Connect with us

Hutanpedia

Pohon Mengkudu, Buah Beraroma tak Sedap tetapi Punya Khasiat Mujarab

Published

on

Manfaat pohon mengkudu.

Mengkudu merupakan pohon yang berasal dari daerah tropis dan dapat tumbuh liar di hutan, pinggiran sungai, atau sengaja ditanam di pekarangan rumah. Pohonnya menyebar cukup luas meliputi seluruh kepulauan Pasifik Selatan, Malaysia, Taiwan, Filipina, Vietnam, India, Afrika, Hindia Barat, hingga Indonesia. 

Ciri-ciri pohon mengkudu dapat dikenal dari ukuran batangnya yang tidak begitu tinggi, yakni hanya 4-6 meter saja. Bentuk batang umumnya bengkok, punya dahan kaku, dan memiliki kulit batang berwarna cokelat keabu-abuan.

Daun mengkudu berbentuk bulat telur dengan ujung runcing, panjang helaiannya antara 10-20 cm, dan lebar 8-15 cm. Warna dari daun tersebut hijau mengkilap dan letaknya saling berhadap-hadapan dalam satu tangkai.

Bunga dari pohon mengkudu saat masih kuncup berwarna hijau. Namun, saat mekar akan berubah menjadi warna putih. Sementara ketika bunga tersebut rontok, bekas tempat kuntumnya hidup akan membengkak kemudian mengukuhkan diri menjadi buah mengkudu.

Gambar pohon mengkudu.
Gambar dan dan buah mengkudu.

Kemudian buahnya berbentuk bulat lonjong dengan diameter mencapai 7,5-10 cm, permukaan terbagi dalam sel-sel poligonal berbintik-bintik. Tanaman tersebut berbuah sepanjang tahun sehingga masa panennya tidak mengenal musim.

Gambar buah mengkudu.
Gambar buah mengkudu.

Ciri-ciri mengkudu muda hingga menjelang masak, dapat dikenali dari perubahan warna buahnya dari hijau menjadi putih kekuningan. Setelah masak barulah buah mengkudu berwarna putih transparan dan bertekstur lunak.

Budidaya mengkudu sendiri tidak memerlukan biaya yang besar, sebab tanamannya dapat tumbuh pada berbagai tipe lahan dengan curah hujan 1.500-3.500 mm/tahun. Pertumbuhan tanaman tersebut juga tergolong cepat dan dapat berbuah sepanjang tahun.

Pohon mengkudu dan buahnya.
Gambar pohon mengkudu dan buahnya.

Adapun klasifikasi mengkudu dikelompokkan sebagai berikut:

KingdomPlantae
Super DivisiSpermatophyta
DivisiMagnoliophyta
OrdoRubiapes
KelasMagnoliopsida
FamiliRubiaceae
GenusMorinda L.
SpesiesMorinda citrifolia L.
Tabel klasifikasi pohon mengkudu.

Baca juga: Pohon Kenanga, Bunganya Beraroma Wangi dengan Banyak Kegunaan

Apa Manfaat Pohon Mengkudu?

Manfaat pohon mengkudu.
Manfaat pohon mengkudu.

Manfaat pohon mengkudu sebagai obat tradisional sudah lama dikenal, baik di Indonesia maupun di luar negeri. Tanaman tersebut merupakan tanaman kuno, yang sudah lama diketahui berkhasiat mengobati berbagai penyakit.

Laporan tentang khasiat mengkudu sudah ada dalam tulisan-tulisan kuno 2000 tahun yang lalu, semasa dinasti Han di Cina. Selain itu, khasiat buah tersebut juga sudah tercatat pada 1860 dalam berbagai literatur barat.

Di Indonesia, sekitar 50 perusahaan pengolah buah mengkudu baik berskala besar maupun skala rumah tangga, telah menjamur di kawasan Jabodetabek sejak tahun 1998. Tanaman dengan nama latin Morinda citrifolia ini dipercaya masyarakat, sebagai obat herbal yang baik untuk kesehatan tubuh.

Berbagai hasil penelitian membuktikan, bahwa buah mengkudu memang mengandung berbagai senyawa yang penting bagi kesehatan. Kandungan kimia mengkudu mampu meningkatkan daya tahan tubuh, menormalkan tekanan darah, sebagai anti alergi, anti radang, dan khasiat lainnya.

Akar pohon mengkudu juga diketahui bermanfaat sebagai pewarna kain batik. Akhir abad ke-19, masyarakat banyak menanam pohon tersebut terutama di sepanjang pantai utara Jawa untuk menunjang industri batik.

Pohon mengkudu menghasilkan warna merah cerah, ketika tanamannya berumur 3-5 tahun, akarnya digali, lalu dibersihkan dengan air, dan dikupas kulit kayunya. Kulit kayu pada bagian akar inilah yang menjadi bahan untuk mewarnai kain. 

Saat ini penggunaan akar pohon mengkudu sebagai bahan baku pewarna alami sudah tidak banyak lagi dikembangkan. Peranan tanaman tersebut sudah menyusut, salah satunya terdesak oleh pewarna sintetis.

Bagaimana Rasa dari Buah Mengkudu? 

Rasa buah mengkudu.
Kira-kira seperti ini rasanya buah mengkudu ketika kamu memakannya.

Daging buah mengkudu yang sudah masak mengandung banyak air. Apabila, buahnya dibelah akan tercium aroma yang kurang sedap. Bau menyengat tersebut disebabkan oleh macam zat asam yang terkandung dalam buahnya, seperti asam askorbat, asam kaproat, dan asam kaprik. 

Bau menyengat dari buah mengkudu akhirnya mempengaruhi rasa buah jika tidak diolah dengan benar. Apabila, buah tersebut langsung dikonsumsi maka akan terasa pahit pada lidah. Bahkan, bagi siapapun yang tidak tahan dengan aroma buahnya dapat membuat seseorang merasa ingin mual.

Apakah Buah Mengkudu Bisa Dimakan?

Buah mengkudu bisa dimakan.
Yup, buah mengkudu bisa dimakan!

Bagian tanaman mengkudu yang paling banyak dikonsumsi adalah buahnya. Buah dengan kulitnya yang berbintik-bintik ini sudah lama dikenal sebagai obat herbal.

Meskipun buah mengkudu memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan, aroma dari buah tersebut tak jarang menjadi penghambat seseorang untuk mengonsumsinya.

Oleh karena itu, banyak cara dilakukan untuk menghilangkan bau menyengat pada mengkudu. Hal ini dimaksudkan agar buah tersebut bisa dikonsumsi oleh masyarakat.

Salah satu cara untuk menghilangkan aroma dari buah mengkudu, yakni diolah menjadi bentuk jus. Di samping prosesnya lebih mudah dilakukan, bentuk sari buah juga terbukti lebih cepat terserap ke dalam tubuh.

Pun, proses pembuatan jus mengkudu mudah dilakukan, selain itu bahan dan peralatannya juga sederhana sehingga semua orang mungkin bisa melakukannya. 

Efek Samping Mengkudu Apa?

Di balik manfaat mengkudu yang baik bagi kesehatan, ternyata buah tersebut tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi secara berlebihan dan dimakan oleh beberapa orang. Seperti, ibu yang sedang hamil dan menyusui, serta bagi pasien yang sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu. 

Bagi ibu hamil, mengonsumsi mengkudu dapat menimbulkan komplikasi pada kehamilan hingga risiko keguguran. Selain itu, buah tersebut juga tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh pasien yang sedang menggunakan obat pengencer darah karena dapat memperlambat pembekuan darah.

Pengolahan mengkudu menjadi jus juga sering kali membutuhkan gula banyak untuk melawan rasa pahit dari buahnya. Alhasil, jus tersebut sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh pasien yang mengidap penyakit diabetes. 

Oleh karena itu, sebelum menggunakan obat herbal dari buah mengkudu ada baiknya melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Kenali kondisi tubuh saat ini dan obat-obatan yang masih dikonsumsi berdasarkan resep yang sudah diterima.

Baca juga: Pohon Pisang: Taksonomi, Manfaat, dan 9 Jenis Pisang

Apa Manfaat Buah Mengkudu untuk Wajah?

Pemanfaatan mengkudu secara tradisional telah banyak dilakukan dengan berbagai macam penggunaan. Selain dikonsumsi, buah tersebut juga dapat digunakan dari luar seperti pada kulit wajah.

Buah mengkudu kaya akan antioksidan, sehingga sangat baik untuk kesehatan kulit. 

Selain itu, kandungan vitamin c dan selenium pada buah tersebut mampu membantu melawan radikal bebas, menjaga elastisitas kulit, dan membalikkan efek penuaan.

Penggunaan buah bertekstur lunak ini bahkan juga dapat digunakan pada kaki kering yang bersisik. Adapun caranya, yakni ambillah buah mengkudu yang sudah matang, lalu gosokkan pada kulit kaki yang bermasalah dengan rata, biarkan 5-10 menit, lalu bilaslah dengan kain bersih yang sudah dibasahi dengan air hangat.

Sementara, untuk perawatan kulit wajah maka proses pengolahan mengkudu dapat dipraktikkan dengan cara berikut. 

  • Pertama, bersihkan wajah dengan sabun cuci muka yang biasa digunakan. 
  • Kedua, basahi kain kasa dengan sari buah mengkudu. 
  • Ketiga, tutupi seluruh wajah termasuk dahi dan leher dengan kain kasa tersebut dan diamkan beberapa saat. 
  • Keempat, bersihkan muka dengan air hangat dan usapkan penyegar untuk menutup pori-pori kulit. Terakhir, lakukan perawatan kulit wajah dengan sari buah mengkudu sesuai kebutuhan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulitmu.

FAQ

Apa manfaat pohon mengkudu?

Manfaat pohon mengkudu sebagai obat tradisional sudah lama dikenal, baik di Indonesia maupun di luar negeri. Tanaman tersebut merupakan tanaman kuno, yang sudah lama diketahui berkhasiat mengobati berbagai penyakit.

Apa rasa dari buah mengkudu?

Bau menyengat dari buah mengkudu akhirnya mempengaruhi rasa buah jika tidak diolah dengan benar. Apabila, buah tersebut langsung dikonsumsi maka akan terasa pahit pada lidah. Bahkan, bagi siapapun yang tidak tahan dengan aroma buahnya dapat membuat seseorang merasa ingin mual.

Apakah buah mengkudu bisa dimakan?

Bagian tanaman mengkudu yang paling banyak dikonsumsi adalah buahnya. Buah dengan kulitnya yang berbintik-bintik ini sudah lama dikenal sebagai obat herbal.

Penulis: Yemita Gea

Hanya dengan 10 RIBU RUPIAH, Kamu dapat Menyelamatkan Bumi?

Puluhan ribu orang dan ratusan mitra UMKM serta perusahaan percaya dan yakin dengan LindungiHutan. Kamu pun juga dapat berperan aktif untuk menghijaukan tanah air dengan menanam pohon mulai 10 ribu rupiah saja.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sedekah Pohon LindungiHutan