

Perusahaan atau organisasi sebagai pihak internal, citra perusahaan akan dipandang baik oleh pihak luar. Tak hanya itu, perusahaan akan dihormati oleh komunitas di sekitarnya. 

Dilansir dari Ragovsky (dalam Sumartono 2010), manfaat community relations bagi perusahaan antara lain:

  • Reputasi dan citra organisasi semakin membaik,
  • Lisensi untuk beroperasi secara sosial,
  • Memanfaatkan pengetahuan dan tenaga kerja lokal,
  • Keamanan yang lebih besar,
  • Lingkungan sosial ekonomi dan infrastruktur yang lebih baik,
  • Menarik dan menjaga personel berkaliber yang tinggi untuk memiliki komitmen yang tinggi,
  • Menarik tenaga kerja, pemasok, pemberi jasa dan pelanggan lokal bermutu,

Baca juga: Social Enterprise Adalah: Pengertian Menurut Ahli, Ciri-ciri, dan Contoh-contohnya (2022)

Skill yang Dibutuhkan dalam Kegiatan Community Relations

Skill yang diperlukan dalam kegiatan community relations
Skill dalam community relations : komunikasi, mendengarkan, riset dan analisis

Salah satu tugas utama dari public relations adalah menjalankan kegiatan community relations. Dalam membangun citra positif bagi perusahaan, seorang public relations bertanggung jawab mengemas informasi menarik dari perusahaan supaya diterima dan timbul ketertarikan dari masyarakat luar. 

Ada 3 skill yang harus dimiliki dalam sebagai seorang public relations, antara lain:

1. Komunikasi

Seorang public relations mempunyai kaitan dengan kemampuan komunikasi . Pasalnya profesi ini terus berhubungan dengan masyarakat luar untuk kepentingan perusahaan.

Kemampuan komunikasi ini meliputi berbicara dihadapan banyak orang, presentasi, interview atau wawancara. Bukan hanya itu kemampuan dalam membuat press release kegiatan, editing, tata bahasa, juga harus dimiliki seorang public relations

2. Mendengar

Menjadi pendengar yang baik dibutuhkan bagi seorang community relations. Karena dengan cara ini, kita dapat sudut pandang baru masyarakat. 

PR menjadi jembatan antara perusahaan dengan komunitas. Dengan begitu, kita tahu yang masyarakat butuhkan dan perusahaan dapat membantu secara tepat.

3. Riset dan Analisis

Kemampuan riset dan analisis yang baik dibutuhkan dalam bidang ini. Mengapa demikian? karena dalam beberpa kegiatan perusahaan harus tau kebutuhan masyarakat dalam kurun waktu tertentu.

Sebelum menjalankan sebuah program, seorang PR melakukan observasi pada komunitas kemudian memetakan poin-poin penting mengenai kebutuhan komunitas di sekitar perusahaan. Pastinya, program yang dibuat harus menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Contoh Community Relations Perusahaan

contoh perusahaan telah menjalankan program community relations

Sebenarnya, banyak perusahaan telah menjalankan program community relations. Sebagai contoh PT Indosat Mega Media (IMP2) dan PT Djarum, berikut penjelasan lebih lengkapnya!

1. PT Indosat Mega Media

Seperti yang dijelaskan Yosal Iriantara (dalam Wandyastuti 2010), Kegiatan community relations PT Indosat Mega Media mencakup 4 bidang, meliputi kesehatan, agama, ketenagakerjaan, dan pendidikan.

Dalam bidang kesehatan, PT Indosat Mega media melakukan imunisasi pada anak-anak dan pemeriksaan kesehatan. Pada bidang agama, dilakukan perayaan Idul Adha dan Bazaar Ramadhan. Selanjutnya, dalam bidang ketenagakerjaan, PT IM2 merekrut masyarakat sekitar menjadi karyawannya. Terakhir, dalam bidang pendidikan, PT IM2 memberikan beberapa unit komputer, koneksi internet, dan pelatihan bagi para siswa dan guru.

2. PT Djarum

Penelitian yang dilakukan Adhitya 2010, PT Djarum telah berhasil dalam menjalankan program community relations.

Dalam bidang infrastruktur PT Djarum membangun beberapa masjid dan memberikan bantuan untuk pembangunan masjid. PT Djarum juga memberikan bantuan hari raya besar seperti Idul Fitri dan Idul Adha. 

Selanjutnya, dalam bidang kemanusiaan, PT Djarum memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak bencana alam. Lalu, bidang penghijauan, dengan memberikan bibit-bibit tanaman dan green house pada sekolah yang peduli dalam kegiatan penghijauan. 

Dalam bidang pendidikan, PT Djarum memberikan sumbangan buku tulis kepada siswa-siswi madrasah. Tak hanya itu, dalam bidang kemasyarakatan, bantuan untuk memperingati hari besar nasional “kemerdekaan Indonesia” sebagai bentuk dukungan supaya kegiatan berjalan lancar.

Baca juga: 5 Tips Melaksanakan Program CSR bagi Perusahaan agar Berjalan Efektif

Itulah penjelasan singkat mengenai community relations. Harapannya, bisa dijalankan secara kontinyu oleh perusahaan dan membantu komunitas atau masyarakat di sekitar perusahaan.

FAQ

Apa itu community relations?

Kegiatan yang dilakukan untuk menjaga hubungan baik antara perusahaan dengan komunitas atau masyarakat

Apa skill yang dibutuhkan dalam community relations?

Komunikasi (berbicara), mendengarkan, riset dan analisis

Ana Salsabila adalah Junior SEO Content Writer di LindungiHutan yang berpengalaman dalam penulisan artikel tentang lingkungan dan kehutanan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh Annual Report LindungiHutan