Connect with us

Mitra Hijau

Exacoat x LindungiHutan Menanam 3.500 Mangrove di Pesisir Tambakrejo Semarang

Published

on

Exacoat x LindungiHutan Menanam 3.500 Mangrove di Semarang, Jawa Tengah.

Exacoat adalah leading brand di industri skin gadget di Indonesia. Semua material yang digunakan diimpor dengan tingkat presisi tertinggi dan fokus kepada perlindungan gadget. Tentu penggunaan skin Exacoat tidak akan meninggalkan bekas dan gadget yang digunakan akan terlihat sama ketika memasang skin.

Skin handphone atau gadget adalah lapisan tambahan untuk melindungi gadget. Exacoat menyediakan skins dengan tingkat presisi tertinggi dengan inovasi 3600, menggunakan material terbaik di dunia yaitu authentic 3M material yang diimpor langsung dari US dan Jepang. Dengan garansi pemasangan, pertama di dunia. Setiap motif memiliki tekstur unik tersendiri yang dapat dipilih sesuai dengan selera.

Berawal dari rasa frustasi yang dihadapi ketika semua perangkat penuh baret, jamur, dan sidik jari, meskipun sudah menggunakan case. Nyatanya, debu halus yang berada di antara case dan device membuat device tersebut baret. Oleh sebab itu, Exacoat mencoba mencegah masalah tersebut sembari membuat device terlihat jauh lebih baik, yaitu dengan menggunakan skin.

Akhirnya, setelah 3 tahun pengembangan, Exacoat menemukan material terbaik yang melebihi ekspektasi selama ini. Sejak saat itu pula, brand tersebut berencana untuk mengubah nasib setiap device, dengan membuat mereka terlihat baru, sekalipun telah digunakan hingga 3 tahun lamanya.

Semangat tersebut diiringi dengan material yang berkualitas tinggi dan perhatian yang sangat mendetail hingga micron terakhir dengan ahli dan riset yang berpengalaman, serta tim pengembangan. Exacoat memegang komitmen untuk unggul di produk dan pelayanan.

Baca juga: Lemonilo Peringati Hari Bumi Tanam 100 Pohon di Semarang Bersama LindungiHutan

Program ‘One Skin, One Tree’, 1 Produk Exacoat Terjual = Menanam 1 Pohon

Exacoat berkolaborasi dengan LindungiHutan menginisiasi sebuah kampanye alam dan berupaya untuk mengurangi dampak perubahan iklim global serta mencegah terjadinya abrasi di wilayah Pesisir Tambakrejo. Setiap pembelian 1 skin Exacoat maka secara tidak langsung telah turut berpartisipasi dalam penanaman 1 pohon di wilayah Pesisir Tambakrejo.

Melalui inisiasi kampanye alam bertajuk ‘One Skin, One Tree’. Exacoat sukses mengumpulkan 3.502 pohon Mangrove Rhizophora dan telah ditanam di Pesisir Tambakrejo, Kota Semarang pada  25 September 2022. Adapun, proses penanaman berjalan lancar dengan dibantu oleh Kelompok Camar.

Harapannya, penanaman pohon tersebut bisa memberikan dampak positif bagi lingkungan dan juga masyarakat sekitar. Di samping itu, langkah Exacoat menginisiasi kampanye alam dan penanaman pohon ini juga bisa menjadi inspirasi bagi banyak pihak. Tentu, dengan makin banyaknya orang yang tergerak ikut dalam upaya-upaya pelestarian alam, maka semakin banyak pula ‘tangan-tangan’ yang turut menjaga bumi kita.

Baca juga: Zazz Indonesia Tanam 531 Pohon Mangrove di Semarang

Permasalahan Pesisir Tambakrejo dan Abrasi yang Terjadi

Exacoat tanam mangrove
Salah satu anggota kelompok CAMAR sedang menanam bibit mangrove hasil kerjasama LindungiHutan dengan Exacoat (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Pemilihan Pesisir Tambakrejo sebagai lokasi penanaman pohon tentu bukan tanpa alasan. Tambakrejo adalah sebuah desa yang terletak paling utara di Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah. Daerah tersebut rawan terdampak banjir terutama jika air laut sedang pasang. Mengingat, letaknya yang berada di wilayah pesisir, membuat Tambakrejo acap kali terdampak abrasi pantai. Ombak Laut Jawa secara perlahan mengikis daratan Tambakrejo dan mengancam tempat tinggal para nelayan setempat.

Belum lagi, keberadaan sampah ikut menambah permasalahan lingkungan di sekitar Pesisir Tambakrejo. Sampah yang terus menumpuk, menyebabkan pencemaran air, udara, maupun tanah bagi masyarakat sekitar. Akibatnya, rob yang menerjang Tambakrejo semakin parah. Sebab, aliran air tersumbat oleh berbagai macam sampah yang menggenang.

Kegiatan Penanaman Pohon Bersama Exacoat Didukung oleh Kelompok CAMAR

Kerjasama LindungiHutan dan Exacoat
Kelompok CAMAR berfoto dengan banner kegiatan Exacoat di lokasi penanaman mangrove (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Banyak solusi yang dapat dilakukan untuk menyelamatkan pemukiman sekitar Tambakrejo termasuk ekosistem di dalamnya. Salah satu solusi konkret yang dapat dilakukan yaitu melalui penanaman mangrove untuk menguatkan pesisir Tambakrejo seperti yang dilakukan oleh Kelompok Camar.

Kelompok Tani Cinta Alam Mangrove Asri dan Rimbun (CAMAR) sejak tahun 2011 telah mulai menanam pohon mangrove sebagai upaya menghalau abrasi yang menerjang wilayah mereka.

Cara yang sama juga kemudian dilakukan oleh Exacoat bersama LindungiHutan dengan melakukan penanaman pohon Mangrove Rhizophora di Pesisir Tambakrejo, Kota Semarang.

Menurut Jumairi sebagai ketua Kelompok Tani Camar, selain dapat menghalau abrasi, penanaman mangrove juga dapat menumbuhkan ekonomi baru bagi masyarakat sekitar. Sekaligus, menurunkan suhu udara pesisir di sekitar Desa Tambakrejo. Olahan pangan dan kerajinan dari mangrove juga dapat memberdayakan masyarakat sekitar pesisir.

Baca juga: Stoneroot Essentials Menanam 200 Mangrove di Kampung Laut, Cilacap

Akhir kata, semoga kampanye alam dan penanaman pohon atas inisiasi Exacoat bisa membawa kebaikan bagi lingkungan dan juga masyarakat setempat.

Muhamad Iqbal adalah SEO content writer di LindungiHutan dengan fokus pada tulisan-tulisan lingkungan, kehutanan dan sosial.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rawat Bumi LindungiHutan