Connect with us

Mitra Hijau

Candle Bliss Menanam 254 Pohon Mangrove di Pesisir Kota Semarang

Published

on

Candle Bliss dan LindungiHutan bekerjasama untuk menjalankan program penghijauan di pesisir Kota Semarang.

Di Indonesia salah satu pilihan produk aromaterapi yaitu Candle Bliss. Candle Bliss adalah salah satu industri rumahan yang bergerak di bidang aromaterapi. Candle Bliss menjual premium home fragrances dan sekarang hadir produk baru yaitu anti bacterial spray.

Ketika pikiran sedang dilanda kecemasan, stress, bahkan hingga mengakibatkan gangguan tidur, barangkali kamu perlu mencoba menggunakan aromaterapi. Aromaterapi membantu kita rileks dan memberikan dampak positif bagi pikiran dan juga fisik.

Memangnya apa itu aromaterapi? Aromaterapi adalah praktik menggunakan minyak esensial untuk manfaat terapeutik. Aromaterapi telah digunakan selama berabad-abad. Ketika dihirup, molekul aroma dalam minyak esensial bergerak dari saraf penciuman langsung ke otak dan memberikan pengaruh terhadap pusat emosional otak.

Mengutip dari laman, webmd.com, aromaterapi mengaktifkan area di hidung yang disebut dengan reseptor bau, yang mengirim pesan melalui sistem saraf ke otak. Keberadaan minyak juga dapat mengaktifkan area tertentu di otak seperti sistem limbik yang berperan dalam pengaturan emosi.

Beberapa ahli juga berpikir bahwa ketika seseorang mengoleskan minyak esensial pada kulit, akan muncul respon di kulit dan bagian dari tubuh seperti persendian.

Adapun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa ada manfaat menggunakan minyak esensial. Hasil uji klinis menyatakan bahwasanya minyak esensial dapat meringankan kondisi seperti kecemasan, depresi, mual, insomnia, nafsu makan rendah, dan juga mulut kering.

Candle Bliss dan LindungiHutan Galakan Program Penghijauan “Trimulyo Hijau Bersama Candle Bliss”

Mas Antok dari Kelompok TRIPARI sedang menanam bibit bakau hasil kerjasama LindungiHutan dan Candle Bliss.
Salah satu anggota kelompok TRIPARI sedang menanam bibit pohon mangrove di muara sungai dekat pesisir Trimulyo, Genuk, Kota Semarang (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Sebagai sebuah produk, Candle Bliss ingin turut berpartisipasi dalam menjaga lingkungan. Kami ingin mengajak semua orang terutama para konsumen Candle Bliss untuk berkontribusi mengatasi masalah lingkungan. Kini, seseorang tidak harus menjadi aktivis lingkungan, cukup dari rumah saja untuk berpartisipasi menjaga kelestarian alam.

Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu melalui kampanye alam. Candle Bliss bersama LindungiHutan menginisiasi kampanye alam bertajuk ‘Trimulyo Hijau bersama Candle Bliss’ untuk menghijaukan alam melalui donasi.

Candle Bliss memberikan profit sebesar 5% dari penjualan anti bacterial spray selama 4 bulan penjualan yang dimulai pada bulan September 2020. Hasil donasi ini digunakan untuk pembibitan, penanaman, dan perawatan pohon mangrove di Pesisir Trimulyo.

Baca juga: 1 Bundle = 1 Tree, TISSO Ajak Kita Hijaukan Indonesia

Melalui kampanye alam tersebut, Candle Bliss sukses mengumpulkan 254 pohon mangrove dan telah ditanam di Pesisir Trimulyo, Kota Semarang, Jawa Tengah pada 24 Januari 2021. Proses penanaman pohon berjalan lancar dengan dibantu kelompok TRIPARI (Trimulyo Peduli Bahari) dan juga peserta gabung aksi yang berjumlah 3 orang.

Candle Bliss mengajak konsumen untuk ikut berdonasi agar lingkungan makin hijau dan produktif.

Kondisi Ekologi dan Lingkungan di Pesisir Kelurahan Trimulyo, Genuk, Kota Semarang

Trimulyo adalah nama sebuah kelurahan di Kecamatan Genuk, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Kelurahan ini memiliki luas wilayah mencapai 349 hektare dan berada di bagian paling timur di daerah administrasi Kota Semarang.

Kelurahan Trimulyo memiliki gambaran umum abrasi dan akresi yang disebabkan oleh dampak perubahan iklim. Dalam 10 hingga 20 tahun yang lalu, rob beserta abrasi telah merusak dan menenggelamkan lahan mangrove beserta lahan tambak penduduk sekitar yang berada di pesisir Kelurahan Trimulyo.

Hingga saat ini, khususnya berkisar pada bulan April sampai Mei, rob atau pasang tinggi air laut tak jarang memasuki rumah warga. Kenaikan tinggi air laut pun berdampak pada aktivitas nelayan dari desa di Pesisir Trimulyo, (Kajian Pengamanan dan Perlindungan Pantai di Wilayah Pesisir Kecamatan Tugu dan Genuk, Retno Hartati et al: 104).

Perkembangan kawasan industri dan pemukiman warga di daerah Pantura juga menjadi salah satu faktor yang dapat memicu rob makin ganas. Bangunan beton dengan saluran air yang tidak memadai dan mengambil daerah resapan air membuat jalur Pantura sering kali lumpuh terendam banjir.

Persoalan di kawasan pesisir Trimulyo makin kompleks ketika pengelolaan kawasan menjadi tumpang tindih. Masalah drainase yang tidak pernah terpecahkan, hingga pemukiman warga yang padat. Padahal, Trimulyo merupakan daerah pengaman wilayah Pantura.

Masyarakat dalam hal ini juga ikut terkena imbasnya. Abrasi di Pesisir Trimulyo membawa sampah-sampah pemukiman dan hanyut bersamaan dengan lading pencaharian warga setempat. Bau tak sedap yang mengapung memasuki rumah membuat kondisi tambah memprihatinkan.

Maka dari itu, Candle Bliss bersama LindungiHutan mengambil langkah restorasi dengan melakukan penanaman pohon Mangrove Rhizophora. Keberadaan hutan mangrove memberi banyak manfaat antara lain:

  • Mencegah abrasi dan erosi tanah,
  • Menjernihkan air dan menjaga salinitas garam,
  • Menyediakan berbagai kebutuhan obat tradisional,
  • Mencegah abrasi dan erosi tanah.

Baca juga: Bumijo Hijaukan Gunung Sawur, Lumajang dengan Menanam 500+ Pohon Alpukat

Semoga partisipasi terhadap pelestarian lingkungan berupa penanaman pohon bakau di Pesisir Trimulyo yang diinisiasi oleh Candle Bliss bisa memberikan banyak kebaikan. Baik itu untuk lingkungan dan bumi yang kita tinggali maupun masyarakat setempat.

Tertarik Menjalankan Program Penghijauan dan Penanaman Pohon yang Mudah?

LindungiHutan menjalin kemitraan dengan 30+ petani bibit dan masyarakat lokal untuk mempermudah brand dan perusahaan melakukan penanaman pohon serta membuat dampak kebaikan untuk ekologi dan sosial dengan mudah.

Muhamad Iqbal adalah SEO content writer di LindungiHutan dengan fokus pada tulisan-tulisan lingkungan, kehutanan dan sosial.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rawat Bumi LindungiHutan