Connect with us

Bisnis Lestari

Sustainable Product: Pengertian, Manfaat, dan Contohnya

Published

on

Sustainable product pengertian manfaat dan contohnya

Permasalahan lingkungan itu tanggung jawab bersama. Bukan lagi saatnya untuk saling menyalahkan siapa yang salah dan siapa yang benar. Seharusnya, mulai berpikir usaha apa yang bisa dilakukan untuk mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan?

Perlahan, tren ramah lingkungan mulai diterapkan pada sektor-sektor industri. Banyak perusahaan mengeluarkan produk ramah lingkungan atau sustainable product untuk menjaga kelestarian alam. Manfaatnya pun dirasa baik bagi sekitar.

Apa yang Dimaksud Dengan Sustainable Product?

Apa itu sustainable product
Sustainable product itu apa yaaa?

Sustainable product adalah barang ramah lingkungan yang dalam proses produksi maupun konsep bisnisnya dengan tidak mengabaikan isu-isu lingkungan yang terjadi. 

Bisa dikatakan, sustainable product menjadi alternatif dari produk yang sudah ada tetapi belum ramah lingkungan. 

Sustainable product mengkampanyekan produk yang ramah lingkungan. Biasa dikenal sebagai eco-friendly. Mulai dari pemilihan bahan baku hingga proses pengemasannya, bahkan ketika produk sudah tidak layak pakai tidak membahayakan lingkungan sekitar.

Baca juga: Pengertian Green Beauty dan Blue Beauty, Ciri, Perbedaan dan Contohnya

Infografis sustainable product.
Infografis tentang sustainable product oleh LindungiHutan.com

Manfaat Menggunakan Sustainable Product

Manfaat sustainable product untuk lingkungan dan manusia
Kenapa kita harus pilih produk ramah lingkungan?

Produk ramah lingkungan banyak dilirik masyarakat luas sekarang ini. Mereka yang menggunakan sustainable product, dinilai memberikan banyak manfaat bagi pengguna dan lingkungan. Nah, apa aja sih manfaat dari sustainable product?

  • Mengurangi limbah sampah,
  • Mengurangi pencemaran lingkungan,
  • Mengurangi emisi,
  • Bebas dari bahan kimia berbahaya bagi tubuh,
  • Aman bagi kesehatan.

Setelah mengetahui manfaat dari sustainable product, selanjutnya kita akan bahas mengenai contoh-contoh dari produk tersebut.

Contoh Sustainable Product di Bidang Design

Contoh sustainable product bidang design
Berikut ini ada beberapa contoh sustainable product yang barangkali bisa kamu ikut gunakan.

Desain merupakan proses awal dari pembuatan sebuah produk. Semua melewati tahap perencanaan berikutnya dianalisis dari nilai estetika hingga fungsi sebelum diwujudkan menjadi sebuah barang secara nyata. 

Sebuah produk dirancang agar menarik minat konsumen, entah melihat dari keindahannya atau kegunaan untuk sehari-hari. Dikutip dari Nextgen, berikut 3 contoh sustainable product di bidang desain:

1. Plastik Biodegradable

Plastik merupakan barang yang sering digunakan oleh manusia di seluruh dunia.  Menurut Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, penggunaan plastik di Indonesia sudah pada tahap meresahkan. Sampah plastik yang dibuang ke sungai, menyumbat saluran air sehingga mengakibatkan banjir. 

Penggunaan plastik atau kresek sebetulnya mencemari lingkungan. Pasalnya, plastik membutuhkan waktu puluhan tahun untuk bisa terurai. 

Para ilmuwan terus berusaha memikirkan langkah alternatif yang bisa mengurangi dampak negatif dari plastik. Maka dari itu, terciptanya plastik biodegradable atau bioplastik. Plastik terbuat dari bahan dasar alami seperti pati, lemak, dan selulosa. 

Sayangnya, harga plastik biodegradable lebih mahal dibanding plastik biasa. Karena proses produksinya masih terbilang jarang dan belum berkembang luas.

2. Grow It Yourself Helmet

Helm yang dapat didaur ulang dan dapat dibuat kompos. Aksesoris keselamatan satu ini mengedepankan prinsip berkelanjutan dan keamanan dari desain produknya. Terbuat dari miselium (bagian vegetatif dari jamur) dan jerami. 

Helm karya Diego Mata dan tim NOS desain, menyatakan bahwa helm ini terbuat dari bahan dasar miselium dan jerami, 100% kompos, breathable, dan tahan benturan. Desain helm yang ramah lingkungan sehingga mengurangi biaya pada proses produksi dan mengurangi penggunaan plastik.

3. Pakaian Biodegradable

Dulu, kain diproduksi kain mengedepankan kualitas bukan kuantitas. Berbeda dengan kondisi sekarang, produk fast fashion menjadi raja untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup saat ini.

