Connect with us

Mitra Hijau

BCAinsurance Tanam 1.000 Mangrove di Pantai Baros Bantul

Published

on

BCAinsurance menanam mangrove

BCAinsurance atau PT Asuransi Umum BCA adalah perusahaan yang bergerak di bidang asuransi umum di Indonesia. 

Pada awal berdiri hingga sekarang, BCAinsurance telah mengalami tiga kali pergantian nama perusahaan. Didirikan pertama kali pada tahun 1988, perusahaan ini bernama PT Asuransi Ganesha, kemudian tahun 2006 perusahaan mengalami perubahan nama menjadi PT Transpacific General Insurance.

Pada tahun 2010, PT Transpacific General Insurance telah diambil alih oleh Dana Pensiun BCA dan BCA Finance yang kemudian berganti menjadi PT Central Sejahtera Insurance. Pada tahun 2013, terjadi perubahan kepemilikan saham PT Bank Central Asia, Tbk dan PT BCA Finance  yang kemudian berganti menjadi PT Asuransi Umum BCA.

BCAinsurance menghadirkan produk unggulan seperti produk personal dan komersial. Berisikan pilihan asuransi untuk untuk nasabah seperti kendaraan bermotor, kebakaran, gempa bumi, kecelakaan diri, dan lainnya. Serta, layanan menghadirkan layanan berupa E-Polis bertujuan untuk memberikan kemudahan informasi Polis bagi nasabah BCAinsurance.

Baca juga: Program CSR Bank Mega Syariah Tanam 100 Pohon di Jakarta

Kampanye Alam ‘BCAinsurance X LindungiHutan’ Sukses Tanam 1.000 Mangrove di Pantai Baros Bantul

Selain memprioritaskan dengan pelayanan terbaik untuk kepuasan nasabah, nyatanya BCAinsurance juga memberikan komitmen dalam melestarikan lingkungan melalui kegiatan CSR.

Bersama LindungiHutan, BCAinsurance menghadirkan program CSR lingkungan dengan menanam pohon di wilayah yang mengalami kerusakan lingkungan. Gerakan tersebut sebagai bentuk kontribusi nyata perusahaan dalam melestarikan alam.

Melalui kampanye bertajuk “BCA Insurance x LindungiHutan”, sejumlah 1000 pohon mangrove sukses ditanam di Pantai Baros, Kabupaten Bantul pada 27 Juli 2023. 

BCAinsurance menanam mangrove
Foto BCAinsurance bersama LindungiHutan, Mitra Petani Pantai Baros,. (Dok. Bussines Development LindungiHutan)

Proses penanaman berjalan dengan lancar dan melibatkan beberapa pihak seperti beberapa mahasiswa KKN PPM UGM, tim LindungiHutan yang diketuai oleh Aminul Ichsan, dan Farhani sebagai mitra penggerak LindungiHutan di Pantai Baros Bantul.

CSR BCAinsurance
Foto ketika penanaman berlangsung (Dok. Bussines Development LindungiHutan)

Inisiatif penghijauan yang dilakukan BCAinsurance, menandai langkah penting dalam komitmen perusahaan terhadap kesejahteraan masyarakat dan lingkungan. Sepatutnya kita berikan apresiasi untuk perusahaan atas inisiatif yang telah dilakukan. Dengan begitu, perusahaan telah menunjukkan kontribusinya untuk #BersamaMenghijauakanIndonesia.

Besar harapan langkah tersebut dapat menginspirasi seluruh masyarakat dari segala golongan untuk terus menjaga lingkungan bersama.

BCAinsurance Giatkan Kembali Penanaman Mangrove di Pantai Baros

Kabupaten Bantul memang terkenal dengan keindahan pantainya. Banyak destinasi wisata pantai seperti Pantai Parangtritis, Parangkusumo, Goa Cemara, Kuwaru, dan lainnya. Selain itu, Kabupaten bantul memiliki ekowisata mangrove yang terbilang baru.

Ekowisata mangrove tersebut terletak di Pantai Baros, Desa Tirtohargo, Kecamatan, Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Penanaman mangrove di Pantai Baros Bantul
Mitra Petani LindungiHutan di Pantai Baros membantu proses penanaman. (Dok. Bussines Development LindungiHutan)

Mangrove Baros terhitung mencapai 2,1 hektar yang termasuk kedalam wilayah konservasi. Fungsinya sebagai penahan abrasi dari gelombang air laut. Ada ikon wisata mangrove Baros, menara pandang, wisata edukasi, dan wahana perahu yang dapat dijadikan pilihan ketika mengunjungi Pantai Baros.

Keberadaan flora dan fauna juga cukup beragam ditemukan di Pantai Baros Bantul. Adapun, jenis mangrove yang ditemukan di kawasan tersebut terdiri dari Avicennia lanata dan Rhizophora apiculata. Sedangkan, fauna yang ditemukan adalah Penaeidae dan Palaemonidae yang termasuk jenis udang, serta 28 jenis burung yang menempati hutan bakau disana.

Banyak rumah yang terdampak abrasi yang karena kurangnya penahan dari gelombang air laut. Tak sedikit pula masyarakat yang mengalami penurunan ekonomi akibat dari banjir rob yang menyerang ladang maupun pertambakan milik penduduk setempat.

Sampah yang terbawa oleh Sungai Opak kemudian memenuhi kawasan pesisir Pantai Baros Bantul. Itulah mengapa keberadaan hutan mangrove penting di sini. Sebab, banyak sampah yang tersapu ombak dan kemudian naik ke daratan lantas mengotori sawah dan ladang masyarakat.

Baca juga: Komitmen PT Pigeon Indonesia Capai Nol Bersih Emisi Karbon Tahun 2050

Manfaat Pohon Mangrove untuk Lingkungan

Pohon mangrove yang ditanam oleh BCAinsurance di Pantai Baros memiliki nama latin Rhizophora mucronata. Tinggi rata-rata pohon yang ditanam mencapai 65 cm dengan diameter rata-rata sekitar 1 cm.

Pohon mangrove identik dengan kawasan pesisir. Pohon mangrove juga memiliki banyak manfaat untuk lingkungan seperti dapat digunakan sebagai pemecah ombak, mengurangi abrasi, mengurangi dampak tsunami, menjadi habitat bagi fauna, menyerap emisi CO2 dan menghasilkan O2.

Manfaat mangrove lainnya seperti kerap dimanfaatkan sebagai zat pewarna alami, kayu bakar, kayu mebel, diolah menjadi makanan, dan lain-lain.

Melihat dari banyaknya manfaat mangrove untuk wilayah pesisir, BCAinsurance turut membantu dalam menghijaukan Pantai Baros dan menyelamatkan lingkungan dan masyarakat. LindungiHutan juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk terlibat dalam penghijauan di Pantai Baros Bantul ini. Yuk, tanam mangrove lebih banyak lagi!

Baca juga: 10 Brand Skincare Lokal yang Peduli Lingkungan & Hutan Indonesia

Apa yang LindungiHutan Lakukan?

Selain BCAinsurance, masih ada banyak cerita kontribusi nyata dari brand dan perusahaan lainnya yang turut menghijaukan dan melestarikan lingkungan! Hingga saat ini LindungiHutan telah menanam lebih dari +700.000 pohon di +40 lokasi penanaman.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rawat Bumi LindungiHutan