Connect with us

Emisi Karbon

Tutorial Menghitung Emisi dengan Kalkulator Jejak Karbon Imbangi

Published

on

Tutorial kalkulator jejak karbon Imbangi.

Imbangi adalah fitur kalkulator karbon dari LindungiHutan yang berfungsi untuk menghitung jejak karbon dari kegiatan atau aktivitas yang kamu lakukan.

Imbangi akan mengkalkulasikan faktor emisi dari berbagai macam aktivitas (transportasi, peralatan, listrik, bahan bakar) dan lama penggunaan/jarak tempuh serta frekuensi penggunaan.

Kenapa Emisi Jejak Karbon Perlu Dihitung?

Faktanya, aktivitas harian yang kamu lakukan menyumbang emisi karbon atau yang kemudian disebut sebagai jejak karbon. Misalnya, kamu menggunakan listrik untuk menyalakan 1 unit komputer selama 8 jam, maka akan menghasilkan 1,96 Ton CO2/hari.

Memangnya, Kalau Menghasilkan Emisi Kenapa?

Nah, emisi karbon yang dihasilkan berlebihan akan terperangkap di lapisan atmosfer dan mengurung/menyelimuti bumi. Dampaknya, suhu bumi akan meningkat dan terjadilah pemanasan global. Pemanasan global yaitu peningkatan suhu rata-rata di seluruh penjuru bumi akibat volume gas rumah kaca yang bertambah akibat jejak karbon yang kamu hasilkan.

Lantas, bagaimana caranya untuk menekannya? Kamu bisa menghitung total emisi yang dihasilkan dari aktivitas harian supaya ke depannya bisa lebih bijak dalam beraktivitas. Kamu juga bisa menanam pohon untuk menyerap/mengimbangi emisi karbon yang dihasilkan.

Lebih jelasnya, simak tutorial menggunakan kalkulator jejak karbon Imbangi!

Baca juga: 5 Kelebihan Kalkulator Jejak Karbon Imbangi!

Tutorial Menggunakan Kalkulator Karbon Imbangi!

1. Kunjungi laman Imbangi

Halaman kalkulator karbon Imbangi.

2. Pilih Kategori Kalkulator

Aktivitas menghasilkan jejak karbon.

3. Menghitung Emisi Karbon Peralatan Listrik

Emisi karbon peralatan listrik

2. Kategori Pengunaan Listrik Wilayah

Jejak karbon penggunaan listrik wilayah

3. Emisi Karbon Kendaraan Bermotor

Emisi karbon kendaraan bermotor

4. Emisi Karbon Penggunaan AC

Emisi karbon AC.

5.Kategori Perhitungan Emisi Karbon Peternakan Hewan

Emisi karbon peternakan.

FAQ

Apa itu jejak karbon?

Jejak karbon adalah jumlah total gas rumah kaca yang dihasilkan dari aktivitas sehari-hari.

Apa itu gas rumah kaca?

Gas rumah kaca adalah gas-gas yang dapat menahan panas matahari agar tidak memantul kembali ke ruang angkasa. Gas rumah kaca terdiri dari bermacam jenis, antara lain karbon dioksida (CO2), Metana (CH4), Nitro Oksida (N2O), dan gas-gas fluorine (Hydrofluorocarbons, perfluorocarbons, sulfur hexafluoride, dan nitrogen trifluoride).

Apa dampak gas rumah kaca?

Volume gas rumah kaca di atmosfer bumi yang terus meningkat dan bertambah akibat aktivitas manusia akan menghasilkan efek negative. Dampak buruk yang paling sering kita dengar yaitu pemanasan global atau global warming.

Apa itu carbon offset?

Carbon offset adalah salah satu upaya yang kita lakukan untuk “mengganti” jejak karbon yang dihasilkan dengan “menyerapnya”. Mengingat, manusia tidak dapat menyerap karbon, maka pohon dan organisme tertentu yang akan menggunakan karbon sebagai salah satu bahan fotosintesis.

Bagaimana pohon dapat menyerap karbon?

Pohon memanfaatkan karbon dioksida (salah satu komponen gas rumah kaca yang dominan) dari udara untuk proses fotosintesis. Selain menyerap karbon dioksida, pohon-pohon juga menghasilkan Oksigen untuk menyokong kehidupan di muka bumi.

Baca juga: Apa Itu Kalkulator Jejak Karbon? Manfaat, Cara Kerja, dan Tutorialnya

Segera Coba GRATIS Kalkulator Jejak Karbon Imbangi Di Sini!

Penasaran ingin mencoba Imbangi? Langsung saja kunjungi laman berikut https://m.lindungihutan.com/imbangi dan hitung berapa besar emisi karbon yang kamu hasilkan!

Jangan lupa juga untuk ‘menebus’ atau melakukan carbon offsetting bersama LindungiHutan melalui donasi pohon di Kampanye Alam yang tersedia. Kami akan merekomendasikan jumlah pohon yang perlu ditanam untuk menebus karbon yang kamu hasilkan. Laporan penanaman pohon dapat kamu akses melalui website www.lindungihutan.com.

Gambar kalkulator jejak karbon.

Coba Kalkulator Jejak Karbon Imbangi GRATIS di Sini!!!

Melalui kalkulator karbon Imbangi, kamu bisa menghitung besar emisi karbon dari penggunaan kendaraan, listrik, dan peralatan elektronik lainnya.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sedekah Pohon LindungiHutan