Connect with us

Mitra Hijau

Rentique Hijaukan Gunung Salak dengan Menanam 1.118 Pohon Trembesi

Published

on

Rentique Hijaukan Gunung Salak dengan Menanam 1.118 Pohon Trembesi.

Di era derasnya tingkat konsumsi masyarakat, Rentique hadir sebagai perusahaan platform digital beli dan sewa item fesyen koleksi desainer internasional maupun lokal. Penyewaan pakaian bisa dimulai dari harga Rp80.000 selama 4 hari.

Rentique mengusung gerakan sustainable fesyen dan mindfull spending dalam berbelanja, di mana saat ini telah memiliki lebih dari 5.000 koleksi milik 500+ desainer

Terobosan yang dilakukan oleh Rentique merupakan jawaban dari fakta bahwa rata-rata perempuan membuang 37 Kg pakaian per tahun, dan itu membuat industri ritel menjadi pencemar terbesar ke dua di dunia setelah minyak menduduki peringkat pertama.

Sementara itu, mengutip dari laman lifestyle.bisnis.com, dalam riset yang dilakukan oleh Rentique, lebih dari 80% penggemar fesyen Indonesia memilih berbelanja produk fast fashion karena harga yang lebih terjangkau dibandingkan koleksi desainer. Sayangnya, produk yang dipilih tersebut hanya digunakan beberapa kali.

Baca juga: Program CSR Bank Mega Syariah Tanam 100 Pohon di Jakarta

Survei lainnya yang dilakukan oleh Rentique kepada 500 responden di usia 24-35 tahun, menunjukkan bahwa 68% perempuan mengeluarkan Rp1,5 juta untuk produk fast fashion setiap bulannya.

Perilaku membeli pakaian secara terus-terusan akan menimbulkan limbah tekstil yang terproduksi, dan jasa penyewaan pakaian bisa menjadi solusi akan permasalahan tersebut.

Rentique Menanam 1.118 Pohon di Lereng Gunung Salak, Bogor untuk Menjaga Kelestarian Alam

Relawan LindungiHutan Bogor dan pemuda-pemudi peduli lingkungan sedang berkumpul di lereng Gunung Salak-Endah untuk penanaman Rentique Indonesia.
Relawan LindungiHutan Bogor dan pemuda-pemudi peduli lingkungan sedang berkumpul di lereng Gunung Salak-Endah sebelum penanaman pohon dilaksanakan (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Sebagai platform digital beli dan sewa fesyen yang sustainable, Rentique berkomitmen untuk ikut berpartisipasi dalam menjaga kelestarian alam melalui praktik usaha yang dijalankannya. Praktik tersebut diwujudkan lewat beberapa hal berikut.

Hingga saat ini, Rentique menggandeng mitra binatu terpercaya dengan menggunakan bahan-bahan yang tidak beracun. Selain itu, selama melakukan pengiriman pakaian, packaging yang digunakan dapat dipakai kembali dari waktu ke waktu, sehingga mengurangi jumlah sampah. Rentique juga memutuskan untuk tidak menggunakan bulu asli dan kulit binatang dalam koleksi pakaian yang dimilikinya.

Di luar dari praktik usaha tersebut, Rentique juga membuktikan komitmennya terhadap kelestarian alam melalui tindakan penghijauan. Bersama LindungiHutan, Reqtique menggagas kampanye alam bertajuk “#RantiquePeduliGunungSalak”.

Melalui kampanye alam tersebut Rentique menggunakan 3% keuntungan yang didapatkan untuk melakukan penghijauan wilayah Gunung Salak. Total telah terkumpul 1.118 pohon trembesi yang kemudian ditanam di Gunung Salak Endah, Bogor pada 9 Januari 2022.

Langkah Rentique dalam mengembalikan ekosistem Kawasan Hutan Gunung Salak yang rusak akibat deforestasi patut kita apresiasi bersama. Rusaknya lingkungan atas nama pembangunan, pembukaan lahan, maupun alasan-alasan lainnya sudah semestinya ditebus dengan usaha yang setimpal. Penanaman pohon kembali jadi jalan termudah yang bisa kita lakukan bersama.

Baca juga: Terra Beaute Menanam Ratusan Pohon Mangrove di Semarang

Cerita di Balik Kondisi Ekologi Gunung Salak-Endah, Bogor, Jawa Barat

Gunung Salak Endah terletak di Kecamatan Pamijahan sebelah Barat Kabupaten Bogor, jarak tempuhnya kurang lebih 40 Km dari Kota Bogor. Kondisi Gunung Salak Endah masih alami, sejuk, dan udaranya segar sehingga dimanfaatkan sebagai tujuan wisata. Kawasan wisata Gunung Salak Endah terdiri dari Curug Cigamea, Curug Ngumpet, Air Panas Lokapurna, Curug Seribu dan Kawah Ratu yang dikelola oleh Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS).

Kendati demikian, kesejukan dan hijaunya Pegunungan Salak makin hari semakin terkikis seiring menjamurnya pembukaan lahan untuk bangunan permanen maupun tujuan wisata lainnya. Oleh karena itu, Rentique bersama LindungiHutan lewat kampanye alam yang diinisiasi melakukan penanaman 1.118 pohon trembesi.

Pemilihan pohon trembesi mengacu kepada manfaat yang disimpannya. Manfaat tersebut antara lain:

  • Menurut Dr. Ir. H. Endes N. Dahlan, Dosen Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor, pohon trembesi memiliki daya serap CO2 yang sangat tinggi. Bahkan satu pohon trembesi dapat menyerap hingga 28,5 ton gas CO2 per tahunnya dengan diameter tajuk 15 meter.
  • Pohon trembesi penyerap timbal yang baik,
  • Manfaat pohon trembesi daunnya baik untuk dijadikan kompos,
  • Pohon trembesi cocok dijadikan pohon pelindung,
  • Sebagai tempat peristirahatan burung,
  • Daun trembesi dapat dimanfaatkan sebagai Antibakteri,
  • Mengobati flu,
  • Biji trembesi bisa diolah menjadi selai,
  • Daun trembesi juga bisa untuk pakan ternak

Baca juga: ReStep x LindungiHutan: Bersepeda Sambil Menanam 2.021 Pohon Bersama

Semoga besarnya manfaat yang dimiliki pohon trembesi akan memberi kebaikan kepada alam maupun masyarakat setempat. Selain itu, dedikasi Rentique dalam mengembalikan ekosistem Kawasan Gunung Salak harapannya akan menginspirasi banyak pihak untuk ikut bersama-sama menghijaukan Indonesia.

Mulai Jalin Kerjasama untuk Kelestarian Hutan Indonesia yang Mudah, Transparan dan Berkelanjutan

LindungiHutan bertujuan untuk memudahkan UMKM, bisnis dan perusahaan untuk menjalankan program penghijauan yang mudah. Kami bermitra dengan 40+ petani bibit dan kelompok masyarakat peduli hutan untuk memastikan langkah hijau Anda berjalan lancar.

Muhamad Iqbal adalah SEO content writer di LindungiHutan dengan fokus pada tulisan-tulisan lingkungan, kehutanan dan sosial.

Sedekah Pohon LindungiHutan