Pegiat fashion perlahan menerapkan konsep ramah lingkungan dalam pembuatan produk pakaian. Mereka membuat produk dari material alami yang mudah didaur ulang atau membuat pakaian dari bahan kain yang dapat terdegradasi dengan baik, seperti katun organik, linen, sutra, jute, dan masih banyak lagi.

Contoh Sustainable Product di Bidang Fashion

Contoh sustainable product bidang fashion
Ternyata, ada loh produk ramah lingkungan di dunia fashion

Produk fast fashion menjadi salah satu penyebab kerusakan pada bumi saat ini. Model fashion silih berganti dalam waktu cepat membuat sampah-sampah tekstil menumpuk, sayangnya tidak bisa terurai dengan cepat.

Konsep ramah lingkungan, banyak digandrungi oleh desainer brand-brand fashion di Indonesia. Mereka mengenalkan produk yang mudah didaur ulang, tentunya berkelanjutan. Kenalan yuk dengan brand fashion yang membuat sustainable product di dalam bisnisnya!

1. Sejauh Mata Memandang

Konsep sustainability product mulai merambah ke industri fashion seperti yang dijalani oleh brand Sejauh Mata Memandang. 

Sejauh Mata Memandang adalah brand fashion yang mengusung tema batik. Menariknya mereka menerapkan slow fashion pada kegiatan produksinya. 

Bagi kalian yang belum tau, slow fashion adalah konsep bisnis yang didasari pada proses produksi dan pemakaian pakaian dalam jangka waktu yang lama, berkualitas tinggi. Pastinya, berdasar pada konsep sustainability dan kelestarian lingkungan.

Pemilik Sejauh Mata Memandang, Chitra Subyakto, menerangkan bahwa proses produksi pakaian hanya setahun dua kali. Bahan baku pembuatan batik dari tekstil daur ulang limbah pra konsumsi yang diolah kembali menjadi baru.

2. Pijakbumi

Sama halnya pakaian, sepatu kini menjadi bagian dari lifestyle dengan peminat banyak. Pijakbumi adalah brand sepatu asal Bandung, menekan konsep ramah lingkungan pada setiap pembuatan produknya.

Pijak bumi menggunakan bahan baku ramah lingkungan. Seperti eceng gondok, batok kelapa, serat kenaf hingga kapas daur ulang. 

Ada kualifikasi khusus terhadap bahan dasar yang digunakan. Seperti contoh, penggunaan kanvas organik yang terbuat dari kapas. Kapas ditanam tanpa pestisida di dalamnya, selain itu memastikan ketersediaan air di lingkungan tersebut.

Gaya desain Pijakbumi terinspirasi dari desain Jepang yang estetis, minimalis, dan fungsional. Pijak bumi memang menarik dari segi material hingga desain. Terbukti pada pameran alas kaki MICAM Milano tahun 2020 silam di Italia, mereka menjadi perwakilan satu-satunya brand asal Indonesia bahkan Asia Tenggara.

3. Lakanua

Memang Bandung tak henti-hentinya melahirkan bisnis-bisnis hebat. Lakanua, brand asal bandung yang bergerak pada industri jam tangan. 

Mereka memanfaatkan limbah kayu sebagai bahan dasar pembuatan kepala jam. Tak hanya itu, lakanua memproduksi jam tangan dari material lain seperti semen, logam, resin, hingga batu granit. Uniknya, bagian strap atau tali jam tangan dibuat dari kain tenun ikat khas Jepara. 

Bagi penggemar aksesoris jam tangan, kalian bisa memakai jam tangan ini baik laki-laki maupun perempuan alias unisex.

Baca juga: Greenwashing, Strategi Green marketing yang Harus Dihindari

Sekarang ini sudah banyak sustainable product di lingkungan sekitar kita. Diharapkan, kita dapat beralih pada produk ramah lingkungan sehingga mengurangi penumpukan limbah sampah yang sulit terurai. Jangan diam saja, yuk lakukan aksi!

FAQ

Apa pengertian dari sustainable product?

Barang ramah lingkungan yang dalam proses produksi maupun konsep bisnisnya dengan tidak mengabaikan isu-isu lingkungan yang terjadi.

Apa manfaat sustainable product?

Mengurangi limbah sampah, mengurangi pencemaran lingkungan, mengurangi emisi, bebas dari bahan kimia berbahaya bagi tubuh, aman bagi kesehatan.

Ana Salsabila adalah Junior SEO Content Writer di LindungiHutan yang berpengalaman dalam penulisan artikel tentang lingkungan dan kehutanan.

Continue Reading
1 Comment

1 Comment

  1. Rehoboth

    15/04/2023 at 16:21

    Awesome post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sedekah Pohon LindungiHutan