Connect with us

Hutanpedia

9 Manfaat Rotan Yang Belum Kamu Ketahui

Published

on

Mengenal rotan dan manfaatnya.

Apakah kamu tahu pepatah “tidak ada kayu, rotan pun jadi”? Pernah mendengarkannya bukan? Lantas, tahukah kamu jika ada ratusan jenis rotan yang ada di Indonesia?

Yup, ternyata di Indonesia terdapat lebih dari 300 jenis rotan! Banyak juga ya!!!  Sayangnya hanya 51 jenis yang sudah dimanfaatkan, sisanya belum dimanfaatkan secara maksimal.

Rotan sendiri paling banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku furniture pengganti kayu, karena dinilai lebih ringan, kuat, dan elastis jika dibentuk. Selain sebagai bahan baku furniture, banyak manfaat rotan lainnya yang perlu kita ketahui, apa saja? Yuk simak penjelasan berikut ini!

Apa itu Rotan?

Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan rotan?
Sering mendengarnya, tetapi apa sebenarnya rotan itu?

Rotan berasal dari bahasa Melayu yang artinya sekumpulan jenis tanaman palmae yang tumbuh memanjat. Rotan diturunkan dari kata “raut” yang artinya menguliti atau menghaluskan.

Menurut Uhl dan Diansfield tahun 1987, taksonomi rotan diklasifikasikan sebagai berikut:

KingdomPlantae
DivisiSpermatophyta
KelasAngiospermae
Anak kelasMonocotyledoneae
BangsaArecales
SukuArecaceae
Anak SukuCalamoideae
TribusCalameae
MargaCalamus/Daemonorops
SpesiesCalamus spp; Daemonorops spp.
Tabel taksonomi rotan.

Baca juga: Pohon Oak: Pohon Tua yang Langka di Indonesia (2022)

Apa Ciri-ciri dari Rotan?

Gambar pohon rotan.
Pohon rotan jika dilihat dari dekat.

Pengelompokan jenis rotan didasarkan pada karakteristik morfologi organ tanaman yaitu akar, batang, daun, bunga, buah, dan bijinya. Akar rotan termasuk akar serabut, bentuknya rumit tidak beraturan.

Rotan memiliki batang bulat memanjang seperti silinder dan memiliki duri. Uniknya diameter batang rotan hanya sebesar ibu jari tangan/kaki, namun panjangnya hingga mencapai 100 meter. Batang rotan berwarna hijau, beruas-ruas dibatasi oleh buku-buku.

Rotan termasuk berdaun majemuk. Daunnya menutupi permukaan ruas batang yang tumbuh pada buku-buku. Ujung daunnya meruncing dan bagian tengahnya melebar.

Bunga rotan berukuran relatif kecil dan berwarna hijau, coklat, dan krem. Bunga rotan terbungkus seludang (spatha), jika seludang terbuka maka bunga jantan siap dibuahi.

Buah rotan memiliki warna yang berbeda-beda setiap jenisnya, untuk jenis Calamus berwarna kuning kecoklatan, Daemonorops coklat kemerahan, dan Korthalsia berwarna coklat muda.

Buah rotan berbentuk seperti bulat telur dan lonjong. Buah rotan memiliki sisik berwarna coklat putih, hitam, merah tergantung pada jenisnya.

Habitat dan Persebaran Rotan

Banyaknya jenis rotan di dunia, ternyata marga Calamus adalah rotan yang paling banyak persebarannya. Rotan ini tersebar dari Afrika Barat hingga Kepulauan Fuji dan Cina Selatan hingga Selandia Baru.

Di Asia Tenggara ada 11 marga rotan yang ditemukan, yaitu Calamus, Daemonorops, Korthalsia, Bejaudia, Calosphata, Ceratolobus, Plectocomia, Plectocomiopsis, Myrialepis, dan 2 marga lainnya belum dipublikasi. Rotan menyebar di seluruh pulau di Indonesia, mulai dari Sumatera hingga Papua.

Rotan dapat hidup pada ketinggian 0–2900 mdpl. Rotan mampu tumbuh di rawa, tanah kering, dataran rendah, dataran tinggi/pegunungan, serta tanah berpasir. 

Jenis tanah yang dapat ditumbuhi rotan adalah aluvial, regosol, dan latosol. Rotan dapat hidup pada daerah dengan curah hujan 2000–4000 mm.

Apa Saja Manfaat dari Rotan?

Ada berbagai macam manfaat rotan.
Rotan memiliki banyak manfaat, mulai dari untuk perekonomian, kesehatan, hingga industri.

Setiap bagian dari rotan, memiliki manfaat yang berguna bagi manusia. Manfaat utama dari rotan digunakan sebagai bahan baku furniture, tetapi ada manfaat lain yang mungkin belum kamu ketahui, Berikut 9 manfaat rotan yang perlu diketahui!

1. Manfaat Rotan yang Pertama sebagai Sumber Devisa Negara

Indonesia adalah negara penghasil rotan terbesar di dunia. Indonesia menguasai 80% pasar rotan dunia. Dilansir dari laman Kompas.com nilai ekspor furniture berbahan baku rotan menembus USD 67,67 juta atau setara dengan Rp967,6 miliar pada tahun 2021.

Rotan penghasil jernang merupakan jenis unggulan yang tumbuh di Jambi. Rotan ini dilapisi resin berwarna merah yang memiliki nilai jual tinggi. Harganya di tingkat petani sebesar Rp 4000-6000 per kg, sedangkan di pasar internasional resin ini dijual dengan harga US$800 per kg.

2. Desa Wisata

Seperti kita ketahui, rotan banyak dibuat sebagai kerajinan tangan, seperti piring, anyaman untuk wadah, hiasan, dan lainnya. Salah satu desa di Indonesia, Desa Trangsan di Kabupaten Sukoharjo menjadi pusat mebel rotan sejak tahun 1940 an.

Tahun 2008, desa ini mengalami penurunan dalam perekonomian. Kemudian, pada tahun 2015 muncullah gagasan menjadi desa wisata. Desa wisata ini bukan hanya menjual produk dari anyaman rotan melainkan memberikan edukasi tentang kerajinan rotan.

3. Pencegah Rambut Rontok

Air pada batang rotan mengandung nutrisi yang diperlukan rambut. Kandungan protein pada air rotan dapat memperbaiki rambut rusak dan meningkatkan kesuburan rambut.

Berdasarkan penuturan salah satu informan La Ode Sudia (seorang tabib) pada penelitian Sarwiana et al 2016, air rotan dapat diambil secukupnya lalu dioleskan ke kepala.

4. Manfaat Rotan Berikutnya, Menghaluskan Kulit Tubuh

Selain wajah, kulit tubuh juga memerlukan perawatan. Air rotan dipercaya dapat menghaluskan dan membersihkan kulit tubuh. Air rotan digunakan untuk berendam kurang lebih selama 15 menit. Lakukan secara rutin dan hasilnya dapat dilihat beberapa minggu kemudian.

5. Obat Hepatitis dan Malaria

Akar rotan yang kasar digunakan sebagai obat penyakit kuning / hepatitis. Akar ini dicuci hingga bersih kemudian direbus. Air rebusan akar rotan dikonsumsi dengan takaran satu gelas setiap harinya.Menurut Pak Uliansyah (mantan pembekal) pada penelitian pada penelitian Sarwiana et al 2016, pucuk rotan yang rasanya pahit dapat dimakan sebagai obat penyakit malaria. Beliau juga mengatakan bahwa semua jenis tumbuhan yang rasanya pahit dapat digunakan sebagai obat penyakit malaria.

6. Obat Melahirkan dan Keputihan Pada Wanita

Berdasarkan wawancara kepada masyarakat yang dilakukan oleh Andriani et al 2010, jenis tumbuhan obat winami atau yang biasa dikenal sebagai “rotan kecil di tanah” dapat digunakan sebagai obat setelah melahirkan dan keputihan pada wanita. Akar winami direbus dan air rebusannya diminum.

7. Obat Pendarahan Luka

Oleh Suku Anak Dalam, getah jernang berasal dari jenis Daemonorops draco dimanfaatkan untuk menghentikan pendarahan saat luka. Selain itu getahnya digunakan sebagai bahan baku obat-obatan yang memiliki nilai jual tinggi.

8. Pembatas Kebun / Ladang

Masyarakat Kutai Kalimantan Timur menggunakan rotan sebagai pembatas kebun atau ladang. Secara adat di Kalimantan Timur, kebun rotan merupakan identitas layaknya seperti sertifikat kepemilikan tanah, agar membedakan dengan ladang milik orang lain atau warga pendatang.

9. Pengganti Fiber Glass

Pemanfaatan rotan paling banyak pada batangnya saja, kulit rotan seringkali terbuang secara percuma. Menurut penelitian Monavita 2014, nanopartikel kulit rotan layak digunakan sebagai pengganti serat sintetis fiberglass. Fiberglass biasa digunakan sebagai pembuatan komponen Fan Cover Comp pada sepeda motor.

Baca juga: Pohon Sonokeling: Klasifikasi, Ciri-Ciri, Manfaat, dan Cara Budidaya (2022)

Itulah 9 manfaat dari rotan yang perlu diketahui. Indonesia sangat membutuhkan penelitian-penelitian terkait pemanfaatan rotan, mengingat banyaknya jenis rotan yang belum dimanfaatkan secara maksimal. Semoga artikel ini menambah pengetahuan bagi kamu yaa!

FAQ

Apa itu rotan?

Rotan berasal dari bahasa Melayu yang artinya sekumpulan jenis tanaman palmae yang tumbuh memanjat. Rotan diturunkan dari kata “raut” yang artinya menguliti atau menghaluskan.

Apa ciri-ciri rotan?

Rotan memiliki batang bulat memanjang seperti silinder dan memiliki duri. Uniknya diameter batang rotan hanya sebesar ibu jari tangan/kaki, namun panjangnya hingga mencapai 100 meter. Batang rotan berwarna hijau, beruas-ruas dibatasi oleh buku-buku.

Penulis: Ana Salsabila

Mari Berkolaborasi Bersama untuk Membuat Dampak Kebaikan bagi Hutan dan Masyarakat Indonesia

LindungiHutan adalah startup yang bertujuan untuk mempermudah program hijau yang transparan dan bermanfaat secara berkelanjutan. Kami telah dipercaya 300+ mitra hijau dari UMKM, perusahaan, startup dan multinational corporations sebagai rekan bisnis mereka.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sedekah Pohon LindungiHutan