Connect with us

Mitra Hijau

900 Pohon Mangrove Persembahan Segara Naturals untuk Cilacap

Published

on

Segara Naturals menanam 900 mangrove di Cilacap

Kesadaran masyarakat akan penggunaan produk yang ramah lingkungan kini makin meningkat. Tentu ini menjadi kabar baik bagi kita semua, ketika brand, perusahaan, maupun industri mulai menerapkan praktik usaha yang eco-friendly. Salah satu brand kecantikan asli Indonesia yang mengusung Sustainable beauty product adalah Segara Naturals.

Segara Naturals hadir sebagai bentuk kecintaan terhadap indahnya alam Indonesia. Produk-produk yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan para pecinta alam yang peduli akan kelestarian lingkungannya, yaitu skincare praktis, alami, dan ramah lingkungan.

Kehadiran brand skincare peduli lingkungan seperti Segara Naturals ini bisa menjadi pemicu meningkatnya tren positif yaitu kesadaran konsumen terhadap lingkungan. Mengutip dari laman mediaindonesia.com, Laporan Nielsen, Sustainable Shoppers: Buy the Change They Wish to See in the World menyebut, 81 % konsumen menghendaki kontribusi perusahaan untuk memperbaiki kondisi lingkungan sekitar.

Kesadaran konsumen terhadap tanggung jawab lingkungan ini terutama di kalangan anak muda, millennial (85%) dan gen Z (80%).

Brand Segara Naturals ini bisa menjadi jawaban dari tingginya kesadaran konsumen akan konsen mereka mengenai lingkungan yang dalam hal ini konteksnya berupa produk kecantikan dan perawatan tubuh.

Mengingat, Segara Naturals memberikan alternatif skincare alami yang praktis, multifungsi, dan ramah lingkungan.

Baca juga: Scarlett Whitening Tanam 1.666 Pohon di Pantai Bahagia Bekasi

Mengutip dari laman liputan6.com, lebih dari 90 produk Segara Naturals terbukti minim sampah, hal ini berdasarkan hasil audit dari pihak ketiga. Prinsip minim sampah tersebut juga berlaku untuk operasional perusahaan, di mana Segara Naturals selalu mencari cara untuk mengurangi sampah di semua aspek perusahaan.

Bukan hanya itu, Segara Naturals juga memastikan bahan baku yang dipakai ramah lingkungan. Sebagai contoh, mereka menghindari pemakaian minyak sawit yang banyak mengurangi hutan hujan tropis di Indonesia.

Menggandeng LindungiHutan, Segara Naturals Inisiasi Kampanye Alam “Segara Natural untuk Hijaunya Kampung Laut Cilacap”

Proses penanaman 900 bibit mangrove hasil kerjasama LindungiHutan dan Segara Naturals di Cilacap.
Proses penanaman pohon mangrove di pesisir Kampung Laut, Cilacap, Jawa Tengah oleh mitra penggerak penghijauan LindungiHutan (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Menggandeng LindungiHutan yang memiliki visi dan misi sejalan dengan tujuan Segara Naturals yaitu ingin melestarikan bumi dan menumbuhkan semangat cinta alam pada masyarakat, Segara Naturals menginisiasi kampanye alam untuk membantu penghijauan Kampung Laut Cilacap.

Melalui kampanye alam “Segara Natural untuk Hijaunya Kampung Laut Cilacap”, berhasil mengumpulkan 900 pohon Mangrove Rhizophora yang ditanam di Kampung Laut Kabupaten Cilacap pada 4 September 2021.

Penanaman pohon tersebut merupakan bentuk upaya untuk menghijaukan Indonesia sekaligus menjaga kelestarian alam. Langkah Segara Naturals dalam menjaga bumi tampaknya perlu kita ikuti jejaknya. 

Bersama-sama kita wariskan yang terbaik untuk generasi penerus bangsa. Jangan sampai generasi mendatang tak mengetahui betapa besar potensi dan keindahan alam yang kita miliki.

Baca juga: CoreNation Tanam Mangrove di Demak untuk Cegah Abrasi dan Banjir Rob di Pantai Utara Jawa Tengah

Segara Naturals Menanam 900 Pohon Mangrove di Pesisir Kampung Laut, Cilacap, Jawa Tengah

Kampung Laut di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah merupakan gugusan pulau-pulau kecil di Segara Anakan yang membentuk beberapa desa. Di Kampung Laut terdapat Kawasan Wisata Arboretum Mangrove “Kolak Sekancil” yang memiliki berbagai koleksi tanaman mangrove.

Foto lokasi penanaman mangrove bersama Segara Naturals di Cilacap, Jawa Tengah.
Foto tempat penanaman mangrove hasil kerjasama LindungiHutan dan Segara Naturals di Cilacap, Jawa Tengah (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Total, di Kolak Sekancil ini terdapat 50 jenis pohon mangrove atau bakau yang teridentifikasi. Sementara itu, sudah lebih dari 1,2 juta pohon ditanam dalam kurung waktu 10 tahun terakhir di Kolak Sekancil. Jumlah tersebut membuat Kolak Sekancil menjadi kawasan mangrove terlengkap se-Indonesia.

Selain itu, Kawasan wisata ini juga menjadi rumah bagi 64 jenis burung, 8 jenis mamalia, dan 3 jenis reptile. Selain itu, terdapat pula 2 spesies flora dan 12 fauna dengan status konservasi tinggi.

Belakangan ini, tanaman mangrove yang ada di wilayah Kampung Laut mulai rusak, pantainya banyak terkikis gelombang, dan populasi biota lautnya berkurang. Hal ini akan merugikan penduduk sekitar pantai karena pendapatan mereka jadi berkurang apalagi ditambah adanya ancaman banjir air laut.

Baca juga: Hino Finance Indonesia Gelar Penanaman 2.000+ Mangrove di Jakarta dan Tangerang

Maka dari itu, Segara Naturals bersama LindungiHutan menanam 900 pohon Mangrove Rhizophora untuk merestorasi lingkungan setempat. Pohon bakau diketahui menyimpan banyak manfaat seperti:

  • Menyediakan nutrisi bagi makhluk hidup,
  • Menjernihkan air dan menjaga salinitas garam,
  • Menyediakan berbagai kebutuhan obat tradisional,
  • Mencegah abrasi dan erosi tanah.

Dengan adanya kampanye alam dan penanaman pohon yang digagas oleh Segara Naturals ini, harapannya akan memberikan manfaat bagi lingkungan dan masyarakat setempat. Semoga 900 pohon mangrove yang telah ditanam dapat menyerap emisi karbon dengan efektif dan juga menyelamatkan pesisir dari bencana abrasi.

Jalin Kerjasama untuk Meningkatkan Kesadaran Pelanggan Terhadap Kelestarian Hutan dengan Mudah dan Berkelanjutan

LindungiHutan bermitra dengan 40+ penggerak penghijauan, kelompok peduli lingkungan dan masyarakat sekitar kawasan penanaman pohon untuk memudahkan brand, bisnis, perusahaan dan multinational corporations menjalankan program hijau dengan mudah.

Muhamad Iqbal adalah SEO content writer di LindungiHutan dengan fokus pada tulisan-tulisan lingkungan, kehutanan dan sosial.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *