Connect with us

Hutanpedia

Pohon Kenanga, Bunganya Beraroma Wangi dengan Banyak Kegunaan

Published

on

Serba-serbi pohon kenanga

Indonesia merupakan negara beriklim tropis dengan keragaman hayatinya yang melimpah dan bermanfaat bagi kehidupan manusia. Salah satunya pohon kenangan, ekstrak dari tanaman tersebut dapat menghasilkan minyak atsiri untuk kecantikan, pengobatan, dan keperluan lainnya. 

Pohon ini bisa tumbuh subur di daerah tropis, dengan ketinggian di bawah 1.200 mdpl. Jumlah rata-rata curah hujan yang baik untuk menanam pohon tersebut per tahunnya sekitar 1.500 hingga 2.000 mm. 

Pohon kenanga dapat tumbuh subur di Indonesia, tanamannya juga sudah tersebar dari Burma sampai Australia bagian Utara. Di Tanah Air, penyebutan pohon tersebut cukup beragam, seperti di Gorontalo menyebut pohon kenangan dengan wang gulita, Madura disebut sandar wangsa, Aceh menyebut selangka, dan berbagai nama lokal lainnya.  

Bagaimana Bentuk Pohon Kenanga?

Gambar pohon kenanga.
Gambar pohon kenanga

Sebelum membahas lebih lanjut tentang manfaat tanaman kenanga beserta makna bunga dan mitos seputar penanaman pohon, mari kita kenalan dulu dengan morfologi dari pohon kenanga!

Tahukah kamu ternyata tanaman kenangan ada dua macam loh. Pertama, kenangan berupa pohon tinggi yang identik dengan berbatang kayu besar dan bercabang, tingginya bisa mencapai 25 meter lebih. Kedua, kenangan berupa tanaman perdu yang ketinggian tanamannya hanya di bawah 6 meter.

Secara umum, daun pohon kenangan dapat dikenali bentuknya yang seperti bulat telur dengan ujung meruncing. Tulang daun menyirip, berwarna hijau mengkilap, dan memiliki panjang 10 – 23 cm.

Ciri-ciri bunga kenanga dari segi bentuk ditunjukkan dengan gambarannya menyerupai bintang yang menggantung. Bunga tersebut akan muncul pada tangkai dengan jumlah tunggal atau berkelompok 3 – 4 kuntum.

Kenanga memiliki dasar bunga berbentuk bundar pipih dan benang sari berjumlah banyak. Bunga tersebut berwarna hijau sewaktu masih muda dan berwarna kuning setelah tua. 

Bunga kenanga saat mekar mengeluarkan aroma harum meski mudah berguguran. Wangi dari bunga tersebut, yang kemudian banyak digunakan dalam industri kecantikan sebagai minyak wangi dan kosmetika.

Adapun klasifikasi ilmiah dari pohon kenanga dapat dikelompokkan sebagai berikut:

KingdomPlantae
DivisiTracheophyta
KelasAngiospermae
OrdoMagnoliales
FamiliAnnonaceae
GenusCananga
SpesiesCananga odorata
Tabel klasifikasi pohon kenanga.

Baca juga: Pohon Puspa yang Kuat Bertahan di Segala Kondisi

Apa Manfaat dari Bunga Kenanga?

Gambar bunga kenanga.
Bunga ini biasanya digunakan sebagai minyak atsiri.

Minyak atsiri dari bunga kenanga telah lama digunakan untuk keperluan industri kecantikan. Minyak dari ekstrak bunga tersebut sudah menjadi produk atau bahan baku yang dikenal luas.

Pada umumnya minyak atsiri diperoleh dengan cara mengekstraksi bunga kenanga melalui metode destilasi uap dan air. Bunga hasil destilasi uap dan air tersebut akan menghasilkan minyak dengan aroma yang kuat, sehingga banyak digunakan untuk campuran bahan parfum dan kosmetika.

Minyak atsiri makin dilirik karena sifatnya yang relatif aman, memiliki banyak manfaat, dan dapat diterima secara luas oleh masyarakat. Bahkan, produk minyak tersebut menjadi komoditi ekspor di berbagai negara dengan nilai ekonomi tinggi.

Gambar bunga kenanga.
Ada berbagai cara pengolahan di tiap wilayah.

Pengelolaan bunga kenanga secara langsung untuk kecantikan juga sudah dilakukan oleh masyarakat Indonesia. 

Di daerah Ujung Pandang dan Jawa, bunga kenanga diolah menjadi minyak rambut dengan cara memanaskan bunga tersebut dengan minyak kelapa sehingga minyak tersebut beraroma kenanga.

Lain halnya di Bali di mana bunga kenanga segar digunakan para wanita untuk mengharumkan rambut, pakaian, dan tempat tidurnya.

Selain bermanfaat di bidang kecantikan, kandungan kimia dari ekstrak bunga kenanga juga bisa mengobati penyakit. Senyawa kimia dari minyak atsiri dikenal berkhasiat mengobati penyakit kulit, asma, anti nyamuk, antibakteri, dan antioksidan. 

Bunga Kenanga Menandakan Apa?

Arti bunga kenanga.
Makna yang dipercayai.

Kenanga merupakan bunga yang penting dalam ritual-ritual di Jawa, sebab bunganya menjadi simbolisasi berupa keluhuran dan budi pekerti yang baik. Oleh karena itu, ada filosofi yang menyebutkan, bahwa manusia hidup hendaknya tumengo (menolong antar sesama) dan kenengno (mendapatkan pengetahuan luhur dari generasi sebelumnya). 

Di Keraton Yogyakarta, bunga kenanga menandakan ketentraman di mana manusia harus saling tolong menolong. Simbolisasi tersebut didapatkan dari segi linguistik kata kenanga, yang disamakan dengan kata tumengo dengan artinya menolong antar sesama.

Sebagai bunga kesayangan para kaum bangsawan Jawa, kenanga menjadi  salah satu bunga tabur pada saat pemakaman ataupun ziarah leluhur. Dalam tradisi Jawa, bunga tersebut mempunyai makna sakral yang menyimbolkan pengabulan doa para peziarah kepada leluhurnya.

Selain sebagai simboliosasi permohonan, bunga kenanga juga digunakan dalam upacara pernikahan dan siraman. Bunga tersebut diketahui menjadi salah satu penyusun oncen atau hiasan pengantin.

Baca juga: 8 Anggrek Langka Beserta Penyebab Kepunahannya

Kenapa Bunga Kenanga Tidak Boleh Ditanam di Depan Rumah?

Mitos bunga kenanga.
Mitos bunga kenanga.

Disebutkan sebelumnya, kenanga merupakan tanaman yang penting dalam berbagai upacara-upacara adat di Jawa. Di pekarangan rumah, pohon tersebut juga biasa dijadikan sebagai salah satu tanaman hias atau ornamen.

Budidaya pohon kenanga di halaman rumah termasuk kegiatan yang mudah, sebab perbanyakannya dapat dilakukan menggunakan benih. Kita cukup menempatkan benih pada tanah dengan kedalaman sekitar 5 cm, kemudian atur jarak tanam sekitar sekitar 6 x 6 m.

Dari segi lingkungan, penanaman pohon kenangan juga memiliki manfaat untuk melestarikan keberadaannya. Penyediaan benih bermutu baik sangat diperlukan agar menghasilkan tegakan pohonnya yang berkualitas.

Meskipun pohon kenangan identik dengan kesakralan dan keindahan tanamannya. Lantas, adakah pantangan untuk menanam pohon kenanga di depan rumah? 

Mitos pohon kenanga sebagai tempat favorit makhluk tak kasat mata, mungkin bukan hal yang baru kita ketahui. Sebagian masyarakat percaya secara turun temurun, bahwa pohon tersebut akan melemahkan energi positif.

Selain itu, bunga kenanga yang memiliki aroma harum ini juga dipercaya bisa digunakan sebagai senjata pelet. Bunga tersebut merupakan salah satu rempah-rempah yang dibutuhkan untuk mencelakai orang. 

FAQ

Bagaimana bentuk pohon kenanga?

Tahukah kamu ternyata tanaman kenangan ada dua macam lo. Pertama, kenangan berupa pohon tinggi yang identik dengan berbatang kayu besar dan bercabang, tingginya bisa mencapai 25 meter lebih. Kedua, kenangan berupa tanaman perdu yang ketinggian tanamannya hanya di bawah 6 meter.

Bunga kenanga menandakan apa?

Di Keraton Yogyakarta, bunga kenanga menandakan ketentraman, dimana antar manusia harus saling tolong menolong. Simbolisasi ini didapatkan dari segi linguistik kata kenangan disamakan dengan kata tumengo yang berarti menolong antar sesama.

Kenapa bunga kenanga tidak boleh ditanam di depan rumah?

Mitos pohon kenanga sebagai tempat favorit makhluk tak kasat mata, mungkin bukan hal yang baru kita ketahui. Sebagian masyarakat percaya secara turun temurun, bahwa pohon tersebut akan melemahkan energi positif.

Penulis: Yemita Gea

Ambil Langkah Nyata dengan Menanam Pohon Bersama LindungiHutan Hanya 10 Ribu Rupiah

LindungiHutan telah dipercaya 40 RIBU Sahabat Alam untuk menanam pohon dengan mudah, transparan, dan berkelanjutan. Kami menjalin kerja sama dengan puluhan petani bibit dan masyarakat sekitar hutan untuk memberikan dampak sosial, ekonomi, dan lingkungan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan laporan tahun 2023 LindungiHutan

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Blog LindungiHutan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.