Connect with us

Mitra Hijau

Bank DBS Indonesia Inisiasi Program Penghijauan

Published

on

Bank DBS Indonesia

Bank DBS Indonesia (DBS Indonesia) didirikan pada 1989 dan menjadi bagian dari perusahaan keuangan terkemuka di Asia yaitu DBS Group yang berpusat di Singapura. DBS Indonesia memiliki 44 cabang perusahaan yang tersebar di 13 kota besar di Indonesia.

DBS Indonesia memberikan pelayanan perbankan untuk korporasi, usaha kecil dan menengah (UKM), dan aktivitas perbankan lainnya.

Pada bulan Juli 2023, DBS Group meraih penghargaan yang bergengsi dalam ajang Euromoney Awards for Excellence 2023 sebagai World’s Best Bank for Corporate Responsibility. Melalui penghargaan tersebut, Bank DBS menjadi bank pertama di Singapura yang memperoleh penghargaan sejak pertama kali kategori ini diadakan pada tahun 2014. 

Bank DBS senantiasa menjalankan praktik bisnis yang berkelanjutan dan tidak melupakan tanggung jawab perusahaan kepada sosial dan lingkungannya. Dunia sedang dihadapkan dengan isu-isu sosial dan lingkungan seperti perubahan iklim, penurunan keanekaragaman hayati, dan kesenjangan sosial yang harus kita hadapi bersama.

Baca juga: 5 Bank di Indonesia yang Bekerja Sama dengan LindungiHutan

Kolaborasi Kampanye Penghijauan Bank DBS Indonesia Bersama LindungiHutan

Sebagai bentuk komitmen DBS Group dalam mengatasi permasalahan sosial dan lingkungan, Bank DBS Indonesia menginisiasi program penghijauan bersama LindungiHutan dengan melakukan penanaman ribuan pohon. Berikut ini beberapa di antaranya!

1. 1000 Trees from T&O DBSI

Kampanye alam dari Bank DBS Indonesia khususnya oleh divisi memberikan kontribusinya untuk melindungi dan menjaga lingkungan dengan melakukan penanaman pohon di Danau Duta Harapan Bekasi dan TPU Perwira.

Sejumlah 250 pohon trembesi dan 250 pohon matoa ditanam di Danau Duta Harapan Bekasi pada 28 November 2019. Selanjutnya, 500 pohon kenanga disumbangkan oleh Bank DBS Indonesia melalui LindungiHutan untuk ditanam di TPU Perwira, Bekasi Utara pada 16 Desember 2019.

Bank DBS lakukan penanaman
Foto penanaman Bank DBS Indonesia dengan LindungiHutan. (Dokumentasi: Bussiness Development/LindungiHutan)

Mengingat kembali keberadaan pohon sangat dibutuhkan apalagi di kota-kota besar seperti Bekasi. Mayoritas di kota-kota besar Indonesia memiliki tingkat emisi karbondioksida yang cukup tinggi.

Penanaman pohon, salah satunya pohon trembesi yang dilakukan Bank DBS Indonesia menjadi langkah tepat untuk menekan emisi karbon di Indonesia. Pohon trembesi memiliki kemampuan untuk menyerap emisi gas rumah kaca dan memperbaiki kualitas udara di sekitarnya.

2. DBSI Annual Mass Volunteering 2019

Pada tahun 2019, Bank DBS Indonesia kembali menjalin kemitraan dengan LindungiHutan dalam upaya pelestarian lingkungan. Bank DBS Indonesia, menginisiasi kampanye alam bertajuk DBSI Annual Mass Volunteering 2019 “Plant More, Waste Less”.

Melalui kampanye tersebut, sebanyak 160 pohon mangga, 160 pohon jambu air, 170 pohon mahoni dan 160 pohon ketapang ditanam di Hutan Kota Patriot Bekasi pada 4 Desember 2019.

Hutan kota merupakan ruang terbuka hijau yang dibutuhkan di kota-kota besar. Selain itu, hutan kota dapat menjadi alternatif tempat untuk melepas penat ataupun berolahraga. Kawasan ini banyak ditumbuhi pohon guna menjaga keseimbangan ekosistem di sekitarnya.

