Connect with us

Mitra Hijau

Kontribusi Hijau Esta Dana Ventura Tanam 5.001 Pohon Mangrove di Pesisir Indramayu

Published

on

Aksi Penghijauan Esta Dana Ventura

PT Esta Dana Ventura merupakan lembaga keuangan non-bank di Indonesia dengan model modal ventura/microfinance institute. Berdiri 9 Februari 2015, perusahaan berkomitmen memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mendapatkan sumber dana modal usaha dengan mudah dan cepat. 

Selain membantu masyarakat, kehadiran perusahaan menunjukkan kepeduliannya terhadap lingkungan. PT Esta Dana Ventura menggandeng LindungiHutan, bersama menginisiasi kampanye Green Future untuk keberlanjutan lingkungan.

Langkah tersebut sejalan dengan komitmen ESG dengan melakukan aksi nyata bersama dengan komunitas dan para stakeholder perusahaan.

Hijaukan Pesisir Pabean Ilir dengan Ribuan Mangrove dari PT Esta Dana Ventura

Green Future merupakan kampanye hijau yang dilakukan PT Esta Dana Ventura dalam rangka mendukung keberlanjutan di wilayah pesisir. Perusahaan menggandeng startup lingkungan LindungiHutan dalam menggelar penanaman 5.001 pohon mangrove di Pesisir Pabean Ilir, Kabupaten Indramayu pada 22 Mei 2024.

Kegiatan penanaman melibatkan karyawan Esta Dana Ventura, perwakilan dari Paguyuban Penyelamat Lingkungan Pesisir Pabean Ilir, Riyanto, dan tim LindungiHutan. Aksi penanaman 5.001 pohon mangrove tersebut diikuti secara kompak dengan satu tujuan menyelamatkan pesisir dari kerusakan lingkungan terlebih abrasi.

Kolaborasi tersebut menjadi aksi nyata perusahaan dan komunitas dalam menjaga dan melestarikan lingkungan. Penanaman ribuan mangrove tersebut juga menjadi langkah perusahaan untuk berinvestasi untuk bumi di masa mendatang.

Baca juga: Rayakan Forum Air Dunia ke-10, IHE Delft Institute Tanam 1.264 Pohon Mangrove di Bali

Mangrove untuk Pesisir Pabean Ilir

Pesisir Pabean Ilir menjadi lokasi penting untuk Desa Pabean Ilir sendiri. Hutan mangrove di desa ini seluas 367 ha tersebar di sepanjang pantai. Desa ini berpotensi sebagai kawasan edukasi dan wisata mangrove yang bermanfaat untuk lingkungan dan masyarakat.

Namun, pesisir Pabean ilir marak dengan aktivitas perambahan dan konversi hutan mangrove menjadi area tambak, lahan pertanian, dan pemukiman. Perlahan, kawasan ini kehilangan benteng alami-nya yaitu kawasan mangrove.

Pohon mangrove dipilih karena jenis ini mampu menyelamatkan ekosistem pesisir dari kerusakan lingkungan. Hutan mangrove memiliki manfaat untuk menahan abrasi air laut, meredam tsunami, menyerap emisi karbon, habitat bagi makhluk hidup lainnya dan sumber pendapatan bagi masyarakat sekitar.

Maka dari itu Riyanto bersama anggota Paguyuban Penyelamat Lingkungan bersatu melakukan upaya penanaman dan pelestarian hutan mangrove kembali.

Dengan penanaman ini, PT Esta Dana Ventura berharap dapat memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan sekaligus meningkatkan kesadaran terhadap masyarakat, perusahaan, dan pemerintah untuk berkolaborasi bersama menjaga kelestarian alam.

Baca juga: PT Multi Guna Maritim Inisiasi Aksi Penghijauan “Satu Bumi, Selamatkan Alam” Tanam 1.000 Mangrove di Kepulauan Seribu

Berikan Dampak Berkelanjutan untuk Lingkungan Bersama LindungiHutan

Kampanye Green Future PT Esta Dana Ventura dalam melestarikan lingkungan adalah contoh nyata bahwa tanggung jawab sosial dengan bisnis dapat berjalan beriringan. Melalui penanaman 5.001 pohon mangrove di Pesisir Pabean Ilir Indramayu, perusahaan tidak hanya berkontribusi pada lingkungan tetapi juga memberikan manfaat langsung bagi masyarakat setempat. 

LindungiHutan memiliki 50 lokasi penanaman yang berafiliasi dengan komunitas atau petani lokal dalam menjaga kelestarian lingkungan. Dampak dari kolaborasi tersebut mampu mencakup dari aspek lingkungan, sosial, dan ekonomi masyarakat.

Kami juga dipercaya lebih dari 818 brand dan perusahaan dalam negeri maupun luar negeri melakukan aksi penghijauan yang tersebar di seluruh Indonesia. Ikuti langkah. Mari berikan dampak berkelanjutan, bersama LindungiHutan.

LindungiHutan Menanam Lebih dari 800 RIBU Pohon di 50 Lokasi Penanaman yang Tersebar di Indonesia

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rawat Bumi LindungiHutan