Connect with us

Mitra Hijau

Zazz Indonesia Menanam 501 Pohon untuk Kelestarian Lingkungan

Published

on

Zazz Indonesia tanam mangrove

Zazz Indonesia adalah brand lokal domisili di Bandung, Jawa Barat. Zazz Indonesia bergerak di bidang kerajinan dengan memproduksi beberapa produk seperti gelang, case hp, dompet dari limbah kayu, resin, dan batu. 

Hadirnya Zazz Indonesia berawal dari ide sederhana pada tahun 2019. Mulai tahun 2020, Zazz Indonesia berani memutuskan untuk memproduksi dan menjual produk secara luas. Kini, Zazz telah menjual 5000+ barang dan memiliki 19.000+ pengikut di akun instagramnya.

Dalam menjalankan praktik bisnisnya, Zazz Indonesia senantiasa berkomitmen untuk memprioritaskan dalam upaya perlindungan dan pelestarian lingkungan. Hal tersebut diwujudkan dengan menjalin kerja sama bersama LindungiHutan untuk turut serta mengendalikan dampak lingkungan secara signifikan.

Upaya Zazz Indonesia Menyelamatkan Bumi Tercinta

Zazz Indonesia menanam ratusan mangrove
Mitra petani di Kecamatan Kumai membantu penanaman mangrove dari Zazz Indonesia. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Zazz Indonesia bersama LindungiHutan berupaya untuk menghijaukan kembali pesisir Indonesia. Melalui program CollaboraTree dari LindungiHutan, Zazz Indonesia akan menanam 1 pohon untuk setiap transaksi case dan dompet kartu yang terjual.

Upaya pelestarian lingkungan oleh Zazz Indonesia sudah dilakukan sejak tahun 2021. Pada tahun 2023, Zaaz kembali berkolaborasi bersama LindungiHutan, menginisiasi sebuah kampanye alam bertajuk “Dari Bumi untuk Bumi” sebagai bentuk nyata pelestarian alam.

Melalui kampanye alam tersebut, Zaaz Indonesia sukses mengumpulkan dan menanam 501 pohon mangrove Rhizophora sp. pada 8 Juli 2023 di Kecamatan Kumai Kotawaringin Barat

Proses penanaman berlangsung dengan lancar dan melibatkan Arya Pamungkas sebagai mitra petani di lokasi tersebut, serta beberapa relawan lain yang ikut dalam proses penanaman pohon.

Ucapan terima kasih dan apresiasi sebesar-besarnya patut kita untuk Zazz Indonesia atas tindakan nyata dalam melakukan kontribusi melestarikan lingkungan. Harapannya, langkah ini dapat memberikan manfaat kepada lingkungan dan masyarakat sekitar.

Dan juga, aksi ini dapat menginspirasi semua masyarakat Indonesia, bahwa kegiatan menjaga lingkungan adalah tanggung jawab kita bersama. 

Baca juga: Upaya Pelestarian Lingkungan BAF Tanam 20.000 Pohon Mangrove di 6 Provinsi

Selayang Pandang tentang Kecamatan Kumai, Lokasi Penanaman Zazz Indonesia

Lokasi penanaman mangrove Zazz Indonesia
Tanaman mangrove di lokasi penanaman. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Kotawaringin Barat menyimpan banyak potensi wisata maritim, karena letaknya yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa. Salah satu yang memiliki daya tarik dan potensi besar adalah Pantai Bogam Raya

Bogam Raya merupakan wilayah pesisir pantai yang berada di Kecamatan Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat. Karena memiliki berbagai macam potensi, Bogam Raya lantas dimanfaatkan sebagai kawasan budidaya dan kawasan pariwisata. 

Panorama Pantai Bogam Raya yang indah menjadi daya tarik wisatawan yang hendak menikmati suasana khas pesisir. Pantai ini banyak dimanfaatkan sebagai kawasan budidaya dan kegiatan  pariwisata. Sejatinya, Kecamatan Kumai memiliki potensi di bidang perikanan laut, wisata alam bahari, dan memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi. 

Di kawasan ini, dapat ditemukan 18 spesies pohon mangrove tegakan, 11 spesies mangrove semak dan 7 spesies mangrove rumput-rumputan yang tumbuh dengan baik. Dibalik tingginya biodiversitas serta potensi ekonomi, wilayah pesisir Kecamatan Kumai mendapatkan ancaman besar dari kerusakan ekosistem hutan dan pesisir di wilayah tersebut.

Oleh karena itu, LindungiHutan bersama pihak setempat mengupayakan penanaman Mangrove Rhizophora sp. sebagai salah satu upaya untuk menjaga ekosistem pantai Kecamatan Kumai, Kotawaringin Barat. 

Seperti yang telah dilakukan Zazz Indonesia bersama LindungiHutan yang turut membantu menghijaukan kembali wilayah pesisir Kumai dan menyelamatkan ekosistem yang ada.

Baca juga: Pengalaman Nexia KPS Menanam 300 Mangrove Bersama LindungiHutan di PIK

Mengenal Manfaat Mangrove untuk Lingkungan dan Ekonomi

Mangrove merupakan jenis pohon yang cocok untuk wilayah pesisir. Pohon mangrove yang ditanam Zazz Indonesia berumur sekitar 4 bulan yang memiliki tinggi rata-rata 50 cm dan diameter rata-rata 1 cm.

Mangrove memiliki manfaat yang baik untuk lingkungan diantaranya dapat menghasilkan oksigen, menyerap gas karbondioksida, pencegah abrasi, memperkecil dampak tsunami, menjadi habitat bagi makhluk hidup di sekitarnya, dan lainnya.

Pohon mangrove juga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar dengan memanfaatkan kayunya untuk kayu bakar atau mebel, membuat pewarna alami dari kayunya, mengolah daun mangrove menjadi keripik, dan masih banyak lagi.

Baca juga: BCAinsurance Tanam 1.000 Mangrove di Pantai Baros Bantul

Dengan berkolaborasi bersama LindungiHutan, kita dapat menebar kebaikan dan memberikan manfaat untuk masyarakat Indonesia secara luas dan berkelanjutan. Jalin kerja sama sekarang juga!

Ana Salsabila adalah Junior SEO Content Writer di LindungiHutan yang berpengalaman dalam penulisan artikel tentang lingkungan dan kehutanan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sedekah Pohon LindungiHutan