Powered by ProofFactor - Social Proof Notifications

10+ Manfaat Pohon Trembesi untuk Kesehatan, Lingkungan, dan Industri

Dalam artikel kali ini, kita akan sama-sama mencari tahu apa saja manfaat pohon trembesi baik untuk lingkungan, kesehatan, hingga industri.
Manfaat pohon trembesi unutk manusia dan lingkungan.

Pohon trembesi adalah salah satu jenis tumbuhan yang mempunyai tajuk sangat lebar. Bahkan, saking besarnya pohon ini sering kali bermanfaat sebagai pohon peneduh. Selain sebagai pohon peneduh, ada banyak manfaat pohon trembesi lainnya yang mungkin jarang kamu dengar.

Contohnya, manfaat daun trembesi ternyata daunnya dapat digunakan untuk membuat tinta. Selain itu, pohon trembesi juga terbukti ampuh untuk menetralisir udara dari emisi Karbon Dioksida dan Timbal.

Dalam pembahasan artikel kali ini, kita akan sama-sama mencari tahu apa saja manfaat pohon trembesi baik untuk lingkungan, kesehatan, hingga industri. Yuk, simak ulasan lengkapnya!

Infografis mengenai pohon trembesi
Infografis tentang pohon trembesi dan manfaatnya. Oleh: Muhamad Iqbal/LindungiHutan

Ciri-Ciri Pohon Trembesi

Pohon trembesi rata-rata dapat tumbuh hingga mencapai 30-40 meter dengan lingkar pohon sekitar 4,5 meter dan mahkotanya berukuran 40-60 cm. Umur pohon ini bisa mencapai 600 tahun.

Trembesi mempunyai bentuk batang yang tidak beraturan. Kadang kala berbentuk bengkok atau menggelembung besar. Warna batang trembesi cenderung cokelat kehitaman saat berumur tua dan permukaan kulitnya kasar, serta terlihat seperti terkelupas.

Sementara itu, daun trembesi majemuk dan pangkal tangkainya berukuran 7-15 cm. Ukuran daunnya kecil kisaran 4-5 cm dan berwarna hijau pekat atau hijau tua. Daun trembesi juga sensitif terhadap cahaya. Jadi, ketika cuaca mendung atau gelap akan menutup atau berlipat. Maka dari itu, pohon trembesi dijuluki sebagai ‘Pohon pukul lima’

Kemudian, pohon trembesi juga mempunyai buah yang berbentuk panjang, tetapi sedikit melengkung. Berukuran sekitar 10-20 cm, lebar 1,5-2 cm dan tebal 0,6 cm. Sewaktu matang buah trembesi akan terlihat coklat kehitaman dan terdapat biji di dalamnya denga panjang 1,3 cm.

Baca juga: 10+Manfaat Pohon Mahoni untuk Kesehatan, Lingkungan, dan Industri

Klasifikasi Pohon Trembesi

KingdomPlantea
SubkingdomTracheobionta
SuperdivisiSpermatophyta
DivisiMagnoliophyta
KelasMagoliopsida
SubkelasRosidae
OrdoFabales
FamiliFabaceae
GenusSamanea
PeciesSamanea saman (Jacq.) Merr

Pohon Trembesi untuk Apa?

Pohon trembesi selain efektif dalam menyerap gas Karbon Dioksida dan polutan seperti timbal, nyatanya juga mempunyai segudang manfaat lain baik untuk lingkungan, kesehatan, ataupun industri. Misalnya, biji trembesi yang diolah menjadi tepung ternyata mengandung tinggi protein. Bukan hanya itu, ada banyak manfaat pohon trembesi lain yang mungkin belum pernah kamu dengar, apa saja?

1. Penyerap Karbon yang efektif sekaligus Pohon Peneduh yang Baik

Manfaat pohon trembesi ampuh sebagai penyerap karbon.
Satu pohon trembesi dapat menyerap hingga 28,5 ton gas CO2 per tahunnya.

Barang kali kamu pernah menemui pohon trembesi di pinggir-pinggir jalan atau di taman-taman kota. Keberadaan pohon tersebut memang bukan tanpa alasan. Sebab, salah satu manfaat pohon trembesi yaitu sebagai penyerap Karbon Dioksida yang baik.

Faktanya, menurut Dr. Ir. H. Endes N. Dahlan, Dosen Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor, pohon trembesi mempunyai daya serap gas CO2 yang sangat tinggi. Bahkan, satu pohon trembesi dapat menyerap hingga 28,5 ton gas CO2 per tahunnya (diameter tajuk 15 meter). Maka dari itu, pohon trembesi baik apabila ditanam sebagai pophon peneduh dan juga sebagai vegetasi Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Selain itu, pohon trembesi oleh masyarakat juga kerap kali disebut sebagai pohon hujan karena tajuknya meneteskan air yang disebabkan kemampuannya menyerap air tanah yang kuat. Daun pohon trembesi juga sensitive terhadap cahaya matahari sehingga akan menutup bersamaan  ketika cuaca mulai mendung. Akibatnya, air hujan dapat menyentuh tanah langsung tanpa harus tertahan oleh lebatnya kanopi pohon.

Kemampuan yang dimiliki pohon trembesi ini menjadikannya cocok apabila ditanam di pinggir jalan, taman kota, halaman kantor, atau halaman rumah yang memiliki areal tanah luas.

2. Pohon Trembesi adalah Penyerap Timbal yang Baik

Manfaat pohon trembesi yang lainnya adalah penyerap timbal yang efektif.
Trembesi dapat menyerap timbal dengan baik karena bentuk daunnya yang khusus.

Manfaat pohon trembesi selain sebagai penyerap karbon juga terbukti efektif menyerap logam berat timbal.

Pb (timbal) adalah logam berat yang paling banyak terdapat di lingkungan dan memberikan dampak negatif terhadap lingkungan. Timbal merupakan hasil dari gas buang kendaraan bermotor, yang mana dengan makin bertambahnya kendaraan bermotor maka akan makin banyak pula manusia dan lingkungan yang ikut tercemar.

Salah satu cara untuk mengurangi emisi timbal yaitu dengan menanam pohon trembesi. Trembesi dapat menyerap timbal dengan baik karena bentuk daunnya yang mempunyai bulu halus pada permuakaan daun serta efektif menyerap CO2.

Proses penyerapan timbal ke dalam daun trembesi dipengaruhi oleh stomata daun. Jadi, ketika sotama daun trembesi terbuka maka timbal akan terserap masuk ke dalam jaringan daun trembesi.

Makin besar ukuran dan banyaknya jumlah stomata daun trembesi maka semakin besar pula penyerapan timbal yang masuk ke dalam daun.

3. Manfaat Pohon Trembesi Daunnya Baik untuk Dijadikan Kompos

Kita juga bisa mengambil manfaat pohon trembesi berupa daunnya untuk membuat kompos.
Penelitian menunjukkan bahwa daun trembesi kaya akan unsur hara Nitrogen, Fosfor, dan Kalium.

Umumnya sampah dikelompokkan menjadi dua jenis yaitu sampah organik dan anorganik. Sampah organik terdiri dari dedaunan, kayu, tulang, sisa makanan, sayuran, dan buah. Sedangkan, sampah anorganik adalaj jenis sampah yang tidak mudah membusuk, misalnya botol, plastik, dan kaleng.

Salah satu upaya pengolahan yang dapat dilakukan agar sampah organik bernilai ekonomis yaitu dengan menjadikannya sebagai kompos. Kompos merupakan salah satu jenis pupuk organik yang dikenal luas oleh masyarakat. Kompos terbuat dari sisa-sisa bahan organik yang telah mengalami pelapukan sehingga bentuknya berubah menjadi seperti tanah, tidak berbau, dan kaya akan unsur hara yang dibutuhkan tanaman.

Berdasarkan penelitian oleh Munir (2013) dalam Jurnal Lentera Berkala Ilmiah Biologi (BIO), menunjukkan bahwa daun trembesi mengandung unsur hara N (Nitrogen) sebesar 6,52%, unsur hara P (fosfor) sebesar 0,47%m dan unsur hara K (kalium) sebesar 2,25%. Dengan demikian, daun trembesi akan sangat baik jika diolah menjadi pupuk kompos.

Unsur hara dalam kompos membantu meningkatkan kualitas tanah dan merangsang perakaran yang sehat. Kompos juga dapat memperbaiki struktur tanah yang rusak serta meningkatkan kemampuan tanah guna mempertahankan kandungan air tanah. Manfaat daun trembesi berupa kompos ini akan membuat pertumbuhan tanaman menjadi optimal.

4. Sebagai Tempat Peristirahatan Burung

Tahukah kamu kalau salah satu manfaat pohon trembesi untuk lingkungan adalah seagai tempat peristirahatan burung.
Manfaat pohon trembesi untuk lingkungan salah satunya yaitu sebagai rumah untuk burung liar.

Kehadiran burung di daerah perkotaan memiliki peranan yang sangat penting, antara lain dapat membantu mengontrol populasi serangga serta membantu penyerbukan bunga dan pemencaran biji. Selain itu burung-burung liar yang ada di sekolahan dan kampus juga dapat dijadikan sebagai laboratorium alam.

Keberadaan burung liar tersebut tentu membutuhkan tempat untuk istirahat, mencari pakan, dan juga melakukan aktivitas. Salah satu manfaat pohon trembesi adalah sebagai habitat burung-burung liar. Para burung biasanya memanfaatkan bunga dan serangga yang ada di pohon tersebut sebagai makanan.

