Connect with us

Mitra Hijau

Kolaborasi Penghijauan BCA Syariah dan LindungiHutan Tanam 1.000 Mangrove di Semarang

Published

on

BCA Syariah tanam mangrove

PT. Bank BCA Syariah merupakan lembaga perbankan syariah dibawah naungan Bank Central Indonesia pada tahun 2009. Kemudian, BCA Syariah resmi beroperasi sejak tanggal 5 April 2010. BCA Syariah mencanangkan menjadi pelopor dalam industri perbankan syariah yang memberikan layanan di bidang penyelesaian pembayaran, penghimpunan dana, dan pembiayaan bagi bisnis maupun perseorangan.

Sebagai perusahaan induk dan pemegang saham mayoritas, BCA memberikan kemudahan transaksi yang bisa dimanfaatkan oleh nasabah BCA Syariah pada jaringan cabang BCA mulai dari pengiriman uang hingga tarik tunai tanpa dikenakan biaya tambahan. 

Sampai saat ini BCA Syariah memiliki puluhan jaringan cabang yang tersebar di wilayah Jabodetabek, Yogyakarta, Semarang, Solo, Surabaya, Malang, Pasuruan hingga Makassar.

Dalam praktik bisnisnya, BCA Syariah senantiasa berkomitmen untuk memberikan manfaat kepada masyarakat serta memprioritaskan upaya perlindungan dan pelestarian lingkungan. Hal tersebut diwujudkan kolaborasinya bersama LindungiHutan untuk turut mengendalikan dampak lingkungan secara signifikan.

Program CSR BCA Syariah Untuk Pesisir Tambakrejo

penanaman mangrove BCA Syariah
Aksi penanaman mangrove BCA Syariah di Tambakrejo, Semarang (Dokumentasi: LindungiHutan).

Pada tahun 2023, BCA Syariah menggandeng LindungiHutan dalam mewujudkan program Environment, Social, dan Governance (ESG) melalui aksi penghijauan. Bersama LindungiHutan, BCA Syariah menginisiasi kampanye alam bertajuk “1000 Pohon untuk Tambakrejo” sebagai kontribusi nyata terhadap pelestarian lingkungan.

Melalui kampanye tersebut, sejumlah 1.000 pohon mangrove berhasil dikumpulkan dan ditanam di Pesisir Tambakrejo Kota Semarang pada tanggal 11 November 2023. Proses penanaman berlangsung lancar dengan melibatkan tim LindungiHutan, Yazid, dan anggota Kelompok CAMAR lainnya. 

Upaya penghijauan yang telah dilakukan oleh BCA Syariah diharapkan dapat memberikan dampak baik kepada lingkungan dan masyarakat. Selain itu, sebagai dukungan dalam aspek keberlanjutan di Pesisir Tambakrejo. 

Dengan adanya penanaman ini Pesisir Tambakrejo semakin terjaga dari kerusakan lingkungan serta meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Melalui kolaborasinya bersama LindungiHutan dapat menginspirasi pihak lain untuk terlibat dalam aksi lingkungan.

Baca juga: Beri Kado Untuk Bumi, AXA Insurance Tanam 438 Mangrove di Bekasi

Selamatkan Pesisir Tambakrejo Melalui Aksi Penanaman Mangrove

aksi hijau BCA Syariah
Aksi hijau BCA Syariah dilakukan dengan menanam mangrove (Dokumentasi: LindungiHutan).

Pesisir Tambakrejo di Kota Semarang merupakan salah satu wilayah yang terdampak abrasi dan banjir rob yang cukup parah. Abrasi menyebabkan masyarakat Tambakrejo kehilangan daratan sehingga ratusan rumah warga terendam oleh air. Setiap 5-10 tahun sekali masyarakat Tambakrejo harus meninggikan rumahnya sekitar 5 cm agar air laut tidak menggenangi tempat tinggalnya.

Dahulu di Pesisir Tambakrejo terdapat makam yang sering dikunjungi warga. Kini, makam tersebut mayoritas terendam air sehingga menyisakan batu nisan yang sudah tidak beraturan. Alternatif jalan yang bisa dilalui masyarakat tidak terlihat kembali karena telah terendam air laut.

Abrasi di Pesisir Tambakrejo terjadi karena beberapa faktor, antara lain perubahan iklim, kurangnya ekosistem mangrove, aktivitas penambang pasir yang tidak terkontrol, dan pembangunan infrastruktur yang tidak memperhatikan aspek lingkungan.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah penanaman mangrove sebagai benteng pertahanan dari abrasi dan banjir rob yang mengancam Pesisir Tambakrejo. Kemudian LindungiHutan berkolaborasi bersama Yazid dan Kelompok CAMAR (Cinta Alam Mangrove Asri dan Rimbun) mengupayakan penghijauan di wilayah Tambakrejo hingga saat ini.

Penanaman BCA Syariah di Pesisir Tambakrejo, juga turut mendukung tujuan program berkelanjutan (SDGs) dengan kontribusinya dengan mencegah degradasi lahan akibat abrasi, mengurangi dampak banjir di pemukiman warga, meningkatkan area hijau, mengurangi penyerapan emisi karbon, menyediakan jam kerja sehingga meningkatkan perekonomian bagi petani dan warga setempat.

Baca juga: PT Tuban Petrochemical Industries Tanam 2.500 Mangrove di Semarang

Dukung Kelestarian Pesisir Tambakrejo Bersama LindungiHutan

penyerahan sertifikat penanaman kepada BCA Syariah
Penyerahan sertifikat penghijauan dari LindungiHutan kepada BCA Syariah (Dokumentasi: LindungiHutan).

Bersama LindungiHutan, aksi peduli lingkungan dilakukan dengan mudah, tepat sasaran, dan tentunya berkelanjutan. LindungiHutan mengundang seluruh perusahaan untuk berkolaborasi bersama sebagai perwujudan program CSR atau ESG yang menjadi komitmen perusahaan untuk melestarikan lingkungan.

LindungiHutan telah membantu 506 brand dan perusahaan dalam aksi penanaman pohon. Kami berhasil menanam lebih dari 789.000 pohon dan menjalin kemitraan dengan 118 penggerak di 47+ lokasi penghijauan. Setiap aktivitas penghijauan kami melibatkan masyarakat sebagai program pemberdayaan yang senantiasa dilakukan hingga saat ini. Sehingga, dapat memberikan manfaat kepada lingkungan dan masyarakat secara berkelanjutan.

Baca juga: Capai Perbankan Berkelanjutan, Bank Bumi Arta Tanam 500 Mangrove di PIK

Tertarik untuk bekerja sama dengan LindungiHutan? Silakan mengisi form di bawah ini.

Ana Salsabila adalah Junior SEO Content Writer di LindungiHutan yang berpengalaman dalam penulisan artikel tentang lingkungan dan kehutanan.

Rawat Bumi LindungiHutan