Powered by ProofFactor - Social Proof Notifications

Sumber Daya Alam: Jenis, Manfaat dan Contoh SDA (Up 2022)

Setiap benda yang kita manfaatkan merupakan bentuk dan contoh sumber daya alam. Tapi pada artikel ini, kita akan mengulas sumber daya alam secara lebih lengkap dengan jenis dan contoh-contohnya
pengertian sumber daya alam, jenis-jenis, manfaat dan contoh-contoh SDA.

Kita sudah tidak asing lagi dengan kata sumber daya alam (SDA). Sebagai manusia, kita sangat membutuhkan sumber daya alam untuk kebutuhan hidup berupa kebutuhan untuk sandang, pangan, maupun papan.

Pada pembahasan kali ini, kita akan mengulas seluk-beluk sumber daya alam, jenis-jenis, manfaat dan contoh-contoh SDA secara lugas dan lengkap.

Pengertian Sumber Daya Alam

Sumber daya alam (SDA) menurut beberapa sumber merupakan potensi alam yang dapat dikembangkan sebagai bahan untuk proses produksi yang berasal dari bumi, biosfer, dan atmosfer.

Sedangkan secara yudiris yang tercantum dalam UU No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, pengertian sumber daya alam adalah unsur lingkungan hidup terdiri atas sumber daya hayati dan non hayati pembentuk suatu ekosistem.

Jenis Sumber Daya Alam

Berdasarkan pengertian yang telah dijelaskan, sumber daya alam sebagai bahan untuk pemenuhan kebutuhan dan keberlangsungan kehidupan manusia. SDA dapat memberikan nilai ekonomi dalam bentuk mentah maupun yang harus atau telah melewati proses.

Berikut ini adalah klasifikasi SDA sesuai dengan beberapa kategori antara lain yaitu:

  1. Berdasarkan Sumbernya
  2. Berdasarkan Sifatnya
  3. Berdasarkan Potensi Kegunaannya
  4. Berdasarkan Pembentukannya
  5. Berdasarkan Daya Pakai dan Nilai Ekonomis
  6. Berdasarkan Lokasinya

Baca juga: 10+ Jenis Pohon yang Cocok Ditanam di Lahan Gambut

Manfaat SDA

Seperti yang sudah kita ketahui, sumber daya alam memiliki banyak manfaat untuk kehidupan. Beberapa SDA yang sangat penting seperti udara untuk bernafas, sinar matahari, air, tanah dan lain sebagainya.

Beberapa manfaat sumber daya alam antara lain yaitu:

1. Sumber Bahan Bakar dan Penghasil Energi

Di dalam perut bumi terdapat banyak sumber energi yang dihasilkan dari fosil dan dapat dimanfaatkan untuk bahan bakar. Sinar matahari, udara, gelombang laut sebagai sumber energi alternatif

2. Sumber Bahan Makanan

SDA berupa air, tumbuhan, dan hewan sebagai bahan makanan bagi manusia dan makhluk hidup lain untuk dapat bertahan hidup

3. Bahan Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Keberadaan sumberdaya alam merupakan bahan untuk manusia melakukan pengembangkanilmu pengetahuan dan teknologi. Inovasi yang dihasilkan dapat digunakan untuk mencapai kemaksimalan hidup yang sejahtera.

Contoh Sumber Daya Alam

SDA dibagi menjadi 6 kategori dan pengelompokkan sebagaimana telah tercantum pada ulasan di atas. Contoh-contoh sumber daya alam antara lain yaitu:

A. SDA Berdasarkan Sumbernya

SDA dibedakan menjadi dua jenis komponen pembentuknya yaitu biotik dan abiotik.

1. Sumber Daya Alam Hayati/Biotik

SDA hayati bersumber dari komponen biotik meliputi seluruh makhluk hidup dibumi. Contoh: tumbuhan, hewan, dan mikroorganisme.

Sumber daya alam berasal dari tumbuhan (nabati) berupa sayuran, buah-buahan, biji-bijian, rempah-rempah, oksigen dan lain sebagainya.

Contoh-contoh sumber daya alam biotik yang berasal dari hewan berupa telur, daging, susu, dan lain sebagainya.

