Connect with us

Lingkungan

Tenaga Surya, Kenali Cara Kerja dan Manfaatnya Bagi Kehidupan

Published

on

Pengertian energi bersih.

Tenaga surya digadang-gadang akan menjadi salah satu energi ramah lingkungan, yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat dunia, apakah benar? 

Dewasa ini, pembicaraan mengenai energi memang tidak ada habisnya sebab isu transisi energi semakin gencar dilaksanakan. Dalam laporan Forum Ekonomi Dunia (WEF) pada April 2021, tercatat Swedia menjadi negara terdepan dalam penggunaan energi terbarukan atau peringkat 1 dari 115 negara dunia, dengan indeks transisi energinya hingga 87 poin. 

Salah satu upaya transisi energi yang gencar dilakukan adalah mengubah energi fosil menjadi tenaga surya. Di Tanah Air, potensi pengembangan tenaga surya sangat besar mengingat Indonesia merupakan negara beriklim tropis dan terletak di garis khatulistiwa sehingga memiliki potensi energi matahari yang melimpah.

Letak Indonesia yang strategis, membuatnya berpotensi besar dalam pengembangan sistem tenaga surya secara jangka panjang. Berikut merupakan pembahasan mengenai tenaga surya lebih lanjut.

Apa yang Dimaksud dengan Tenaga Surya?

Pengertian tenaga surya.

Tenaga surya merupakan energi yang didapat dengan mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik. Energi yang dihasilkan akan disimpan ke dalam sebuah baterai, kemudian digunakan untuk mengoperasikan perangkat elektronik sesuai kebutuhan listriknya.

Pembangkit listrik tenaga surya diyakini mampu menggantikan sumber energi fosil. Upaya transisi tersebut dilakukan mengingat penggunaan listrik yang makin hari semakin meningkat, tetapi tak seiring dengan jumlah sumber energinya di muka bumi. 

Alhasil, energi surya menjadi salah satu solusi dalam menyelesaikan masalah energi tak terbarukan. Sebab, sumber energinya berasal dari matahari yang jumlahnya tak terbatas dan digunakan kapan pun. 

Sel surya menjadi perangkat yang nantinya berfungsi mengubah energi sinar matahari menjadi energi listrik. Untuk mendapatkan tegangan listrik yang besar sesuai keinginan maka diperlukan beberapa sel surya yang tersusun secara seri. 

Gabungan dari beberapa sel surya ini kemudian disebut panel surya. Susunan sekitar 10 – 20 atau lebih modul tersebut akan dapat menghasilkan arus dan tegangan tinggi yang cukup untuk kebutuhan sehari hari.

Baca juga: Apa itu Green Business? Pengertian, Strategi, dan Contohnya

Bagaimana Cara Kerja Tenaga Surya?

Cara kerja pembangkit listrik tenaga surya, tentu tak terlepas dari peranan cahaya matahari. Jika sinar tersebut menembus panel surya maka elektron-elektron yang ada di dalamnya akan bergerak membentuk energi listrik. 

Ukuran energi yang dihasilkan oleh panel surya berbeda-beda, tergantung dari jumlah energi cahaya matahari yang diterima. Semakin rendah intensitas cahaya maka arus akan makin rendah. 

Lantas, bagaimana kinerja panel surya pada malam hari? 

Salah satu komponen penting dalam pembangkit listrik tenaga surya adalah baterai. Kehadirannya berfungsi menyimpan energi listrik yang dihasilkan oleh panel surya. Walhasil, listrik tetap dapat digunakan pada malam hari.

Selain baterai, Solar Charge Controller juga menjadi alat tenaga surya yang berperan penting dalam menunjang kinerja dari panel surya. Saat tegangan di baterai dalam keadaan hampir kosong, maka controller inilah yang berfungsi menghentikan pengambilan arus listriknya.

Upaya tersebut dilakukan untuk mencegah kerusakan pada baterai. Pada kebanyakan model controller, lampu akan menyala dengan warna tertentu untuk menunjukkan indikator proses pengisian baterai.

Apa Manfaat Energi Tenaga Surya?

Manfaat tenaga surya.

Selama ini penyangga utama kebutuhan energi masih mengandalkan minyak bumi dan batu bara. Sementara itu tidak dapat dihindari, bahwa sumber energi tersebut seiring berjalannya waktu akan semakin langka. 

Dengan keadaan semakin menipisnya energi fosil maka energi surya menjadi salah satu penggantinya. Banyak negara yang telah menggunakan energi surya untuk menunjang aktivitas kehidupannya. 

Dalam laporan Forum Ekonomi Dunia (WEF) pada April 2021, tercatat Singapura menjadi negara terdepan dalam penggunaan energi terbarukan di kawasan ASEAN. Sementara di kancah global, negara makmur tersebut menempati peringkat 21 dari 115 negara dunia dengan indeks transisi energinya mencapai 67 poin.

Salah satu wujud sinergitas Singapura dalam transisi energi dapat dilihat dari pembangunan pembangkit listrik tenaga suryanya, yang terhitung ada 13 ribu panel di permukaan laut. Dengan kemampuan menghasilkan listrik hingga lima megawatt, panel surya tersebut dapat memberikan daya setidaknya bagi 1.400 rumah susun sepanjang tahun.

Contoh pemanfaatan tenaga surya juga dapat digunakan untuk mengaliri berbagai macam peralatan elektronik seperti kipas, mesin komputer, dan barang elektronik lainnya. Meski dalam kondisi berawan, mendung dan hujan, energi surya tetap bisa melakukan konversi listrik.

Di bidang perikanan, panel surya bisa digunakan untuk menerangi kolam pembibitan ikan. Bahkan, energinya juga bisa dimanfaatkan untuk menerangi fasilitas publik seperti penerangan bagi lampu jalan maupun lampu taman di malam hari.

Baca juga: Sustainable Product: Pengertian, Manfaat, dan Contohnya

FAQ

Apa yang dimaksud dengan tenaga surya?

Secara definisi, tenaga surya adalah energi yang didapat dengan mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik. Energi yang dihasilkan akan disimpan ke dalam sebuah baterai, kemudian digunakan untuk mengoperasikan perangkat elektronik sesuai kebutuhan listriknya.

Bagaimana cara kerja tenaga surya?

Tentunya tak terlepas dari peranan cahaya matahari yang menembus panel. Jika sinar tersebut mengenainya maka maka elektron-elektron yang ada pada sel surya akan bergerak membentuk energi listrik.

Apa manfaat energi tenaga surya?

Di bidang perikanan, panel surya bisa digunakan untuk menerangi kolam pembibitan ikan. Bahkan, energinya juga bisa dimanfaatkan untuk menerangi fasilitas publik seperti penerangan bagi lampu jalan maupun lampu taman di malam hari

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sedekah Pohon LindungiHutan