Connect with us

Mitra Hijau

BLZR.ID Tanam 500+ Pohon di Kalimantan Bersama LindungiHutan

Published

on

BLZR.ID Menanam 500+ Pohon di Kalimantan Bersama LindungiHutan..

BLZR.ID adalah sebuah local brand specializing in woman blazer, yang lahir dengan bangga dari tangan-tangan anak bangsa. Menghadirkan berbagai koleksi item yang menarik seperti the #blzridears collection, Candy Collection, Nature Collection, hingga Set Collection.

Demi mengurangi pencemaran lingkungan, BLZR ID menaruh perhatian khusus terhadap kemasan atau packaging yang digunakan, karena Indonesia sebagai negara kedua penyumbang sampah plastik  terbanyak di dunia. Setiap 20 menit, 10 ton truk plastik dibuang ke perairan di sekitar Indonesia (Jakarta Globe dan worldbank.org). 

Maka dari itu, BLZR.ID memilih untuk menggunakan kemasan yang ramah lingkungan. Kemasan yang terbuat dari Cassava dan tentunya ramah lingkungan, biodegradable, dan mudah didaur ulang.

Peringatan Earth Day 2022, BLZR.ID Menanam 500 Pohon Trembesi di Bukit Puntong Sumiak

Tak hanya berhenti di situ, BLZR ID juga mewujudkan komitmennya atas dukungan terhadap pelestarian lingkungan melalui program penghijauan.

Dalam rangka merayakan Earth Day 2022, BLZR.ID turut serta dalam pelestarian bumi kita tercinta dengan menginisiasi kampanye alam bertajuk ‘500 Pohon untuk Bumi, dari BLZR.ID’. Sebagian dari penjualan BLZR ID selama bulan April didonasikan untuk penanaman pohon.

Kampanye alam tersebut sukses mengumpulkan 500 pohon trembesi dan telah ditanam di Bukit Puntong Sumiak, Kabupaten Landak pada tanggal 20 Mei 2022. Proses penanaman pohon berjalan lancar dengan dibantu oleh Relawan LindungiHutan Landak.

Baca juga: Sisa Benang: 1 Pakaian = Menanam 1 Pohon Mangrove

Kontribusi nyata yang diberikan oleh BLZR ID tentunya patut kita apresiasi. Konsen brand akan pentingnya menjaga lingkungan secara tidak langsung juga menjadi cara untuk memupuk kesadaran masyarakat luas. Dengan demikian, akan makin banyak pula ‘mata dan tangan’ yang turut menjaga bumi kita supaya senantiasa hijau.

Wujudkan Penghijauan Lingkungan Jaga Kelestarian Hutan!!!

Yuk tanam mangrove bersama LindungiHutan! Kami dipercaya oleh 400+ perusahaan dan brand dalam melakukan penghijauan di Indonesia. Sebanyak 600.000 lebih pohon telah ditanam di 40+ lokasi penghijauan.

Selayang Pandang Bukit Puntong Sumiak Lokasi Penanaman BLZR.ID

Mitra penggerak di Landak dan Relawan LindungiHutan sedang menanam bibit pohon hasil kerjasama BLZR.ID dan LindungiHutan.
Proses penanaman pohon Trembesi oleh BLZR.ID bersama LindungiHutan di Kabupaten Landak (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Bukit Puntong Sumiak berada di Desa Sidas, Kecamatan Sengah Temila, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat.

Dalam pengelolaan lahannya, masyarakat di Bukit Puntong Sumiak masih mempertahankan pola ladang berpindah. Masyarakat membentuk kelompok-kelompok kecil beserta aturan yang sama-sama mereka patuhi.

Aturan-aturan yang ada menjadi panduan masyarakat dalam mengelola lahannya, termasuk untuk bekerja sama. Adapun, aturan yang ada di masyarakat kini juga diselaraskan dengan pemerintah, termasuk hukum mengubah hutan menjadi lahan kelapa sawit.

Padahal, perubahan kawasan hutan menjadi perkebunan tidak serta-merta membuat taraf hidup masyarakat menjadi baik. Tipe tanah ultisol mendominasi daerah Bukit Puntong Sumiak, artinya banyak lahan yang kering. Karakteristik kedalaman permukaan tanah sedikit berbatu dan dangkal. Kondisi seperti ini menyebabkan hasil panen sedikit dengan kualitas yang rendah.

Di samping itu, penggunaan lahan untuk perkebunan yang membutuhkan banyak pasokan air, membuat musim penghujan rentan terjadi banjir, dan di musim kemarau mengalami kekeringan. Apabila, hal ini terus berjalan demikian, maka suplai air di masa mendatang tidak bisa dipastikan.

Hutan yang sehat diharapkan mampu menjadi rumah yang sehat dan melindungi semua biota lokal seperti kantong semar, orangutan, landak, dan burung. Selain itu, diharapkan dengan konservasi yang dilakukan, siklus air di Daerah Aliran Sungai dan kesuburan tanah bisa kembali normal.

Baca juga: Bizlab dan LindungiHutan Kerjasama Tanam 166 Mangrove di Pantura

Pohon Trembesi dan Segudang Manfaatnya

Berkaca pada kondisi dan permasalahan lingkungan di Bukit Puntong Sumiak, Kabupaten Landak, maka perlu upaya konservasi sebagai jalan solusinya. Oleh sebab itu, BLZR ID bersama LindungiHutan melakukan penanaman 500 pohon trembesi.

Pohon trembesi dipilih mengingat banyaknya manfaat yang dimiliki baik untuk lingkungan maupun kesehatan. Manfaat tersebut antara lain:

  • Penyerap karbon yang efektif sekaligus pohon peneduh yang baik,
  • Pohon trembesi adalah penyerap timbal yang baik,
  • Daun pohon trembesi baik untuk dijadikan kompos,
  • Sebagai tempat peristirahatan burung,
  • Daun trembesi dapat dimanfaatkan sebagai antibakteria,
  • Pohon trembesi juga bisa dijadikan tanaman pelindung,
  • Terakhir, sebagai tempat peristirahatan burung.

Baca juga: Josvli Tanam 100+ Pohon di Landak, Kalimantan Barat

Semoga inisiasi penanaman pohon trembesi di Bukit Puntong Sumiak, Desa Sidas, Kecamatan Sengah Temila, Kabupaten Landak, Kabupaten Landak oleh BLZR ID bisa membawa kebaikan bagi lingkungan dan juga masyarakat sekitar.

Kolaborasi Penghijauan BLZR.ID dengan LindungiHutan

Kegiatan penghijauan di Bukit Puntong Sumiak yang dilakukan oleh BLZR ID merupakan kolaborasi antara brand dengan LindungiHutan. Melalui CollaboraTree, program penghijauan dapat berjalan dengan baik dan lancar.

CollaboraTree merupakan skema kerja sama dalam upaya penghijauan antara brand bersama LindungiHutan. Sebagai bentuk kepedulian brand terhadap kelestarian lingkungan, LindungiHutan turut membantu dalam kesuksesan upaya tersebut.

LindungiHutan telah bekerja sama dengan ratusan brand di Indonesia dengan menanam lebih dari 600.000 lebih pohon di Indonesia. Ingin bekerja sama dengan Kami, isi form di bawah ini!c

Muhamad Iqbal adalah SEO content writer di LindungiHutan dengan fokus pada tulisan-tulisan lingkungan, kehutanan dan sosial.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sedekah Pohon LindungiHutan