2. Sumber Daya Alam Non Hayati/Abiotik

SDA non hayati bersumber dari komponen abiotik atau benda mati meliputi seluruh unsur yang tidak bernyawa.

Contoh-contoh sumber daya alam abiotik antara lain yaitu air, udara, sinar matahari, tanah, batuan, bahan tambang, mineral dan lainnya.

B. SDA Berdasarkan Sifatnya

Berdasarkan sifatnya, Sumber daya alam dibagi menjadi dua jenis yaitu SDA yang dapat diperbaharui (renewable) dan tidak dapat diperbaharui (non-renewable).

Berikut ini penjelasan masing-masingnya yaitu:

1. SDA Dapat Diperbaharui (Renewable)

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui (renewable) berasal dari alam dan dapat digunakan berulang-ulang tanpa rasa khawatir akan ketersediaannya. Sebab SDA ini tidak akan habis sebab alam akan terus memperbaharuinya. Namun, dalam pemanfaatanya tetap harus dijaga dengan mekanisme konservasi yang tepat agar tetap lestari.

Berikut ini beberapa contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui:

a) Tumbuhan

Tumbuhan adalah produsen utama dalam rangkaian rantai makanan di ekosistem. Hampir seluruh makhluk hidup mengonsumsi tumbuhan sebagai sumber utama makanannya. Persediaan tumbuhan di alam selalu ada karena dapat tumbuh di alam dan juga dibudidayakan

b) Hewan

Hewan merupakan salah satu sumber daya alam yang dapat diperbaharui untuk konsumsi, tenaga dan juga kotorannya. Ketersediaan hewan di alam selalu tercukupi karena akan bereproduksi di alam bebas maupun melalui budidaya peternakan.

c) Air

Air termasuk salah satu unsur utama pembentuk kehidupan. Tumbuhan menggunakan air untuk bahan fotosintesis atau memasak makanannya. Manusia dan hewan menggunakan air untuk memenuhi cairan dalam tubuhnya dan keperluan lainnya.

d) Energi Matahari

Sinar matahari juga salah satu komponen penting pembentuk kehidupan. Energi matahari bagi tumbuhan untuk fotosintesis. Sedangkan manusia dapat digunakan sebagai energi alternatif.

e) Tanah

Tanah merupakan lapisan bumi tempat makhluk hidup berpijak dan melangsungkan aktivitas kehidupan sehari-harinya. Kualitas kesuburan tanah perlu dijaga untuk menjaga unsur hara di dalamnya.

2) SDA Tidak Diperbarui (Non-Renewable)

SDA tidak diperbarui (non-renewable) adalah sumber daya yang berasal dari alam namun jumlahnya terbatas. Apabila SDA ini digunakan terus-menerus akan habis atau punah dan tidak dapat dipulihkan.

Pemanfaatan SDA tidak diperbarui harus tepat guna dan perlu dipikirkan untuk dampak jangka panjangnya. Selain akan habis, sebagian SDA tidak diperbarui dapat membahayakan kehidupan karena menghasilkan emisi karbon.

Berikut ini beberapa contoh SDA non-renewable diantaranya yaitu:

a) Minyak Bumi

Minyak bumi merupakan hasil dari jasad renik makhluk hidup yang tertimbun selama ribuan hingga jutaan tahun pada lapisan bumi. Dalam mendapatkannya, minyak bumi harus melewati proses penambangan berupa pengeboran lapisan bumi pada area kilang minyak mentah.

Produk yang dihasilkan sering kita temui adalah bahan bakar minyak, bensin, solar, minyak tanah dan lainnya.

b) Logam

Logam di alam banyak terdapat jenis logam yang biasa kita gunakan untuk keperluan sehari-hari, kecantikan, dan hiasan. Jenis-jenis logam yang terkenal diantaranya, emas, nikel, perak, besi, tembaga, alumunium dan lainnya.

c) Batubara

Batubara termasuk salah satu produk tambang yang terbentuk dari fosil atau pembusukan tumbuhan. Pemanfaatanya sebagai bahan bakar industri, dan mesin kendaraan, pembangkit listrik.

