Connect with us

Mitra Hijau

Hogan Lovells DNFP Tanam 325 Pohon di Pantai Indah Kapuk Jakarta

Published

on

Hogan Lovells tanam mangrove di PIK.

Hogan Lovells DNFP adalah firma hukum Amerika-Inggris yang berkantor pusat di London dan Washington DS. Firma ini dibentuk pada 2010 oleh penggabungan firma hukum Amerika Hogan dan Hartson dan firma hukum Inggris Lovells.

Dengan bekerja bersama Hogan Lovells DNFP, klien akan mendapatkan manfaat dari pemahaman firma yang mendalam mengenai Indonesia baik dari aspek hukum, komersial, dan budaya, serta pengalaman dan wawasan luas yang didapatkan dari pengalaman menangani permasalahan hukum berskala internasional.

Adapun, kapabilitas yang dimiliki oleh Hogan Lovells DNFP bermacam-macam.  Mulai dari kapabilitas korporasi yang menangani transaksi yang rumit dalam berbagai bidang usaha dan telah mendampingi berbagai perusahaan terkemuka dan lembaga keuangan di seluruh belahan dunia.

Selain itu, Hogan Lovells DNFP juga memiliki kapabilitas di bidang keuangan. Pertimbangan-pertimbangan mengenai pembiayaan baru, pembiayaan ulang, atau restrukturisasi, tim hukum keuangan Hogan Lovells DNFP yang tersebar dan memiliki pengalaman di seluruh belahan dunia siap untuk mengantisipasi kebutuhan klien dan kebutuhan pembiayaannya.

Hogan Lovells DNFP juga menangani sengketa dalam yurisdiksi yang unik seperti di Indonesia, maka klien membutuhkan wawasan yang luas, efektif, dan penyelesaian yang sigap- saran yang pragmatis dan kreatif, serta didukung dengan segudang pengalaman.

Video Dokumentasi Kegiatan ‘Hogan Lovells Jakarta – Responsible Business: Together to Make Jakarta Greener’ di Ekowisata Mangrove PIK, Jakarta.

Apalagi, Hogan Lovells DNFP merupakan pelopor praktik investigasi perusahaan di Indonesia, memanfaatkan teknologi yang terbaik dan mutakhir dan sebagai firma hukum pertama-atau bukan satu-satunya yang menerapkan kecerdasan buatan (artificial intelligence).

Lebih lanjut, Hogan Lovells DNFP juga membantu perusahaan-perusahaan dalam memahami dan bernavigasi dalam rezim hukum di Indonesia. Hogan bermitra dengan bisnis klien untuk menciptakan solusi yang cerdas dan praktis, melihat peluang baru, dan memperkuat perusahaan klien untuk terus melaju.

Baca juga: PT National Label Umas Daya Tanam 1.000 Pohon di Tangerang

Inisiasi Program Penghijauan ‘Hogan Lovells Jakarta – Responsible Business: Together to Make Jakarta Greener’

Peserta aksi penanaman Hogan Lovells
Perwakilan Hogan Lovells DNFP yang hadir dalam kegiatan penanaman berfoto bersama di area ekowisata hutan mangrove PIK (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Menggandeng LindungiHutan, Hogan Lovells DNFP menginisiasi kampanye alam bertajuk “Hogan Lovells Jakarta – Responsible Business: Together to Make Jakarta Greener’. Aksi nyata tersebut tentu sebagai wujud nyata komitmen Hogan Lovells DNFP terhadap upaya-upaya pelestarian lingkungan.

Melalui kampanye alam ini, Hogan Lovells DNFP sukses menanam 325 Mangrove Rhizophora di Ekowisata Mangrove Pantai Indah Kapuk, Kota Jakarta pada tanggal 20 September 2022.

Apa yang dilakukan oleh Hogan Lovells DNFP sudah sepatutnya kita apresiasi bersama. Kesadaran kolektif atas pentingnya menjaga kelestarian alam sudah seharusnya kita tumbuhkan bersama. Masyarakat didukung oleh pemerintah, korporasi, brand hingga firma hukum seperti Hogan Lovells DNFP berperan besar dalam membentuk masyarakat dan lingkungan yang ramah lingkungan.

Di samping itu, inisiasi penanaman pohon oleh Hogan Lovells DNFP harapannya akan membawa kebaikan bagi lingkungan dan masyarakat setempat.

Baca juga: PT Pigeon Lakukan Kampanye Penghijauan

Selayang Pandang Ekowisata Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk (PIK) Jakarta Utara

Penanaman mangrove Hogan Lovells berlangsung.
Peserta aksi penanaman tampak sedang menanam mangrove di Pantai Indah Kapuk (PIK) Jakarta Utara (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Selain terkenal dengan komplek perumahan elit di Jakarta Utara. Kawasan pesisir Pantai Indah Kapuk (PIK) merupakan salah satu ekosistem di Teluk Jakarta yang mengalami tekanan lingkungan.Tekanan tersebut salah satunya diakibatkan oleh penumpukan penduduk sebagai dampak dari berbagai sektor seperti pusat perkantoran, bisnis, perdagangan, rekreasi, wisata, perumahan elite, pendidikan, dan lain-lain.

Menariknya, sebuah kawasan ekowisata hutan mangrove eksis di tengah-tengah perubahan lahan Jakarta Utara, yaitu Ekowisata Mangrove PIK.

Selain menjadi wisata keluarga, spot pemotretan, prewedding, dan shooting, mangrove di daerah Jakarta bagian utara ini juga berperan besar dalam upaya pencegahan abrasi pantai, penyeimbang kualitas air dan udara, dan mencegah intrusi air laut. Tidak hanya dari segi ekologi, secara ekonomi, mangrove memberikan kontribusi langsung terhadap pendapatan masyarakat seperti penyerapan tenaga kerja serta tambak hewan laut di daerah pesisir.

Sangat tidak mudah menjaga ekosistem mangrove. Apalagi, dalam kasus PIK ini menghadapi tantangan peralihan area mangrove. Kini, mangrove berkonversi menjadi tempat permukiman, kondominium, pusat bisnis, rekreasi dan lapangan golf yang dilakukan tanpa memperhatikan kondisi mangrove itu sendiri.

Baca juga: Bank Danamon Bersama Bersinergi Tanam 2.500 Pohon di Bekasi

Manfaat Mangrove yang Ditanam Hogan Lovells dan LindungiHutan di Jakarta

Mengingat pentingnya ekosistem mangrove dan kondisi fisik wilayah Jakarta yang memprihatinkan, maka diperlukan rencana penambahan lahan mangrove sebagai pengganti lahan yang rusak karena alih fungsi lahan.

Maka dari itu, Hogan Lovells DNFP bersama LindungiHutan menginisiasi penanaman mangrove di Pantai indah Kapuk Jakarta Utara. Mengapa mangrove dan apa saja manfaatnya? Berikut ini beberapa manfaat tanaman mangrove yaitu:

  • Menjaga garis pantai agar tetap stabil. Melindungi pantai dan sungai daerah erosi dan abrasi,
  • Menahan angin kencang dari laut,
  • Menahan proses penimbunan lumpur,
  • Menjaga wilayah penyangga dan menyaring air laut menjadi air tawar di daratan,
  • Mengolah limbah beracun, menghasilkan oksigen, dan menyerap karbon dioksida,
  • Menghasilkan bahan pelapukan yang menjadi sumber makanan bagi plankton sehingga dapat menunjang rantai makanan,
  • Tempat memijah dan berkembang biak ikan, kerang, kepiting, dan udang.
  • Tempat berlindung, bersarang, dan berkembang biak burung atau satwa lain,
  • Sumber plasma nutfah dan sumber genetik dan habitat alami bagi berbagai jenis biota.

Baca juga: Gramedia Ecoliteracy: Program Penghijauan 250 Pinus di Gunung Andong Bersama LindungiHutan

Program penghijauan ‘Hogan Lovells Jakarta – Responsible Business: Together to Make Jakarta Greener’ merupakan salah satu langkah Hogan Lovells DNFP memberikan dampak kebaikan bagi lingkungan dan masyarakat sekitar hutan mangrove Jakarta.

Muhamad Iqbal adalah SEO content writer di LindungiHutan dengan fokus pada tulisan-tulisan lingkungan, kehutanan dan sosial.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sedekah Pohon LindungiHutan