Connect with us

Widyantara

Gunung Sawur: Analisis Perubahan Kerapatan Vegetasi

LindungiHutan

Published

on

Gunung Sawur

Gunung Sawur merupakan lokasi pos pantau Gunung Semeru yang terletak di Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang. Keberadaannya juga bermanfaat sebagai tempat wisata yang menawarkan pemandangan Gunung Semeru dari jarak jauh. Maka dalam rangka menjaga kelestarian ekosistemnya, kegiatan eksploitasi terhadap komunitas penyusun ekosistem perlu dihindari.

LindungiHutan bersama masyarakat setempat melakukan kegiatan penanaman pohon alpukat sejak tahun 2020. Penanaman diharapkan mampu membawa dampak positif bagi lingkungan dan ekosistem Gunung Sawur serta masyarakat setempat.

Maka, untuk melihat sejauh mana dampak atas upaya penananaman pohon yang dilakukan, LindungiHutan menganalisa perubahan kerapatan vegetasi di Gunung Sawur, Kabupaten Lumajang.

Analisis Perubahan Kerapatan Vegetasi pada Lokasi Penanaman LindungiHutan di Gunung Sawur Lumajang

  • Kerapatan vegetasi adalah mengacu pada jumlah dan ketebalan tanaman dalam suatu area, mencerminkan kondisi ekosistem dan kesehatan lingkungan. Kerapatan tinggi menunjukkan lingkungan yang sehat dan berkelanjutan, sementara penurunan kerapatan dapat mengindikasikan masalah ekologis.
  • Wilayah Gunung Sawur masuk ke dalam kawasan pegunungan sehingga mengalami perkembangan ekosistem secara alami. Namun, eksploitasi terhadap beberapa jenis komunitas penyusun ekosistem mengakibatkan terjadinya kerusakan ekosistem
  • Hasil kajian kerapatan vegetasi di Gunung Sawur menunjukan  Pada tahun 2019, terjadi peningkatan signifikan luas kerapatan vegetasi sedang dari 2,34 hektar menjadi 3,96 hektar, diikuti penurunan luas kerapatan vegetasi rendah.
  • Tahun 2020 dan 2021 tidak mengalami perubahan signifikan. Namun, di tahun 2022, terjadi penurunan luas kerapatan vegetasi sedang dan peningkatan luas kerapatan vegetasi tinggi.

Dapatkan Update Research Terbaru

Isi formulir lengkap agar dapat LindungiHutan kirimkan ke email Anda!

Research and Development atau RnD LindungiHutan melakukan kerja-kerja penelitian kaitannya dengan hutan dan temuan scientific lainnya yang akan dipublikasikan melalui kanal informasi LindungiHutan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *