Connect with us

Lingkungan

8 Manfaat Laut bagi Kehidupan yang Harus Diketahui!

Published

on

manfaat laut bagi manusia

Keberadaan laut masih belum digali potensinya secara maksimal. Padahal, lebih dari 70% permukaan bumi ditutupi oleh lautan luas. Faktanya, laut bukan sekadar tempat untuk menangkap ikan saja. Namun, lebih dari itu dan sangat penting untuk keberlanjutan kehidupan manusia.

Terlebih lagi bagi Indonesia, yang diberkahi topografi maritim dengan ribuan pulau, dan terletak di kawasan Indo-Pasifik. Potensi laut masih minim dimanfaatkan. Mengapa demikian? Apa saja contoh manfaat laut bagi kehidupan? Berikut ulasannya!

1. Sumber Pangan Terluas di Bumi

Telah menjadi pengetahuan umum bahwa laut merupakan habitat bagi jutaan biota laut. Oleh sebab itu, berbagai makhluk hidup yang menghuni lautan telah lama dijadikan manusia sebagai sumber konsumsi.

Sejarah manusia tidak bisa dilepaskan dengan peranan laut yang menjadi sarana mata pencaharian para nelayan. Bukan hanya itu, berbagai macam hewan dan tumbuhan yang hidup di laut juga mengandung gizi tinggi yang sangat berkhasiat untuk kesehatan manusia.

2. Penghasil Oksigen Terbesar Untuk Bumi

Kesalahpahaman yang sering dialami oleh khalayak umum adalah bahwa pohon di daratan merupakan sumber penghasil oksigen terbesar untuk Bumi. Padahal, laut merupakan produsen oksigen yang secara signifikan jauh lebih besar daripada pohon.

Pasokan oksigen terbesar tersebut berasal dari organisme terkecil bernama fitoplankton. Diketahui bahwa fitoplankton menyerap karbondioksida (CO2) jauh lebih banyak dari pohon dari atmosfer Bumi, dan mengeluarkan oksigen melalui proses fotosintesis. Alhasil, organisme ini berkontribusi terhadap 80% oksigen yang ada di Bumi.

3. Sarana Transportasi yang Menghubungkan Seluruh Dunia

Rantai pasokan makanan sangat bergantung dengan keberadaan transportasi jalur lautan. Setiap benua, hingga bahkan pulau-pulau kecil bisa saling mengirim sesuatu karena laut sebagai sarana penghubung.

Pengiriman barang dalam jumlah masif sangat bertumpu pada transportasi laut yang mumpuni, jauh melebihi jalur darat dan bahkan jalur udara.

Mengangkut barang, makanan, dan obat-obatan dalam jumlah besar sangatlah memungkinkan berkat adanya laut, seberapa jauh pun itu. Malahan, dengan manfaat laut bagi kehidupan sebagai sarana transportasi ini kemudian dapat menimbulkan pecah konflik antarnegara.

Misalnya, konflik di Laut China Selatan sebagai rute transportasi laut yang strategis dan mampu membawa keuntungan ekonomi masif hanya dari bisnis mengangkut komoditas.

4. Sumber Produksi Tambang

Keuntungan ekonomi dari keberadaan laut bukan hanya terletak pada pangan saja, tetapi juga dalam hal kecantikkan. Laut merupakan penghasil mutiara terbesar, dan sering dimanfaatkan menjadi bisnis perhiasan.

Selain itu, manfaat laut dalam hal pertambangan juga tak kalah potensial. Mengingat adanya nikel, emas, lithium, tembaga, mangan, perak, kobalt, hingga bahkan minyak mentah yang sangat krusial untuk keberlangsungan kehidupan manusia.

5. Penghasil Energi Terbarukan yang Efektif

Pertanyaannya, apa manfaat laut sebagai sumber daya? Selain menghasilkan sumber energi konvensional, keberadaan laut memungkinkan untuk menghasilkan energi terbarukan yang bersih untuk lingkungan hidup.

Beberaa di antaranya:

  • Konversi Energi Termal Lautan yang bisa menghasilkan energi listrik dengan menggunakan perbedaan temperatur yang berada di lautan dalam dan permukaan laut melalui mesin kalor,
  • Energi Pasang Surut yang memanfaatkan naik-turunnya pasang surut dari air laut dalam memutar turbin dan menghasilkan energi listrik,
  • Energi Ombak yang seperti namanya menggunakan kekuatan tekanan naik turunnya gelombang air laut dalam menghasilkan energi listrik.

6. Manfaat Laut bagi Manusia Salah Satunya sebagai Produsen Garam Terbesar

Garam adalah bahan penyedap rasa makanan yang penting untuk manusia. Selain itu diketahui garam sangatlah krusial dalam menjaga kesehatan manusia. Karena menjadi sumber utama sodium yang mengontrol tekanan darah, esensial terhadap saraf dan otot, serta terlibat dalam mengatur kadar air di tubuh manusia.

7. Mengatur Perubahan Iklim

Manfaat laut bagi kehidupan juga sangat krusial dalam menghentikan pemanasan global atau perubahan iklim. Laut memiliki kemampuan menyerap 25% dari seluruh emisi karbon yang berada di atmosfer, sekaligus menangkap 90% panas yang dihasilkan oleh emisi karbon tersebut.

Adapun, peran laut dan kawasan pesisir dalam memerangi perubahan iklim lebih lanjut bisa kamu baca dalam “Konservasi Hutan Mangrove dan Tren Blue Carbon”.

Apalagi, karena menutup sekitar 70% permukaan bumi, laut mengirim panas ke kutub, yang ujungnya dapat mengatur iklim dan pola cuaca.

8. Sarana Rekreasi dan Pariwisata

Terakhir yang tak kalah penting tetapi acap terlupkan, laut juga sering dimanfaatkan sebagai tempat rekreasi dan relaksasi bagi manusia.

Kapal pesiar seringkali dijadikan pilihan liburan yang memungkinkan penumpangnya menikmati mengarungi keindahan lautan yang biru. Ada juga pantai yang jadi tempat berlibur dan berenang di tepi lautan.

Tidak lupa juga ada banyak jenis olahraga yang berbasis di lautan. Mulai dari berselancar, voli pantai, snorkeling, hingga sesimpel kompetisi renang.

Setelah mengetahui 8 contoh manfaat laut bagi kehidupan, tentunya laut tidak boleh disepelekan lagi. Upaya menjaga lautan juga haruslah diperkuat, mengingat ancaman terbesar bagi ekosistem laut dapat menghancurkan berbagai macam manfaat laut, yang berhubungan langsung dengan keberlangsungan kehidupan seluruh makhluk hidup di muka bumi.

LindungiHutan Menanam Lebih Dari 800 RIBU Pohon di 50 Lokasi Penanaman Tersebar di Indonesia Bersama 500+ Brand dan Perusahaan

Penulis: Prabu Haryo Pamungkas

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sedekah Pohon LindungiHutan