Baca juga: Apa itu CSR? Pengertian, Jenis, Tujuan, Fungsi dan Manfaat CSR

C. SDA Berdasarkan Potensi Kegunaannya

Sumber daya alam apabila ditinjau dari potensi kegunaannya terbagi menjadi dua jenis SDA yang menghasilkan energi dan SDA sebagai bahan baku.

Berikut ini contoh-contoh masing-masing jenisnya:

1. SDA Energi

Contoh-contoh SDA yang berpotensi untuk energi yaitu: air (waduk, bendungan, sungai, laut), sinar matahari, angin, gelombang laut, panas bumi atau gas bumi.

2. SDA Penghasil Bahan Baku

Contoh-contoh SDA yang digunakan untuk bahan baku diantaranya yaitu: hasil pertanian, hasil perkebunan, hasil hutan, dan hasil pertambangan.

D. SDA Berdasarkan Pembentukannya

Jenis-jenis sumber daya alam apabila ditinjau dari potensi kegunaannya terbagi menjadi tiga macam SDA materi, energi dan SDA ruang.

1. SDA Materi

SDA materi terdiri dari benda mati dan dapat diperoleh secara langsung dari alam tanpa melalui serangkaian proses pengolahan.

2. SDA Energi

Jenis SDA ini digunakan untuk menunjang kehidupan manusia. Contoh-contoh sumber daya energi yaitu: minyak bumi, batu bara, air, udara, sinar matahari.

3. SDA Ruang

Keberadaan SDA Ruang bergantung pada waktu dan musim. Contoh sumber daya ruang berupa ketersediaan air saat musim hujan lebih melimpah dibandingkan jika musim kemarau.

E. SDA Berdasarkan Daya Pakai dan Nilai Ekonomis

Macam-macam sumber daya alam jika dikelompokkan berdasarkan daya pakai dan nilai ekonomis terbagi menjadi dua yaitu:

1. SDA Ekonomis

Sumber daya alam ekonomis yaitu SDA yang terdapat nilai ekonomis dalam pemanfaatannya atau memiliki nilai jual. Contohnya SDA ekonomis seperti logam mulia (berlian, emas, perak, rubi), minyak bumi, batu bara, gas bumi.

2. SDA Non Ekonomis

Sumber daya alam non-ekonomis tidak terdapat nilai ekonomis pada sumberdaya alam jenis ini karena dapat diperoleh secara langsung dari alam tanpa melewati proses tertentu. Contoh SDA non-ekonomis yaitu: sinar matahari dan udara.

F. SDA Berdasarkan Lokasinya

Jenis-jenis SDA berdasarkan lokasinya terbagi menjadi 2 macam yaitu:

1. SDA Akuatik

SDA akuatik adalah sumber daya alam yang hanya terdapat di perairan baik laut, sungai, rawa-rawa dan sebagainya. Contoh-contoh SDA akuatik diantarany yaitu: ikan, udang, rumput laut, kerang-kerangan, terumbu karang, dan lainnya.

2. SDA Terrestrial

SDA terrestrial adalah sumber daya alam yang hanya terdapat di daratan. Contoh-contoh SDA terrestrial yaitu keanekaragaman isi dan hasil hutan, aneka hasil tambang, dan lainnya.

FAQ

Apa itu Sumber Daya Alam?

Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang berasal dari bumi, biosfer dan atmosfer yang dapat dimanfaatkan untuk pemenuhan kebutuhan manusia.

Apa Contoh-contoh SDA?

Secara umum, sumber daya alam dibagi menjadi 2 yaitu biotik/hayati dan abiotik/non-hayati. Beberapa contoh SDA biotik yaitu tumbuhan, hewan dan mikroorganisme. Sedangkan contoh SDA abiotik seperti air, logam, sinar matahari, tanah, batuan, minyak bumi dan semisalnya.

Baca juga: Pohon Bakau, Tanaman Mangrove Sejuta Manfaat, Jenis, Ciri-ciri dan Manfaatnya

Penulis: Rifdah Qotrunnada

Editor: M. Nana Siktiyana