Connect with us

Emisi Karbon

5 Kalkulator Jejak Karbon yang Bisa Anda Coba

Published

on

Kalkulator Jejak Karbon

Pemerintah Indonesia mengupayakan dalam penurunan emisi karbon atau net zero carbon pada tahun 2060. Tak cukup jika mengandalkan usaha dari pemerintah, kita sebagai sebagai generasi muda Indonesia, sudah saatnya melek terhadap keadaan bumi saat ini. 

Perlu Anda ketahui, setiap aktivitas harian kita, mulai dari bangun tidur hingga tidur kembali, ternyata menghasilkan emisi karbon loh . Eits, kita bisa menghitungnya menggunakan teknologi yang bernama kalkulator jejak karbon.

Dengan kalkulator jejak karbon ini, Anda bisa mengetahui berapa ton karbon yang dihasilkan, misalnya dalam menggunakan kendaraan bermotor, AC, kipas angin, dan masih banyak lagi.

Berikut 5 Kalkulator Jejak Karbon yang bisa Anda gunakan untuk menghitung emisi karbon menuju Indonesia bebas emisi pada tahun 2060:

1. Imbangi (LindungiHutan)

LindungiHutan merupakan platform penggalangan dana online untuk kegiatan konservasi hutan dan lingkungan. LindungiHutan memiliki kalkulator jejak karbon yang bernama Imbangi

Banyak kategori yang bisa dihitung emisi karbonnya oleh Imbangi misalnya dalam penggunaan pendingin ruangan (AC), bahan bakar industri. kendaraan, konsumsi listrik per wilayah, peralatan listrik, sampah campuran, sampah pilahan, dan ternak.

Data yang dibutuhkan masing-masing kategori berbeda-beda, sebagai contoh lamanya waktu penggunaan (jam) atau berapa jarak yang ditempuh (km). Setelah mengisi beberapa kolom yang dibutuhkan, maka akan terlihat jumlah emisi karbon yang dihasilkan dalam periode harian maupun tahunan.

Selain menghitung emisi dengan kalkulator jejak karbon Imbangi, Anda bisa menebus emisi karbon atau melakukan Carbon Offsetting dengan cara menanam pohon di lokasi yang telah disediakan.

Imbangi merupakan kalkulator jejak karbon yang bisa digunakan secara pribadi. Penggunaannya sangat mudah dan tentunya, bisa menjadi perantara bagi kalian yang ingin melakukan aksi penghijauan.

Baca juga: 5 Hal tentang Kalkulator Jejak Karbon Imbangi yang Harus Anda Ketahui

Kalkulator jejak karbon Imbangi

Hitung Jejak Karbon Anda dengan Carbon Calculator Imbangi

Kalkulator-jejak-karbon-Imbangi-

2. Carbon Calculator (CarbonEthics)

CarbonEthics adalah salah satu organisasi non-profit di Indonesia yang bertujuan untuk menghambat terjadinya krisis iklim saat ini. Upaya yang mereka lakukan salah satunya dengan menciptakan sebuah kalkulator jejak karbon.

Kategori pilihan yang bisa tersedia adalah transportasi, makanan, plastik, dan listrik.

Seperti halnya Imbangi, pada kalkulator jejak karbon milik CarbonEthics Anda bisa lakukan tebus karbon dengan memilih beberapa paket pilihan. Dengan begitu, Anda sudah berupaya untuk memperbaiki kondisi bumi kita saat ini.

3. Jejakkarbonku.id (IESR)

Institute for Essential Services Reform (IESR) mengembangkan sebuah kalkulator jejak karbon yang bernama jejakkarbonku.id. Aplikasi kalkulator ini disempurnakan kembali dari aplikasi yang sudah dimiliki IESR sejak tahun 2012.

Dengan jejakkarbonku,id besar harapannya masyarakat bisa mengurangi emisi karbon secara pribadi dan berdampak bagi lingkungan.

Setelah membuka kalkulator jejak karbon jejakkarbonku.id, Anda bisa menghitung emisi karbon pada penggunaan transportasi, rumah tangga, dan konsumsi makanan sekaligus. Sebab, hasil perhitungan dari kalkulator jejak karbon ini menggunakan satuan per tahun atau kapita.

Uniknya, Anda bisa mengetahui konsumsi emisi karbon secara individu, rata-rata global, ASEAN, hingga di Indonesia. 

Baca juga: Pengungkapan Emisi Karbon dan Manfaatnya bagi Perusahaan

4. Carbon Footprint Calculator (Jejak.in)

Jejak.in adalah startup di Indonesia yang bergerak di bidang lingkungan dengan menyediakan solusi berbasis teknologi AI (Artificial Intelligence) dan IoT (Internet of Things) untuk membantu proses pengambilan data yang terukur, mudah, dan dapat diverifikasi.

Dalam mencapai ekonomi hijau yang berkelanjutan, Jejak.in menghadirkan sebuah aplikasi kalkulator jejak karbon yang tersedia di playstore dan carbon offset marketplace untuk pengimbangan karbon.

Untuk kategori jejak karbon yang bisa dihitung adalah penggunaan alat transportasi (motor, mobil. taxi, bis, kereta api, dan MRT) dan barang elektronik (hp, laptop, AC, dan TV).

Tentu saja, Anda juga bisa lakukan carbon offsetting untuk menebus emisi karbon yang telah Anda hasilkan.

5. Kalkulator Hijauku (Hijauku.com)

Kalkulator jejak karbon milik hijauku.com atau situs hijau Indonesia mengembangkan 2 kategori yaitu menghitung konsumsi energi dan emisi CO2 untuk rumah tangga dan transportasi pilihan.

Pada kategori rumah tangga, banyak pilihan alat yang bisa dihitung emisi karbonnya seperti pendingin ruangan / AC, decoder TV kabel, charger ponsel, jam listrik, mesin pembuat kopi, komputer dan monitor, printer, kulkas, mesin cuci baju, dan lain-lain.

Sedangkan pada pemakaian alat transportasi Anda bisa menghitung pemakaian dari jenis kereta listrik, kereta api diesel, bis kota, mobil, bajaj, dan motor. 

Jika menghitung jejak karbon pada kategori rumah tangga Anda cukup mengisi waktu pemakaian alat tersebut dalam satuan jam, sedangkan pada kategori alat transportasi mengisi seberapa jauh atau jarak tempuh dalam satuan km.

Setelah mengisi sesuai dengan kolom yang diinginkan, maka hasil perhitungan energi, konversi energi, dan konversi emisi CO2 akan muncul di layar.

Baca juga: Carbon Footprint Scopes 1, 2, dan 3, Contoh serta Cara Menghitungnya

Itulah 5 kalkulator jejak karbon yang bisa Anda pakai untuk menghitung emisi karbon harianmu. Jangan pandang sebelah mata kondisi bumi kita, lakukan aksi perubahan sekarang juga!

LindungiHutan Menanam Lebih Dari 800 RIBU Pohon di 50 Lokasi Penanaman Bersama 500+ Brand dan Perusahaan

Ana Salsabila adalah Junior SEO Content Writer di LindungiHutan yang berpengalaman dalam penulisan artikel tentang lingkungan dan kehutanan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rawat Bumi LindungiHutan