Connect with us

Hutanpedia

Bunga Telang, Si Biru Penyehat Tubuh

Published

on

Bunga telang

Bunga telang, yang juga dikenal sebagai bunga biru atau kembang telang, merupakan tanaman yang terkenal karena bunganya yang indah dan berwarna biru atau ungu muda yang cerah. 

Kembang telang pada umumnya merupakan tumbuhan merambat, yang berarti mereka tumbuh dengan menjalar di atas struktur lain, seperti pagar.

Tanaman yang memiliki nama latin Clitoria ternatea ini merupakan tanaman perennial asli Indonesia. Karena bentuknya yang menyerupai kupu-kupu, tanaman ini juga sering disebut sebagai Butterfly Pea.

Clitoria ternatea memiliki banyak manfaat terutama untuk kesehatan. Penasaran bukan? Yuk simak bersama ulasan di bawah ini.

Taksonomi dan Ciri-Ciri Bunga Telang

Salah satu ciri khas Fabaceae adalah buahnya bertipe polong, begitu juga dengan bunga telang. Untuk dapat mengenali kembang telang ini secara utuh, berikut ini merupakan ciri-ciri lebih detail dari kembang telang.

Warna Biru

Kembang telang memiliki warna biru yang sangat khas (Marpaung, 2020). Warna ini bisa bervariasi dari biru muda hingga biru tua, tergantung pada jenisnya.

Bentuk Kelopak

Kelopak kembang telang telang biasanya berbentuk seperti terompet atau corong. Mereka bisa panjang dan ramping dengan ujung yang lebih lebar.

Daun

Daun dari kembang telang memiliki bentuk yang berbeda-beda tergantung pada jenisnya, tetapi umumnya berbentuk hati atau berbulat.

Bunga

Kembang telang biasanya tumbuh dalam kelompok yang terkumpul di ujung cabang-cabangnya. Mereka memiliki aroma yang ringan dan menyenangkan.

Ketinggian Tanaman

Kembang telang dapat tumbuh dengan ketinggian yang bervariasi, tetapi umumnya bisa mencapai ketinggian sekitar 1 hingga 3 meter (Andriani & Murtisiwi, 2020).

Clitoria ternatea termasuk ke dalam kelompok Fabaceae atau suku kacang-kacangan. Berikut ini merupakan taksonomi atau klasifikasi ilmiahnya:

KerajaanPlantae
DivisiAngiospermae
KelasDicotyledonae
OrdoFabales
FamiliFabaceae
GenusClitoria
SpesiesClitoria ternatea
gambar bunga telang
Infografis bunga telang oleh LindungiHutan

Baca juga: 10+ Tumbuhan Endemik Asli Indonesia Lengkap

Manfaat Bunga Telang

Selain memiliki keindahan estetika, bunga telang juga memiliki sejumlah manfaat yang dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang. Berikut adalah beberapa khasiat bunga telang ini:

1. Pewarna Alami

Bunga biru digunakan secara luas sebagai pewarna alami dalam makanan dan minuman (Ana & Bertha, 2012). Pigmen alami yang terkandung dalam bunga ini dapat memberikan warna biru atau ungu alami pada berbagai hidangan, seperti nasi ketan, makanan penutup, jus, teh, dan adonan roti (Hartono, 2013).

2. Manfaat Kesehatan

Bunga biru juga memiliki beberapa potensi manfaat kesehatan. Mereka mengandung antioksidan seperti antosianin, yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif (Marpaung, 2020). Antioksidan ini juga dapat berperan dalam meningkatkan kesehatan jantung dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

3. Ramuan Tradisional

Beberapa budaya menggunakan bunga biru sebagai ramuan tradisional untuk mengobati berbagai masalah kesehatan, seperti masalah pencernaan, peradangan, dan demam.

4. Tanaman Penyedap

Di beberapa daerah, bunga biru juga digunakan sebagai bahan penyedap makanan. Bunga telang yang dimasak bersama makanan dapat memberikan rasa yang khas dan sedikit manis pada hidangan.

5. Kecantikan dan Perawatan Kulit

Bunga biru juga dapat digunakan dalam perawatan kecantikan. Ekstrak bunga telang kadang-kadang digunakan dalam produk-produk perawatan kulit karena dikenal dapat membantu mencerahkan kulit dan mengatasi masalah kulit tertentu.

