Connect with us

Mitra Hijau

BUMI Bulk Store and Refillery Menanam 800+ Mangrove

Published

on

Bumi Bulk Store and Refillery Inisiasi Kampanye Alam “1000 Pohon BUMI”.
LindungiHutan dan BUMI Bulk Store and Refillery menjalin kolaborasi dengan skema product bundling. Melalui program '1000 Pohon BUMI', terkumpul 801 bibit mangrove yang telah ditanam di pesisir utara Jawa Tengah pada 20 Februari 2022.

BUMI Bulk Store and Refillery adalah sebuah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) asal Kerobokan, Bali, yang menjual berbagai macam produk rumah tangga ramah lingkungan sejak 2021. 

Produk-produk yang dijual oleh BUMI Bulk Store and Refillery Brand merupakan barang tangan ke dua (second hand) dan dapat digunakan berulang kali (disposable).

Selain itu, BUMI Bulk Store and Refillery memproduksi produk ramah lingkungan dengan bahan baku yang berasal dari alam tanpa memberikan campuran bahan kimia serta terbebas dari plastik.

Beberapa produk yang dijual seperti bahan makanan, rempah-rempah, the, sabun, sampo, deodorant, hingga produk perawatan kulit. Hingga saat ini, BUMI Bulk Store telah memiliki lebih dari 200 produk ramah lingkungan.

Tentu, konsep usaha BUMI Bulk Store and Refillery sudah semestinya kita dukung sebagai bentuk usaha mengurangi pencemaran sampah.

Mengutip dari laman databoks.katadata.co.id, Indonesia menghasilkan 67,8 juta ton sampah pada 2020. Berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), 37,3% sampah di Indonesia berasal dari aktivitas rumah tangga.

Maka dari itu, BUMI Bulk Store and Refillery menerapkan prinsip dan filosofi 4R yaitu reuse, repair, recycle, dan reduce. Dengan berbelanja di BUMI Bulk Store and Rirellery, konsumen turut berpartisipasi dan juga mendukung gerakan 4R.

Baca juga: Keanu Beauty Hijaukan Bali dengan 320 Pohon Tabebuya

Gerakan 4R tersebut meliputi reuse dan repair dengan cara membeli produk tangan kedua (second hand) di BUMI Bulk Store and Refillery serta menggunakan kembali produk tersebut sehingga tetap berguna tanpa mengurangi nilai dari produk tersebut.

Kemudian recycle juga dilakukan oleh BUMI Bulk Store and Refillery dengan cara meminimalisir penggunaan plastik baik dalam pengemasan maupun sebagai wadah penyimpanan produk belanja. Bukan hanya itu, mereka juga menggalakan gerakan reduce dengan cara membuat produk yang beba sampah dan residu.

Menggandeng LindungiHutan, BUMI Bulk Store and Refillery Menanam Pohon di Desa Bedono

Proses penanaman bibit mangrove hasil kerjasama dengan BUMI Bulk Store and Refillery di Demak, Jawa Tengah.
Proses penanaman pohon mangrove pada program ‘1000 Pohon BUMI’ di pesisir desa Bedono, Sayung, Demak, Jawa Tengah (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Selain menerapkan praktik usaha yang ramah lingkungan, BUMI Bulk Store and Refillery juga tak mau ketinggalan dalam andil penghijauan Indonesia. Aksi tersebut mereka wujudkan melalui kegiatan penanaman pohon mangrove.

Menggandeng LindungiHutan, BUMI Bulk Store and Refillery menginisiasi kampanye alam dengan tajuk “1000 Pohon BUMI” sebagai bentuk komitmen pelestarian lingkungan.

Kampanye alam tersebut sukses mengumpulkan 801 pohon Mangrove Rhizophora dan telah ditanam di Desa Bedono Kabupaten Demak pada 20 Februari 2022.

Langkah tersebut sepatutnya kita beri apresiasi sekaligus dukungan. Dengan makin banyaknya produk dan usaha yang mengusung konsep sustainability diharapkan akan membawa perubahan baik bagi kondisi bumi. Di samping itu, akan muncul pula kesadaran masyarakat untuk perlahan-lahan mulai menerapkan gaya hidup yang eco-friendly.

Baca juga: Watsons Indonesia Go Green Tanam 1.000 Pohon di Bali

Kondisi Ekologi dan Abrasi Desa Bedono, Sayung, Demak, Jawa Tengah

Desa Bedono masuk sebagai salah satu daerah administrasi di Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah. Desa ini tak luput dari masalah abrasi akibat letaknya yang berada di Pesisir Pantai. Menukil dari laman resmi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Desa Bedono adalah salah satu desa yang mengalami abrasi paling parah di Kabupaten Demak.

Abrasi yang terjadi di Desa Bedono ini diperkirakan yang terbesar di Kawasan Pantai Utara dan Selatan Jawa, bahkan di Indonesia.

Sejatinya, wilayah ini mempunyai potensi yang sangat prospektif di bidang perikanan, budidaya hasil laut, dan wisata bahari. Meskipun begitu, laut Demak memiliki risiko daya rusak yang besar. Dengan potensi kenaikan air laut mencapai 3 cm/tahun dan penurunan muka tanah mencapai 25 cm/tahun, membuat daratan Demak terancam tenggelam dalam 10-20 tahun lagi.

Oleh sebab itu, BUMI Bulk Store and Refillery bersama LindungiHutan mengambil inisiatif untuk melakukan tindakan restorasi lingkungan dengan menanam 801 pohon Mangrove Rhizophora. Mangrove Rhizophora terbukti dapat mengendapkan lumpur melalui akar pohon bakau yang mencegah terjadinya perembesan air laut ke daratan sehingga meminimalisir terjadinya percampuran air laut dan air tanah.

Mangrove Rhizophora juga bisa mempercepat penguraian limbah organik dan kimia sehingga mencegah terjadinya pencemaran laut. Pohon mangrove yang jelas juga akan berperan sebagai benteng alam guna menangkal terjangan banjir rob dan abrasi pesisir.

juga: UNICEF Melalui U-Report Indonesia Tanam 800+ Pophon di 6 Provinsi Bersama LindungiHutan

Semoga kampanye alam dan penanaman pohon ini bisa memberikan banyak manfaat bagi lingkungan dan juga masyarakat setempat. Pun, langkah yang diambil oleh BUMI Bulk Store and Ferillery ini harapannya akan diikuti jejaknya oleh banyak pihak.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sedekah Pohon LindungiHutan