Connect with us

Wilayah

Tanam Pohon Cemara Laut di Pantai Alam Indah Kota Tegal (2023)

Published

on

Menilik lokasi penanaman di Pantai Alam Indah Kota Tegal.

Masyarakat Tegal memiliki kawasan wisata yang seru dan menyenangkan di Pantai Alam Indah, Kota Tegal, Jawa Tengah. Kota Tegal berlokasi sangat strategis sebagai tempat transit atau peristirahatan bagi para pengendara jalan panjang jalur pantura dari Jakarta ke Jawa Timur atau sebaliknya. 

Banyak dari pengguna jalan yang memutuskan beristirahat sejenak ataupun berekreasi ke wisata-wisata terkenal di Kota Tegal. Objek wisata yang ada di Kota Tegal sangat menarik untuk dikunjungi. 

Pantai Alam Indah menjadi salah satunya. Pantai dengan luas 21 ha ini berbatasan dengan tempat pelelangan ikan dan pelabuhan perikanan di utara Jawa. Akses menuju ke sana pun hanya sekitar 3 km dari kota/stasiun kereta api dan hanya berjarak 1 kilometer dari jalan pantura. 

Pantai Alam indah cocok sebagai sarana rekreasi dan edukasi yang menyajikan laut dan segala daya tariknya di antaranya daya tarik alam, daya tarik budaya dan daya tarik buatan. Daya tarik alam seperti laut biru yang indah, sunset di sore hari, pohon-pohon cemara laut yang sejuk, dan keanekaragaman biota laut. 

Tak mengherankan apabila Pantai Alam Indah menjadi salah satu aset wisata di Kota Tegal yang maka dari itu terus dilakukan pengembangan daerah wisata. Saat ini, Pantai Alam Indah telah dilengkapi beberapa wahana sebagai daya tarik buatan seperti spot foto, gazebo, jembatan, perkemahan, dan juga dimanfaatkan masyarakat untuk melakukan kegiatan usaha. 

Selain objek wisata alam yang sangat menarik dan tentunya terkenal, Kota Tegal juga mempunyai objek wisata lain yang talah menarik salah duanya yaitu wisata buatan dan wisata budaya. 

Adapun, wisata buatan yang terkenal adalah objek wisata Air Gerbang Mas Bahari Waterpark, Rita Park, Sulaku Bumijaya Park, dan masih banyak lainnya.Warisan budaya di Kota Tegal juga sayang untuk dilewatkan mulai dari Batik Tegal, Tradisi Tari Topeng Endel, Wayang Golek Cepak Tegalan, Balo-balo, dan Pawai Rolasan atau muludan

Baca juga: Penyelamatan Hutan Bersama LindungiHutan di Awi Poleng Bandung (2022)

Abrasi di Pantai Alam Indah

Lokasi Pantai Alam Indah Tegal
Lokasi penghijauan di Pantai Alam Indah Kota Tegal. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Di balik panoramannya yang indah, abrasi masih terus menjadi masalah di Pantai Alam Indah. Jika dibiarkan, maka daratan di sekitar pantai akan hilang terkikis banjir rob. Belum lagi, beberapa masyarakat melakukan konversi lahan menjadi tambak sehingga turut memperburuk kondisi lingkungan.

Banjir rob melanda Pantai Alam Indah semenjak tahun 2000. Datang dengan ketinggian 50-70 cm dan diperburuk dengan rusaknya ekosistem mangrove karena penebangan liar. Total kini hampir 3 kilometer luas yang hilang. Adanya abrasi juga mengakibatkan air yang diminum jadi payau. 

Pohon Cemara Laut untuk Pantai Alam Indah

Kenapa cemara laut? Pohon ini memiliki daya tahan yang sangat baik terhadap air laut dan menyimpan banyak manfaat. Manfaat tersebut antara lain, dapat menyejukkan wilayah pantai, mencegah degradasi lahan akibat abrasi, menyuburkan tanah, mengurangi dampak banjir di pemukiman, meningkatkan area tutupan hijau, membantu pengurangan emisi karbon hingga dapat membentuk daratan baru.

 Pohon cemara laut juga tergolong mempunyai pertumbuhan yang cukup cepat sekitar 3 atau 4 tahun, keuntungan ini bisa mempercepat sabuk hijaunya pantai. Untuk penanaman pohon cemara laut, paling pas ditanam di musim hujan karena pohon ini memerlukan banyak air untuk tumbuh besar. 

Program Penghijauan untuk Pantai Alam Indah

Pada tahun 2020, LindungiHutan berkolaborasi dengan masyarakat setempat berupaya melakukan penanaman pohon cemara laut. Salah satu warga masyarakat sekitar Pantai Alam Indah yang turut berkontribusi dalam penanaman pohon cemara laut, bakau, dan ketapang dengan sukarela adalah Riyanto. Ia juga tergabung dalam paguyuban penyelamatan lingkungan. 

Riyanto mengaku bahwa awal mula keterlibatannya dalam penanaman pohon karena melihat dengan mata kepalanya sendiri abrasi yang terjadi beserta sederet permasalahan lainnya. Hal itulah yang kemudian mengetuk pintu hati seorang Riyanto untuk ikut berkontribusi menghijaukan kembali bumi! 

Hingga Juli 2023, di Pantai Alam Indah sudah dilakukan 6 kampanye alam, sebanyak 2.025 pohon tertanam pada luasan 0,2 ha, dan 525,8 kg CO2 ekv terserap. Dalam kampanye tersebut melibatkan 223 dan Riyanto turut membantu dalam program penghijauan ini. Berikut, 3 contoh inisiatif penghijauan yang dilakukan di Pantai Alam Indah.

Baca juga: Menjaga Kelestarian Hutan Desa Kembang, Wonogiri Segenap dengan Makhluk Hidup di Sekitarnya

1. CSR Pertamina TBBM Tegal

Bersama-sama melakukan penanaman pohon di Pantai Alam Indah Kota Tegal.
Salah satu program kampanye alam LindungiHutan bersama Pertamina menanam 1.000 bibit cemara laut di Pantai Alam, Kota Tegal. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

PT Pertamina adalah perusahaan BUMN yang bertugas untuk mengelola penambangan minyak dan gas bumi di Indonesia. Perusahaan ini menaruh prioritasnya terhadap kelestarian lingkungan, keanekaragaman sumberdaya alam, dan kesejahteraan masyarakat. Seperti Pertamina TBBM Tegal yang senantiasa memberikan dampak baik bagi kelestarian lingkungan dan masyarakat.

Sebagai bentuk tanggung jawab sosial dan lingkungan Pertamina TBBM Tegal, perusahaan ini bekerja sama dengan LindungiHutan dalam program CSR lingkungan. Kerja sama tersebut mengadirkan sebuah kampanye alam bertajuk “Penanaman Bersama Pertamina TBBM Tegal“.

Dalam kampanye tersebut, Pertamina TBBM Tegal sukses mengumpulkan dan menanam sebanyak 1.037 pohon cemara laut pada 20 Desember 2019.

2. KadoBumi – Supriyanto

Supriyanto adalah seorang karyawan di salah satu BUMN Indonesia. Ia berasal dari Kota Sragen, namun saat ini dirinya berdomisili di Kota Tegal, Jawa Tengah. Supriyanto menyadari akan kondisi lingkungannya yang cukup memprihatinkan. Di sekitarnya, banyak orang gemar menanam beton namun enggan menanam pohon.

Bagi sebagian orang, hari ulang tahun biasanya dirayakan sebagai rasa syukur atas kenikmatan yang telah Tuhan berikan. Tidak terkecuali Supriyanto, dirinya memperingati hari ulang tahunnya dengan cara memberikan manfaat bagi lingkungan.

Pada ulang tahun yang ke-25, Supriyanto bersama LindungiHutan menginisiasi sebuah kampanye alam yang bertajuk “plant trees for Supri’s 25nd birthday“. Supriyanto mengajak seluruh keluarga, teman, dan orang-orang secara luas untuk berdonasi di kampanye tersebut. Pada tanggal 27 Juli 2021, Supriyanto berhasil mengumpulkan sebanyak 152 pohon cemara laut yang ditanam di Pantai Alam Indah.

3. LISANESA

LISANESA adalah salah satu fanbase Lisa dari Indonesia. Lalisa atau kerap disapa Lisa, adalah anggota dari idol group bernama BLACKPINK asal Korea. Dalam rangka memperingati hari ulang tahun Lisa ke-24, LISANESA menggandeng LindungiHutan mengadakan sebuah program penghijauan untuk lingkungan.

Oleh karena itu, LISANESA mengajak seluruh penggemar Lisa dan BLACKPINK turut serta dalam kampanye alam bertajuk “327 POHON UNTUK LALISA”. Karena antusias yang begitu besar dari seluruh penggemar, LISANESA akhirnya berhasil mengumpulkan 585 pohon cemara laut. Pada 28 Agustus 2021, sebanyak 585 pohon cemara laut ditanam di Pantai Alam Indah, Kota Tegal.

Baca juga: Mangrove vs Lumpur di Kampung Laut Cilacap (2022)

Yuk jalin kerja sama dengan LindungiHutan! Dan dukung gerakan penghijauan untuk lestarikan Pantai Alam Indah! 

Rawat Bumi LindungiHutan