Selain itu, pohon trembesi juga digunakan oleh burung sebagai tempat beristirahat. Pohonnya yang rimbun dan mempunyai kanopi lebar membuat banyak burung merasa aman untuk beristirahat atau berdiam dalam waktu yang lama. Beberapa jenis burung juga membuat sarang pada pohon trembesi.

5. Daun Trembesi dapat Dimanfaatkan sebagai Antibakteria

Ternyata manfaat daun trembesi juga ada pada ekstrak daunnya yang ampuh sebagai antibakteria.
Ekstrak daun trembesi diketahui mampu menghambat bakteri dan jamur.

Manfaat pohon trembesi berikutnya adalah ekstrak daunnya yang dapat dimanfaatkan sebagai antbakteria.  Mengutip dari Cakra Kimia (Indonesian E-Journal of Applied Chemistry) Volume 4 (2016), bahwa ekstrak daun trembesi diketahui dapat menghambat pertumbuhan mikroba penyebab tuberkolosis. Selain itu, ekestrak air daun trembesi  mampu menghambat pertumbuhan bakteri E.coli, S. aureus, dan jamur C. albicans.

Potensi pengobatan menggunakan daun trembesi ini sejatinya telah banyak diaplikasikan oleh masyarakat sebagai obat tradisional berbentuk jamu. Harapannya, jamu tersebut kemudian dapat dikembangkan menjadi obat herbal terstandar (OHT). Artinya, sudah dilakukan standarisasi bahan baku, memenuhi persyaratan mutu, terujinya khasiat, dan keamanan secara ilmiah melalui uji praklinik.

6. Mengobati Flu

Manfaat pohon trembesi juga untuk mengobati penyakit flu.
Manfaat pohon trembesi juga ada pada daunnya untuk obat flu.

Daun pohon trembesi juga bisa dimanfaatkan sebagai obat flu. Hal ini disebabkan karena, daun trembesi mengandung senyawa yang dapat menyembuhkan flu dengan cara membunuh bakteri dan meredakan gejalanya.

Adapun, senyawa-senyawa tersebut antara lain, alkaloid, linalool, dan juga kaemprefol. Ketiganya memiliki epran yang berbeda-beda dalam meredakan penyakit flu. Sebagai contoh, senyawa alkaloid dapat membunuh bakteri penyebab flu. Selain itu, ada pula senyawa linalool yang dapat memberi rasa hangat pada tenggorokan sehingga dapat meluruhkan lender.

7. Manfaat Pohon Trembesi, ternyata Bijinya Bisa Diolah menjadi Selai

Kita juga bisa menikmati manfaat pohon trembesi dari bijinya unutk membuat selai.
Hasil uji laboratorium menunjukkan bahwa tepung biji trembesi kaya akan protein.

Trembesi adalah salah satu pohon yang menghasilkan biji berlimpah. Biji pohon tersebut ternyata dapat diolah menjadi makanan yang mengandung protein tinggi. Hasil pengujian Laboratorium Balai Penelitian dan Pengembangan Industri Semarang dalam Jurnal Teknosains Volume 11 (2017) menunjukkan bahwa biji trembesi yang telah disangrai dan dibuat tepung dalam 100 gram mengandung protein yang cukup besar yaitu 44,4%.

Bahkan, biji trembesi juga bisa digunakan sebagai pengganti bahan pembuatan selai kacang. Mengingat, kacang tanah yang telah disangrai dan dibuat tepung dalam 100 gram hanya mengandung protein sebesar 26,9 %.  Selain itu, harga biji trembesi yang relatif murah ketimbang kacang tanah, hanya saja banyak masyarakat yang belum banyak mengetahuinya.

8. Daun Trembesi sebagai Bahan Baku Pembuatan Tinta

Manfaat pohon trembesi selanjutnya yaitu daunnya bisa digunakan untuk membuat tinta.
Daun trembesi mengandung zat tanin yang biasa digunakan pada industri pembuatan tinta.

Manfaat pohon trembesi yang lainnya adalah daunnya yang ternyata mengandung zat tanin. Tanin ditemukan hampir di setiap bagian dari tanaman mulai dari kulit kayu, daun, buah, dan akar. Zat tanin biasanya digunakan pada industri pembuatan tinta dan cat karena dapat memberikan warna biru tua atau hijau ketua-tuaan.

Dalam hal ini, daun trembesi dapat dimanfaatkan sebagai tinta dengan mencampurkan ekstrak daun trembesi, paku berkarat, cuka dapur, CMC, dan maizena. Adapun jumlah komposisi daun trembesi yang diperlukan untuk membuat warna tinta lebih gelap atau hitam adalah 20 gram.

9. Kayu Pohon Trembesi bisa Digunakan untuk Mebel atau Kerajinan

Manfaat pohon trembesi juga ada pada kayunya untuk membuat mebel.
Kayu trembesi memiliki serat kayu yang besar serta tingkat kekerasannya hampir sama dengan kayu jati.

Kebutuhan kayu yang makin hari semakin meningkat berdampak pula pada jumlah pohon di hutan alam yang semakin menipis. Perlu adanya inovasi dan ekslporasi lebih terhadap jenis-jenis kayu yang ada di Indonesia.

Salah satu jenis kayu yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan industri adalah trembesi. Kayu jenis ini memiliki tekstur yang lembut, terang, dan kuat, sehingga dapat digunakan untuk mebel, kerajinan, dan hiasan interior rumah. Kayu trembesi juga mempunyai serat yang besar-besar serta tingkat kekerasan yang hampir sama dengan kayu jati. Harga kayunya pun lebih murah ketimbang kayu jati.

Sayangnya, kayu trembesi disukai oleh rayap dan berbagai jenis kutu jamur. Selain itu, pada saat dikeringkan akan timbul retak-retak pada permukaan kayu. Kekurangan tersebut tentu masih bisa dimanfaatkan salah satunya menjadi karya art furniture yang alami dan natural.

10. Manfaat Pohon Trembesi, Daunnya untuk Pakan Ternak

Peternak bisa mengambil manfaat pohon trembesi  berupa daunnya untuk pakan ternak.
Daun trembesi mengandung protein kasar yag mana bisa meningkatkan kualitas ransum ternak ruminansia.

Ternak ruminanansia seperti sapi dan kambing membutuhkan pakan hijauan yang cukup guna memenuhi kebutuhan nutrisi dalam proses pertumbuhannya. Salah satu jenis hijauan yang bisa digunakan untuk pakan ternak adalah daun trembesi.

Daun trembesi mengandung protein kasar yang tinggi yaitu lebih dari 18%, sehingga berpotensi sebagai pakan suplemen dalam meningkatkan kualitas ransum pada ternak ruminansia. Akan tetapi, ternak cenderung tidak terlalu suka apabila daun trembesi diberikna dalam keadaan segar. Sebab, terdapat kandungan zat anti nutrisi pada trembesi yang memengaruhi kualitas pakan sehingga menurunkan tingkat konsumsi ternak.

Maka dari itu, daun trembesi dapat diolah terlebih dahulu menjadi wafer pakan ternak. Wafer [akan ternak adalah suatu bentuk pakan yang memiliki bentuk fisik komplit dan ringkas sehingga mudah dalam peyimpanan dan pemindahannya, serta mengandung nutrisi yang lengkap.

Baca juga: 10+ Manfaat Pohon Pinus, Meningkatkan Performa Jantung sampai Cegah Longsor

11. Manfaat Pohon Trembesi sebagai Tanaman Pelindung

Manfaat pohon trembesi yang terakhir yaitu efektif sebagai tanaman pelindung.
Manfaat pohon trembesi yang terakhir yaitu efektif sebagai tanaman pelindung.

Terakhir, manfaat pohon trembesi yaitu sebagai pohon pelindung tanaman perkebunan. Di beberapa wilayah seperti di Amerika Tengah, pohon trembesi dimanfaatkan sebagai pelindung perkebunan kokoa dan teh. Karena, trembesi memiliki ukuran yang besar, percabangan yang kokoh, dan bentuk tajuknya seperti payung.

Meskipun bisa digunakan untuk pelindung tanaman perkebunan, tetapi sebaiknya trembesi tidak digunakan sebagai pohon pelindung jalan raya. Sebab, akar trembesi akan merusak badan jalan dan juga batangnya yang rapuh.

Itulah 11 Manfaat pohon trembesi yang perlu kamu tahu, baik untuk lingkungan, kesehatan, maupun untuk kebutuhan industri. Harapannya manfaat tersebut dapat dikembangkan lebih lanjut dan mampu memberikan dampak baik bagi masyarakat luas.

Tahukah Kamu jika Kita Bisa Menghitung Jejak Karbon?

Berbicara tentang pohon, kita juga bisa loh menghitung jejak karbon yang dikeluarkan selama kita menjalani aktivitas sehari-hari. LindungiHutan kini memiliki kalkulator jejak karbon bernama Imbangi. Nantinya, kamu bisa menghitung jejak karbon hasil kendaraan, listrik, ataupun pendingin ruangan.

Muhamad Iqbal
Muhamad Iqbal adalah SEO content writer di LindungiHutan dengan fokus pada tulisan-tulisan lingkungan, kehutanan dan sosial.