6. Manfaat Kedokteran Tradisional

Beberapa sistem pengobatan tradisional, seperti pengobatan ayurveda dan pengobatan tradisional Cina, menggunakan bunga biru dalam pengobatan berbagai penyakit (Marpaung, 2020).

7. Penghijauan

Bunga biru yang merupakan Fabaceae atau Leguminosa (kacang-kacangan) juga bisa berfungsi sebagai tanaman penghijauan atau tanaman penutup tanah karena kemampuannya merambat dan meluas.

Selain manfaat yang telah disebutkan di atas, ternyata terdapat manfaat untuk laki-laki secara spesifik. Khasiat bunga telang untuk lelaki berpengaruh dalam meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan mengurangi risiko penyakit kronis. 

Baca juga: Tanaman Kemuning Pemilik Bunga Cantik, Penyimpan Misteri

Cara Mengonsumsi Bunga Telang, Kapan Waktu yang Baik Minum Bunga Telang?

Bunga biru dapat dikonsumsi dalam berbagai cara, terutama sebagai pewarna alami dalam makanan dan minuman. Selain itu, bunga biru juga dapat diekstrak sebagai teh dengan merendam dalam air mendidih selama beberapa menit.

Bunga telang dapat dikonsumsi kapan saja sesuai preferensi. Namun, terdapat waktu yang cocok untuk mengkonsumsinya yakni waktu pagi, siang, malam, dan saat bersantai. Di waktu-waktu tersebut, mengkonsumsi bunga biru ini dapat menambah ketenangan.

Namun perlu diperhatikan, bahwasanya mengonsumsi bunga biru terlalu banyak juga terdapat efek samping terutama bagi orang dengan sensitivitas tinggi. Bahaya bunga telang jika dikonsumsi berlebihan bisa mengakibatkan alergi.

LindungiHutan Sudah Menanam 700 Ribu+ Pohon di 50+ Lokasi Penanaman Kami

Cara Mengolah Bunga Telang

Bunga telang dapat diolah dalam berbagai cara, terutama sebagai pewarna alami untuk makanan dan minuman. Berikut adalah beberapa cara umum untuk mengolah bunga telang:

1. Membuat Pewarna Alami (Hartono, 2013)

  • Rendam bunga telang segar atau kering dalam air hangat atau air dingin. Anda akan melihat bahwa air akan berubah menjadi warna biru atau ungu.
  • Gunakan air berwarna ini sebagai pewarna alami dalam makanan dan minuman. Anda dapat mengatur intensitas warna dengan mengubah jumlah bunga yang digunakan dan lama perendaman.

2. Membuat Teh Bunga Telang

  • Rendam beberapa bunga telang segar atau kering dalam air mendidih selama beberapa menit hingga air berubah warna.
  • Saring dan tambahkan gula atau madu sesuai selera.
  • Minum sebagai teh yang segar dan unik.

3. Salad dan Hidangan Sayuran

  • Tambahkan bunga telang segar sebagai hiasan atau bahan dalam salad atau hidangan sayuran. Ini akan memberikan warna dan estetika yang menarik pada hidangan Anda.

4. Dekorasi Kue dan Dessert

  • Anda dapat menggunakan bunga telang segar atau kering sebagai dekorasi untuk kue, kue tart, es krim, atau dessert lainnya. Ini akan memberikan sentuhan visual yang indah pada hidangan manis Anda.

5. Campuran Es

  • Tambahkan kembang telang yang telah direndam dalam air ke dalam es batu atau es krim untuk memberikan tampilan yang menarik.

6. Kompot atau Selai

Anda dapat mencoba membuat kompot atau selai dengan bunga telang. Ini melibatkan merebus bunga telang bersama gula dan air untuk menciptakan selai yang bisa digunakan sebagai toping atau campuran dalam hidangan.

Baca juga: 10+ Manfaat Reboisasi dan Penghijauan untuk Manusia serta Alam

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan tentang Bunga Telang

Manfaat bunga telang untuk penyakit apa saja?

Menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, dan kerusakan oksidatif dalam tubuh.

Bunga telang dan manfaatnya untuk apa?

Membantu menurunkan berat badan, detoksifikasi, dan penenang pikiran.

Apakah boleh minum teh bunga telang setiap hari?

Apabila teratur maka tidak akan menimbulkan efek samping yang merugikan.

Penulis: Bilal Adijaya

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sedekah Pohon LindungiHutan