Connect with us

Hutanpedia

Bunga Cempaka: Tanaman Hijau Abadi Khas Aceh

Published

on

Mengenal bunga cempaka

Mungkin kamu pernah mendengar lagu daerah Bungong Jeumpa yang berasal dari Provinsi Aceh. Namun, apa kalian tahu jika inspirasi dari pembuatan lagu ini bercerita tentang bunga cempaka khas Aceh yang memiliki rupa sangat indah dan bau yang wangi.

Memiliki bau yang sangat harum, membuat bunga ini menjadi daya tarik masyarakat sekitar. Akan tetapi, masih banyak orang yang belum mengetahui seperti apa ciri-ciri dari bunga cempaka, harum wanginya, dan berbagai manfaatnya?

So, simak pembahasan lengkapnya di sini!

Apa Itu Bunga Cempaka?

Magnolia champaca adalah bunga yang sarat akan nilai budaya dan tradisi khususnya bagi masyarakat Aceh. Bunga ini banyak digunakan oleh masyarakat dalam berbagai acara adat yang menjadikannya sebagai flora identitas dari Provinsi Aceh (Rahmawati et al., 2023).

Bunga cempaka saat ini sulit untuk dijumpai, karena minimnya budidaya sebagai tanaman hias dan sering digunakan sebagai hiasan oleh masyarakat. Maka, diperlukannya budidaya lebih lanjut agar populasinya menjadi lebih banyak dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat muda nantinya.

Klasifikasi Taksonomi Bunga Cempaka

KingdomPlantae
DivisiTracheophyta
KelasMagnoliopsida
FamiliMagnoliaceae
GenusMagnolia
SpesiesM. champaca

Baca juga: Pohon Kenanga, Bunganya Beraroma Wangi dan Banyak Kegunaan

Ciri-Ciri Pohon dan Bunga Cempaka

Gambar bunga cempaka

Pohon bunga cempaka memiliki tinggi 20-25 meter dengan batang pohon berbentuk bulat lurus yang kulitnya halus dan berwarna coklat keabu-abuan.

Pohon bunga cempaka memiliki ciri khas yang berbeda dengan pohon lainnya, di mana batang atau ranting dari pohon ini terasa memiliki bulu atau rambut halus jika kita sentuh. 

Daun dari pohon bunga cempaka memiliki panjang 10-28 cm dengan lebar 4,5-11 cm, serta daunnya juga memiliki tekstur yang tipis seperti kulit dengan sifat yang elastis dan berbulu halus pada permukaan bawahnya. Pohon cempaka juga memiliki buah berwarna coklat yang terdiri dari 2-6 biji (Dwicandra et al., 2013).

Bunga cempaka memiliki bunga yang berbau wangi dengan bentuk kelopak panjang dan meruncing di ujungnya. Bunga ini sering dijumpai di Indonesia dan umumnya memiliki warna kuning dan putih. Namun, ternyata masih ada jenis lain yang berwarna merah dan ungu yang dikembangbiakan di Jepang dan China.

Apa Manfaat Bunga Cempaka?

Manfaat Bunga Cempaka

Di Indonesia tepatnya Provinsi Aceh, bunga cempaka biasanya banyak dimanfaatkan oleh  masyarakat sebagai wewangian dan riasan untuk menyambut tamu. Selain itu, bunga ini memiliki khasiat yang bermanfaat bagi kesehatan, antara lain

1. Meredakan Rasa Cemas

Wangi bunga ini i dapat diekstrak untuk membantu dalam mengatasi rasa cemas dan gelisah. Lantaran, bunga ini memiliki kandungan yang dapat menenangkan pikiran. 

Kita dapat meminum atau menghirup ekstrak dari bunga cempaka wangi untuk mendapatkan khasiatnya.

2. Meredakan Batuk Berdahak

Kandungan dengan sifat ekspektoran yang dapat mencairkan lendir di tenggorokan, di mana kandungan seperti alkaloid mikelarbina dan liriodenina efektif meredakan batuk berdahak. 

Untuk merasakan khasiatnya, kita dapat meminum air rebusan bunga cempaka dengan jahe.

3. Mengatasi Permasalahan Vertigo

Terakhir, bunga ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi permasalahan vertigo yang membuat kita sakit kepala seperti berputar-putar dan hilang keseimbangan. 

Kita dapat mengonsumsi 5 bunga cempaka yang telah dicuci bersih dan rebus dengan air 300 ml hingga mendidih.

Baca juga: 8 Anggrek Langka Beserta Penyebab Kepunahannya

FAQ

Apakah Bunga Cempaka Memiliki Bau Wangi?

Bunga cempaka memiliki bau wangi yang dapat menenangkan pikiran dan menarik perhatian orang. Bunga ini biasa dimanfaatkan sebagai parfum, sabun, dan pewangi ruangan, sebab wanginya yang harum.

Di mana Bunga Cempaka Tumbuh?

Di daerah tropis dan subtropis seperti Asia Selatan, Asia Tenggara, serta Tiongkok Selatan. Di Indonesia, tanaman ini tumbuh di Provinsi Aceh yang dapat ditemui pada pekarangan rumah, halaman kuil, dan area pemakaman.

Apakah Cempaka dan Kantil Sama?

Bunga cempaka putih atau biasanya disebut sebagai bunga kantil memiliki karakteristik yang sama dan memiliki bunga putih berbau wangi.

Kenapa Bunga Cempaka Disebut Tanaman Hijau Abadi?

Karena pohon dari bunga ini merupakan tanaman yang tidak menggugurkan seluruh daunnya pada kondisi lingkungan dan musim yang berbeda.

Penulis: Rayhan Arif Ferdian

Apakah Kamu Tahu Berapa Besar Emisi Karbon yang Dihasilkan Setiap Harinya?

Kalkulator jejak karbon Imbangi membantu kamu menghitung jejak karbon dengan mudah dan gratis! Kamu bisa mengetahui besar emisi karbon dari aktivitas menggunakan listrik, peralatan elektronik, hingga berkendara. Melalui Imbangi, kamu juga bisa menebus emisi yang dihasilkan dengan menanam pohon. Penasaran bagaimana caranya?

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rawat Bumi LindungiHutan