Connect with us

Bisnis Lestari

Mengenal Community Development atau Pembangunan Masyarakat

Published

on

Community development

Masyarakat memang menjadi tonggak penting dalam pembangunan sebuah negara. Di negara berkembang, lingkar kemiskinan di masyarakat menjadi salah satu permasalahan utama. Memang tak mudah, semua pihak harus memutar otak dalam menangani permasalahan satu ini.

Community development sebagai salah satu solusi dalam mengatasi kemiskinan yang terjadi. Mengapa demikian? Simak penjelasan lengkapnya dalam artikel berikut!

Community Development vs Community Empowerment

Sebelum membahas lebih jauh, kita bahas dalu mengenai Community Development dan Community Empowerment. Pasalnya, seringkali orang-orang menyamakan kedua hal itu.

Kita mulai dari basic-nya terlebih dahulu. Dalam bahasa Inggris, community development diartikan sebagai pembangunan masyarakat. Sedangkan community empowerment dimaknai sebagai pemberdayaan masyarakat.

Pengertian community development adalah kegiatan pembangunan untuk masyarakat dalam mencapai kondisi sosial, ekonomi, budaya yang lebih baik dibandingkan dengan kegiatan sebelumnya. 

Community empowerment adalah proses dari pembangunan masyarakat berdasarkan inisiatif masyarakat sendiri untuk melakukan kegiatan sosial.

Dilihat dari tujuannya, dalam kegiatan pembangunan masyarakat, masyarakat diharapkan lebih mandiri dan memiliki kualitas hidup lebih baik dari sebelumnya. Lain hal pada pemberdayaan masyarakat, masyarakat dapat berperan aktif dalam kegiatan untuk mencapai tujuannya. Masyarakat sebagai penggerak, bukan penerima manfaat.

Pada dasarnya keduanya tidak berbeda jauh, sama-sama baik untuk masyarakat di masa mendatang.

Baca juga: Pemetaan Sosial (Social Mapping), Pengertian, Tujuan, dan Langkahnya

Apa Itu Community Development?

Community development adalah kegiatan pengembangan masyarakat yang diselenggarakan secara terencana, sistematis, dan diarahkan untuk mempermudah akses masyarakat untuk mencapai kondisi sosial, ekonomi, dan kualitas hidup lebih baik. 

Pada hakikatnya, pembangunan masyarakat adalah suatu proses adaptasi sosial dan budaya yang dilakukan oleh industri (pemerintah dan daerah) terhadap masyarakat yang berada di sekitar kawasan perusahaan.

Menurut Susanto (dalam Rahman 2009), program community development dilakukan berdasarkan siklus pengembangan komunitas. Langkah-langkahnya adalah pengembangan konsep, tujuan, dan sasaran program. 

Sasaran program yang dituju berdasarkan analisa kebutuhan masyarakat atau community need analysis. Analisis pada kebutuhan masyarakat harus dilakukan dengan cermat. Pelibatan tokoh-tokoh masyarakat untuk menggali program yang sekiranya dibutuhkan oleh masyarakat sekitar. Kebutuhan ini bersifat jangka panjang, bukan sementara.

Infografis community development.
Infografis tentang community development oleh LindungiHutan.

Ruang Lingkup Program Pembangunan Masyarakat

Menurut Budimanta dalam dokumen “Pedoman Pengembangan Masyarakat di Sektor Energi dan Sumber Daya Mineral”, Program community development terbagi menjadi 3 kategori, sebagai berikut:

1. Community services

Pelayanan yang disediakan perusahaan atau pemerintah untuk memenuhi kepentingan masyarakat umum.

2. Community empowering

Program yang diciptakan perusahaan untuk masyarakat supaya menunjang kemandirian masyarakat.

3. Community relations

Kegiatan yang menyangkut pengembangan pemahaman melalui komunikasi dan informasi kepada masyarakat atau komunitas terkait.

Baca juga: Pentingnya Community Relations Bagi Perkembangan Perusahaan

Tujuan dan Manfaat Community Development

Pembangunan masyarakat ada, dengan tujuan memberdayakan masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya secara mandiri tidak bergantung pada perusahaan maupun pemerintah.

Bagi para pengusaha, program pembangunan masyarakat membawa manfaat langsung untuk perusahaan. Apa saja manfaatnya?

Pertama, meningkatkan rasa memiliki masyarakat adanya perusahaan dan kegiatannya. Sehingga menambah citra perusahaan dan mengurangi resistensi. Kedua, menambah ketersediaan tenaga kerja lokal yang bermutu. Tenaga kerja bermutu baik secara tidak langsung dihasilkan dari kegiatan pembangunan masyarakat.

Manfaat pembangunan masyarakat sangat mempengaruhi perkembangan perusahaan seiring berjalannya waktu.

3 Contoh Perusahaan dalam Menjalankan Program Community Development

Dalam mewujudkan program pembangunan masyarakat, CSR perusahaan bekerja sama dengan masyarakat dalam meningkatkan potensi masyarakat sekitar, dan membentuk masyarakat yang mandiri secara finansial. 

Berikut contoh community development yang dikembangkan oleh beberapa perusahaan di Indonesia:

1. PT Arara Abadi

PT Arara Abadi merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang hutan tanaman industri (HTI). Sesuai dengan visi dan misi perusahaan, program community development PT Arara Abadi menerapkan konsep yang disebut dengan charity (kegiatan sosial), seperti pengembangan usaha.

Salah satu distrik di PT Arara Abadi, Distrik Sorek, telah melaksanakan program community development yaitu program PPKM (Pelatihan Pengembangan dan Keterampilan Masyarakat). Melalui PPKM perusahaan ini memberi bantuan infrastruktur dalam bidang pertanian, peternakan, perikanan, perbengkelan, dan lainnya.

Dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, PT Arara Abadi juga membuat program Desa Makmur Peduli Api (DMPA).

2. PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk.

Contoh community development berikutnya datang dari Sawit Sumbermas Sarana (SSMS), perusahaan kelapa sawit berbasis di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Perusahaan ini membentuk kelompok tani dari tim penggerak pembinaan kesejahteraan keluarga (PKK) di Desa Rangda. 

PT SSMS berharap, kegiatan PKK bukan hanya kegiatan biasa, diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat dan memiliki etos kerja yang baik.

Agar terciptanya keharmonisan masyarakat terhadap perusahaan, PT SSMS secara rutin membagikan sembako kepada masyarakat sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat sekitar kawasan perusahaan. Pemberian sembilan bahan pokok biasanya dilakukan menjelang bulan puasa Ramadhan setiap tahunnya.

Pemberdayaan ekonomi yang dilakukan perusahaan, PT SSMS, bekerja sama dengan masyarakat lokal untuk mengembangkan usaha kecil dan menengah. Seperti contoh budidaya ikan terpadu, kelompok wanita menjahit, dan menyediakan modal kerja serta mendukung pengembangan keterampilan khusus bagi masyarakat.

3. PT Holcim Indonesia Tbk

PT Holcim Indonesia Tbk merupakan perusahaan yang bergerak dalam produksi semen. Melalui POSDAYA (Pos Pemberdayaan Keluarga), perusahaan ini fokus ke dalam 4 bidang kesehatan, lingkungan, pendidikan, dan ekonomi. 

Dalam bidang kesehatan, PT Holcim bekerja sama dengan beberapa posyandu dalam penambahan alat-alat untuk kegiatan posyandu, pengembangan sumber daya manusia seperti halnya pelatihan-pelatihan untuk kader posyandu.

Bidang pendidikan, perusahaan sebagai penunjang operasional pendidikan PAUD dan melaksanakan pelatihan kepada guru-guru PAUD untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Bidang lingkungan, perusahaan ini memberikan bantuan berupa bibit, polybag, hingga media tanah yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar. Pendirian Bank Sampah Mandiri juga diwujudkan sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan.

Bidang ekonomi, dalam meningkatkan perekonomian masyarakat PT Holcim memberikan bantuan berupa alat untuk pengembangan usaha. Pembangunan toko oleh-oleh bernama “Panginyongan” dibuat untuk menampung dan menjual seluruh olahan hingga kerajinan dari masyarakat binaan PT Holcim Cilacap.

itulah tadi penjelasan mengenai community development. Semoga menambah pengetahuan kamu yaa!

Baca juga: Panduan Meningkatkan Dampak Sosial Positif dalam Pelaksanaan CSR

Bersama LindungiHutan, Bersama Berkontribusi dalam Gerakan Penghijauan

LindungiHutan mendukung pemberdayaan kelompok masyarakat peduli lingkungan dengan menggandeng mereka sebagai Penggerak atau Mitra Petani kami yang menjalankan penanaman pohon, mengelola daerah penghijauan, dan kegiatan lainnya yang berkaitan dengan langkah hijau kami. Hingga saat ini LindungiHutan telah menjalin kerja sama dengan 116 Penggerak!

Pertanyaan Seputar Community Development

Apa itu community development?

Community development adalah kegiatan pembangunan untuk masyarakat dalam mencapai kondisi sosial, ekonomi, budaya yang lebih baik dibandingkan dengan kegiatan sebelumnya. 

Apa manfaat community development?

Meningkatkan rasa memiliki masyarakat adanya perusahaan dan kegiatannya, menambah citra perusahaan dan mengurangi resistensi, menambah ketersediaan tenaga kerja lokal yang bermutu.

Apa perbedaan community development dan community empowerment?

Community development adalah kegiatan pembangunan untuk masyarakat dalam mencapai kondisi sosial, ekonomi, budaya yang lebih baik dibandingkan dengan kegiatan sebelumnya.  Sementara, community empowerment adalah proses dari pembangunan masyarakat berdasarkan inisiatif masyarakat sendiri untuk melakukan kegiatan sosial.

Ana Salsabila adalah Junior SEO Content Writer di LindungiHutan yang berpengalaman dalam penulisan artikel tentang lingkungan dan kehutanan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sedekah Pohon LindungiHutan