Penanaman Bank DBS Indonesia
Foto penanaman Bank DBS Indonesia dengan LindungiHutan. (Dokumentasi: Bussiness Development/LindungiHutan)

Pemilihan pohon mangga sebagai jenis yang ditanam oleh Bank DBS Indonesia karena pohon tersebut memiliki daun yang rimbun, sehingga dapat digunakan sebagai peneduh di kawasan Hutan Kota Patriot Bekasi. Akar pohon mangga yang mencengkeram tanah dengan kuat mampu memberikan perlindungan dari bahaya erosi maupun tanah longsor.

Selain itu, terdapat pula pohon mahoni yang notabene pohon peneduh jalan raya. Pohon ini bermanfaat sebagai penyerap polusi udara, penghasil oksigen, dan lainnya. Jenis pohon ketapang berfungsi sebagai tanaman peneduh dan juga penyerap karbondioksida. 

Sekali lagi, Bank DBS Indonesia telah mengambil langkah yang tepat untuk mengatasi buruknya kualitas udara di kota besar dengan melakukan penanaman pohon.

3. Penanaman 1000 Pohon oleh DBS Indonesia & BNP Paribas Sri Kehati

Kolaborasi antara Bank DBS Indonesia dan BNP Paribas Sri Kehati bersama LindungiHutan menghadirkan upaya program penghijauan berupa penanaman mangrove di wilayah pesisir. Desa Bedono dan Pantai Mangunharjo menjadi lokasi pilihan dalam kegiatan penghijauan pada kolaborasi tersebut.

Kampanye bertajuk “Penanaman 1000 Pohon oleh DBS Indonesia & BNP Paribas Sri Kehati” menghasilkan 1000 pohon mangrove yang berhasil ditanam di desa Bedono dan Pantai Mangunharjo.

Penanaman 1000 Pohon oleh Bank DBS Indonesia & BNP Paribas Sri Kehati
Foto penanaman Bank DBS Indonesia di Desa Bedono, Demak. (Dokumentasi: Bussiness Development/LindungiHutan)

Penanaman mangrove adalah upaya yang sangat bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat di pesisir. Mengingat, ada banyak manfaat mangrove seperti pengendali erosi tanah, perlindungan dari tsunami, habitat bagi makhluk hidup, penyimpan karbon, penyaring alami air dari polutan, dan sumber kehidupan bagi masyarakat.

Kayu mangrove dapat digunakan sebagai bahan bakar, kulit mangrove dapat dijadikan sebagai kerajinan tangan yang memiliki nilai jual, jenis mangrove seperti bakau putih dan bakau merah dapat diolah menjadi makanan tradisional.

Bank DBS Indonesia turut serta menunjang perekonomian masyarakat pesisir, jika dikelola dengan baik hutan mangrove dapat dimanfaatkan sebagai ekowisata yang mendatangkan wisatawan untuk berlibur atau melepas penat.

Baca juga: 4 Perusahaan BUMN Pernah Kolaborasi CSR dengan LindungiHutan

Kerja Sama Bank DBS Indonesia dan LindungiHutan Wujudkan Dampak Positif Melalui Impact CSR

Kolaborasi antara Bank DBS Indonesia dengan LindungiHutan dilakukan melalui sebuah program penghijauan bernama Impact CSR. 

Impact CSR merupakan program kerja sama yang dirancang untuk perusahaan dalam mengimplementasikan tanggung jawab perusahaan dengan memberikan dampak positif bagi sosial, ekonomi, dan lingkungan.

LindungiHutan telah membantu lebih dari 350+ perusahaan dan brand dalam kegiatan penghijauan di lebih dari 40 lokasi yang tersebar di Indonesia. Tertarik kerja sama dengan Kami? Klik tombol di bawah ini!

Jalankan Program CSR Perusahaan Anda dengan Tepat Sasaran dan Berdampak Bersama LindungiHutan

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *