Connect with us

Hutanpedia

10 Manfaat Umbi-Umbian Berdasarkan Jenisnya yang Harus Diketahui

Published

on

apa saja manfaat umbi-umbian

Umbi-umbian seringkali dilihat sebagai makanan pengganti sumber karbohidrat yang biasanya terkandung di dalam nasi. Memang pada dasarnya seluruh umbi-umbian mengandung nutrisi utama berupa karbohidrat kompleks atau pati.

Meskipun demikian, nyatanya manfaat umbi-umbian memiliki beragam kandungan nutrisi yang sangat berguna untuk kesehatan berdasarkan masing-masing jenisnya.

Secara garis besar, umbi-umbian dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu umbi batang, umbi akar, dan umbi lapis. Varietas dari masing-masing jenis umbi ini memiliki keunggulan yang bermanfaat untuk kesehatan dan jarang diketahui

Lantas apa saja jenis umbi-umbian yang bermanfaat untuk kesehatan? Bagaimana keunggulan umbi-umbian? Dan seberagam apa kandungan nutrisi di dalamnya? Selengkapnya dapat Anda lihat pada ulasan di bawah ini.

Baca juga: Jadi Sumber Pangan Dunia, Inilah 10 Macam Umbi-umbian Beserta Kandungannya

1. Ubi Jalar

Manfaat umbi-umbian batang ini diketahui kaya akan antioksidan yang mampu melindungi sel tubuh dari dampak radikal bebas, sehingga bisa mengurangi risiko munculnya berbagai penyakit kronis.

Ubi jalar juga mengandung beberapa nutrisi lain seperti vitamin, mineral, lemak, protein, kalori, dan serat. Terlebih, ubi jalar diteliti sangat bagus untuk pertumbuhan janin ibu hamil.

Berdasarkan penelitian Farida Amalia Yuliandani dkk. (2017), ubi jalar dapat dijadikan makanan alternatif untuk ibu hamil karena bermanfaat dalam meningkatkan kadar hemoglobin dan mencegah terjadinya anemia.

2. Singkong

Kandungan nutrisi kalori, karbohidrat, protein, serat, folat, kalsium, dan kalium yang berada di dalam singkong bermanfaat untuk menjaga kesehatan jaringan tubuh, membantu mengontrol kadar gula darah, dan dapat dijadikan sebagai penambah energi.

Akar singkong yang memiliki kadar vitamin C tinggi bermanfaat dalam mendukung produksi kolagen, meningkatkan kekebalan tubuh, juga sebagai sumber antioksidan.

Daun singkong juga mempunyai manfaat kesehatan yang jarang diketahui banyak orang. Merujuk pada penelitian yang dilakukan oleh Setya Enti Rikomah dkk. (2017), ekstrak daun singkong memiliki efek anti rematik, terutama terhadap rasa sakit pada mencit (Mus Musculus).

3. Talas

Merupakan jenis umbi batang yang sering dijadikan olahan kripik ini memiliki nutrisi magnesium yang dapat menjaga kadar gula darah dan kesehatan jantung.

Sifat anti inflamasi yang kuat di dalam magnesium mampu mencegah pembekuan darah dan membantu pembuluh darah menjadi rileks sehingga menurunkan tekanan darah.

4. Manfaat Umbi-umbian Seperti Lobak

Sama seperti jenis umbi-umbian lainnya, lobak juga menjadi sumber antioksidan yang baik karena memiliki senyawa fenolik seperti katekin, pirogalol, dan asam vanilat. Maka dari itu, lobak juga bermanfaat untuk melindungi tubuh dari radikal bebas.

Lobak diketahui juga menjadi sumber nitrat alami yang bagus dalam meningkatkan aliran darah, mengurangi kolesterol, dan mengontrol kadar gula darah.

5. Bawang Bombay

Keunggulan umbi-umbian jenis ini mengandung nutrisi vitamin C, protein, folat, serat, antioksidan, dan berbagai jenis mineral penting.

Manfaat unik dari konsumsi bawang bombay diketahui dapat meningkatkan kualitas tidur dan membantu meredakan depresi.

Baca juga: Serba-Serbi Tanaman Herbal, Ringan di Tanaman, Berat di Khasiat

6. Kentang

Ragam manfaat umbi-umbian juga bisa didapatkan dari nutrisi dalam kentang adalah fosfor dan kalsium yang dapat berperan dalam menguatkan tulang dan mencegah osteoporosis.

Penyakit asam urat yang dikategorikan sebagai penyakit tidak biasa dapat diatasi dengan mengonsumsi kentang. Alasannya tidak lain adalah karena kandungan gizi protein yang rendah pada kentang dapat menetralisirkan asam urat dan menurunkan kadar purin.

7. Bengkuang

Bengkuang memiliki beragam kandungan nutrisi diantaranya adalah serat, karbohidrat, gula, protein, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, air, lemak, fosfor, dan kalori.

Telah lama diketahui bahwa bengkuang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Bengkuang dapat membantu menghilangkan bekas jerawat dan mencerahkan kulit, sehingga umbi ini banyak digunakan untuk kecantikan.

8. Wortel

Belum banyak yang mengetahui bahwa sejatinya wortel merupakan bagian dari umbi-umbian. Lebih tepatnya wortel digolongkan sebagai jenis umbi akar.

Sementara itu, kita tahu bahwa wortel sangat bermanfaat untuk kesehatan mata karena kandungan vitamin A yang dimilikinya. Tidak hanya itu, wortel juga mengandung kalsium dan vitamin K yang menyehatkan tulang.

9. Bawang Merah juga Punya Banyak Manfaat Umbi-umbian

Bawang merah sering digunakan sebagai bumbu pelengkap masakan di Indonesia. Selain menjadi penyedap makanan, jenis umbi lapis ini juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Diketahui bahwa bawang merah mengandung antioksidan, folat, protein, vitamin, mineral, karbohidrat, dan berbagai macam flavonoid. Kandungan nutrisi yang beragam tersebut bermanfaat dalam mencegah kanker, menyehatkan jantung, menurunkan tekanan darah, serta memperkuat kepadatan tulang.

10. Bawang Putih

Satu lagi manfaat umbi-umbian yang sering dijadikan sebagai bumbu penyedap dalam memasak. Yup, bawang putih dengan sejumlah nutrisinya seperti selenium, vitamin C, vitamin B6, vitamin B1,serat,  kalsium, fosfor, zat besi, tembaga, dan kalium menjadikannya sebagai bahan yang juga cukup sering digunakan pada pengobatan tradisional.

Berkat beragam kandungan tersebut, adapun manfaat umbi lapis ini diantaranya adalah dapat mencegah pikun, mengurangi kadar kolesterol, meredakan flu, dan menurunkan tekanan darah.

Baca juga: Sorgum, Bisakah Tanamannya Menjadi Sumber Pangan untuk Masyarakat?

LindungiHutan Menanam 181.176 Pohon, mengumpulkan 5 Miliar Lebih Donasi, Bersama 2.800+ Orang Sepanjang Tahun 2023

Penulis: Prabu Haryo Pamungkas

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *