Connect with us

Emisi Karbon

Apa Saja Penghasil Emisi Karbon di Dalam Kehidupan Sehari-Hari?

Published

on

Emisi karbon sehari-hari.

Pernahkah terlintas dalam pikiranmu, berapa besar kira-kira emisi karbon yang dihasilkan selama kita beraktivitas sehari-hari dan dari mana saja sumber emisinya? Sebenarnya apa saja penyebab emisi yang bisa jadi kita hasilkan? Penasaran? Mari kita hitung menggunakan kalkulator jejak karbon Imbangi!

Anggap saja ini hari Minggu, kamu sedang berada di kos-kosan/kontrakan/apartemen/maupun rumah. Kamu tinggal sendiri dan sedang ingin beristirahat hanya dengan bersantai di rumah. Menikmati hari Minggu bersiap menghadapi hari Senin.

Pagi, kamu bangun dari tempat tidur, mematikan kipas angin yang kamu hidupkan hampir semalaman penuh. Tampaknya kota sedang terasa panas, kamu tak betah tidur sembari keringatan. Menghidupkan kipas angin solusinya! Pagi ketika bangun kamu lantas mematikannya.

Total Jejak Karbon yang Dihasilkan Menggunakan Kipas Angin Selama 6 Jam

Emisi karbon kipas angin.

Selama enam jam, satu buah kipas angin menghasilkan jejak karbon sebesar 0,21 ton CO2eq/hari, kalau sebulan 6,37 ton CO2eq, dan selama setahun 77,53 ton CO2eq.

Setelah mematikan kipas angin dan beranjak dari tempat tidur, kamu geser ke kamar mandi. Cuci muka sebentar, tak mandi. Lanjut ke dapur menyiapkan rice cooker, kamu hendak memasak nasi untuk sarapan nanti.

Total Emisi Karbon yang Dihasilkan Menggunakan Rice Cooker Celama 1 Jam

Jejak karbon rice cooker

Waktu yang dibutuhkan untuk memasak nasi kira-kira satu jam. Berdasarkan hitungan kalkulator karbon Imbangi, satu jam memasak nasi menggunakan satu rice cooker menghasilkan 0,35 ton CO2eq/hari, kalau sebulan 10,62 ton CO2eq, sementara setahun 129,21 ton CO2eq.

Menunggu nasi matang dan tanak, kamu mengecek kulkas, barangkali ada sayur atau bahan makanan yang bisa dimasak. Akan tetapi, kamu menemukan jus jeruk semalam yang belum habis. Cocok untuk mengganjal perut di pagi hari pikirmu.

Baca juga: Tutorial Menghitung Emisi dengan Kalkulator Jejak Karbon Imbangi

Total Emisi yang Dihasilkan Menggunakan Kulkas Selama 24 Jam

Emisi karbon kulkas

Kulkas mungkin salah satu atau bisa jadi satu-satunya peralatan listrik yang menyala hampir selama 24 jam non-stop. Kalau dihitung, satu buah kulkas yang menyala selama 24 jam/hari menghasilkan jejak karbon 8,50 ton CO2eq per hari, 254,88 ton CO2eq per bulan, dan 3.101,04 ton CO2eq per tahun.

Minum jus sudah, tetapi nasi belum matang. Kamu menuju televisi hendak mencari film terbaru. Menunggu sembari menonton film favorit. Kira-kira berapa emisi yang dihasilkan ya?

Total Emisi yang Dihasilkan Menggunakan Televisi Selama 2 Jam

Emisi karbon pemakaian televisi

Anggap saja kamu menyalakan televisi selama 2 jam, untuk menonton satu film hingga selesai. Kalau menggunakan kalkulator jejak karbon Imbangi, televisi yang menyala selama 2 jam menyumbang jejak karbon sebesar 0,12 ton CO2eq per hari, 3,54 ton CO2eq per bulan, dan 43,07 ton CO2eq per tahun.

Di tengah menonton film, kamu sadar ada pekerjaan kantor yang sepertinya belum selesai. Bergegas menuju meja kerja, mengambil laptop dan mengeceknya. Astaga, Kamu lupa! Revisi Bos minggu lalu belum kamu kirimkan kembali. Kirimkan sekarang sebelum lupa lagi!

Total Emisi Karbon yang Dihasilkan Menggunakan Laptop Selama 1 Jam

Emisi karbon laptop

Satu jam sepertinya cukup untuk mengecek ulang revisi pekerjaan sebelum akhirnya mengirim kepada Bos. Eits, satu jam kamu memakai laptop, ada 0,01 ton CO2eq karbon yang dihasilkan.

Terlalu fokus dengan pekerjaan, tak kamu sadari film dengan durasi dua jam berakhir sudah tanpa terlalu kamu perhatikan. Ending-nya tadi bagaimana ya? Akhirnya, Televisi kamu matikan, giliran dispenser yang dicolokkan! Kamu butuh kopi untuk menemani Minggu yang seharusnya santai tetapi terganggu revisi pekerjaan.

Total Emisi yang Dihasilkan Menggunakan Dispenser Selama 1 jam

Jejak karbon dispenser.

Menghangatkan air selama kurang lebih satu jam untuk membuat kopi menghasilkan jejak karbon sebesar 0,30 ton CO2eq, 8,96 ton CO2eq, dan 108,97 ton CO2eq.

Jadi, berapa total emisi yang dihasilkan? Kalau dijumlahkan ada 9,49 ton jejak karbon dari menggunakan berbagai peralatan elektronik dengan durasi yang berbeda-beda.

Baca juga: Lebih Besar Mana, Emisi Karbon Mobil atau KRL?

Hitung Jejak Karbonmu dengan Kalkulator Emisi Karbon Imbangi

Kalkulator jejak karbon Imbangi.

Kamu juga bisa menghitung emisi atau jejak karbon yang dihasilkan versi aktivitas sehari-harimu dengan kalkulator jejak karbon Imbangi!

Menggunakan Imbangi, kamu bisa menghitung total emisi yang dihasilkan dari berbagai jenis aktivitas tak hanya peralatan listrik. Ada berbagai kategori perhitungan emisi di Imbangi mulai dari kendaraan, konsumsi listrik wilayah, bahan bakar industri, AC atau pendingin ruangan, dan lain sebagainya.

Setelah menghitung dan mengetahui berapa besar emisi yang dihasilkan, kamu juga bisa mengimbangi atau melakukan carbon offsetting dengan cara menanam pohon. LindungiHutan bekerja sama dengan Mitra Petani di berbagai lokasi penanaman membantumu menanam pohon untuk tebus emisi!Penasaran cara kerjanya? Ingin mencobanya? Coba segera kalkulator jejak karbon Imbangi GRATIS di sini!

Gambar kalkulator jejak karbon.

Sudahkah Kamu Menghitung Jejak Karbonmu Hari Ini?

Hitung jejak karbonmu sekarang juga dengan menggunakan kalkulator jejak karbon Imbangi. Melalui kalkulator karbon Imbangi, kamu bisa menghitung besar emisi karbon dari penggunaan kendaraan, listrik, dan peralatan elektronik lainnya.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sedekah Pohon LindungiHutan