Connect with us

Hutanpedia

Pohon Palem: Klasifikasi, Ciri-ciri, Manfaat dan 20 Jenisnya

Logo LindungiHutan - Green - Square - 1280 x 1280 pixels - PNG

Published

on

Ciri-ciri pohon palem, manfaat dan 20 jenis pohon palem lengkap dengan klasifikasi taksonominya.

Bentuk pohon palem sekilas mirip dengan pohon kelapa. Tidak hanya mirip, tumbuhan palem memang masih satu keluarga dengan pohon kelapa. Kemampuan adaptasi tanaman palem cukup hebat, karena mampu hidup di berbagai kawasan. Tanaman ini dapat tumbuh di tanah yang subur sampai gersang sekalipun.

Pohon palem tumbuh di daerah yang beriklim tropis dan subtropis. Artinya tanaman palem dapat dikembangkan di Indonesia. Spesies pohon palem tersebar di penjuru dunia, ada sekitar 3.000 spesies.

Kemampuannya mampu beradaptasi di berbagai lingkungan, menjadikan tanaman palem sering dimanfaatkan sebagai tanaman hias. Tanaman ini juga perawatannya cukup mudah. Keindahan pohon ini juga dimanfaatkan masyarakat sebagai penghias pekarangan rumah.

Ukuran tanaman ini sangat bervariatif, ada yang besar, sedang hingga kecil, tergantung pada jenis-jenisnya.
Meskipun perawatannya cukup mudah, namun untuk menanam tanaman ini juga perlu beberapa teknik. Dari pembuatan lubang tanaman, jarak penanamannya dan harus menyesuaikan jenis pohon palem yang akan ditanam.

Agar pohon palem dapat tumbuh dengan baik, cara pemupukan, pengairan dan penyiramannya harus diperhatikan. Pemberian pupuk harus secukupnya, tidak boleh berlebihan. Biasanya, pupuk yang digunakan adalah pupuk organik, dan diberikan sebanyak 2 sampai 3 kali saja dalam setahun.

Penyiraman pohon palem tidak boleh sembarangan. Untuk menyiram tanaman palem disesuaikan dengan kondisi cuaca dan curah hujan. Air yang diberikan secukupnya saja.

Baca juga: 10 Tanaman Gulma yang Berkhasiat untuk Pengobatan Tradisional

Ciri-ciri Morfologi Tanaman Palem

Untuk membedakan pohon palem dan pohon-pohon lainnya, di bawah ini merupakan karakteristik dari pohon palem-paleman antara lain yaitu:

A. Akar

Akar pohon palem akan tumbuh masuk ke dalam. Seiring bertambah usia, akarnya akan bertambah banyak terus menerus.

Sistem akarnya sangat rapat dan padat, sehingga mampu menopang batang palem yang tumbuh tinggi. Akarnya lahir dari pangkal batang berbentuk silinder, tidak serabut, tidak tunggang dan tidak terlalu bercabang.

B. Batang

Biasanya, batang pohon palem jarang bercabang, tidak beruas, dan tumbuh tegak ke atas. Pada umumnya, batang tanaman palem tumbuh sebagai batang tunggal seperti pohon kelapa. Namun, di jenis tertentu ada yang berumpun (pohon salak).

Tingginya dapat mencapai 15 hingga 20 meter dan bagian bawah batang besar, sedangkan bagian atasnya ramping.

C. Daun

Daun tumbuhan palem-paleman tersusun menyirip dan majemuk. Pada tangkainya diselimuti pelepah. Di beberapa jenis pohon palem, seluruh daunnya ditumbuhi duri. Tidak hanya itu, di jenis tertentu, anak daun yang lahir akan melingkari ibu tangkai daun.

Daun tanaman palem lumayan panjang. Panjang daunnya mencapai 3 meter. Bagian atas daun berwarna hijau tua, dan bagian bawahnya berwarna hijau dengan aksen keputih-putihan atau hijau pucat.

D. Bunga

Bunga pohon palem yang berusia muda tersusun dalam sebuah karangan dan dilindungi oleh sebuah seludang (daun pelindung). Seludang tersebut bernama mayang.

Pada tangkai mayang, apabila di disayat/disakiti akan mengeluarkan cairan manis disebut nira. Di dalam karangan bunga, terdapat bunga betina dan jantan. Penyerbukannya dibantu serangga atau burung.

Di jenis palem-paleman tertentu, lokasi bunga palem berada di tajuk daun.

E. Buah

Ukuran buah pohon palem cukup besar, rata-rata diameternya mencapai 4 meter. Tandanya tumbuh bergelantung dan menjulang ke bawah. Buah yang berusia muda berwarna kecoklatan sedangkan yang usia tua (matang), berwarna merah terang.

Buahnya dilapisi oleh kulit luar yang cukup tebal, sehingga menutupi bagian mesokarpium (dalam) yang berair atau berserat. Serat bernama sabut.

F. Biji

Biji pohon palem terlindungi oleh lapisan buah bagian dalam (endokardium) yang keras dan berkayu berbentuk mirip batok atau tempurung kelapa.

Di dalam batok tempurung, terdapat biji cair yang menunjukan bahwa buah masih muda dan akan mengeras secara perlahan membentuk endapan.

Endapan tersebut mengandung banyak lemak dan protein. Di beberapa jenis tanaman palem, hasil cairan yang masih tersisa dapat dikonsumsi sebagai minuman penyegar. Mirip seperti air yang dihasilkan oleh pohon kelapa atau pada buah siwalan.

Ketika memasuki usia sekitar 5 tahun, tanaman palem-paleman akan mulai mengeluarkan biji untuk pertama kalinya.

Baca juga: 10+ Jenis Pohon yang Hidup di Lahan Gambut

Fakta Menarik Pohon Palem

Sebelum membahas lebih jauh mengenai manfaat palem dan jenisnya, di bawah ini akan memberikan fakta-fakta tentang pohon palem.

1. Dapat Tumbuh Tinggi

Pohon palem dapat tumbuh tinggi. Ketinggiannya mampu mencapai 21 meter. Salah satu jenis tanaman palem, yaitu palem lilin quindo tingginya dapat mencapai 60 meter.

2. Tanaman Favorit di California

Pohon palem sangat mudah ditemukan di California, Amerika serikat. Karena tanaman ini merupakan tanaman favorit yang sering ditanam untuk menghias kota.

Ketika olimpiade dunia tahun 1932 di Los Angeles, dilakukan penanaman palem di sekitar jalan dan di setiap taman kota. Hal ini dilakukan bertujuan untuk mempercantik pemandangan kota.

Terdapat sekitar 40.000 tanaman palem jenis kipas yang ditanam di sepanjang jalan kota. Kondisi itu lah yang membuat kota California terkenal akan keindahan pohon palemnya.

3. Pohon Palem Berumur Panjang

Beberapa jenis tumbuhan palem di dunia, berumur panjang. Umurnya bisa sampai satu abad atau seribu tahun lamanya. Semakin tua pohon palem akan tumbuh secara terus-menerus mencapai puluhan meter.

Tetapi umur yang panjang juga berpengaruh kepada perawatannya. Meskipun tanaman palem dapat beradaptasi di tempat yang kering, tetap harus diberikan asupan air.

Menyiram tanaman palem tidak hanya di bagian akarnya saja, namun bagian daunnya juga harus disiram, agar daun terhindar dari kutu atau hama yang dapat membuat tanaman cepat mati.

4. Tidak Semua Buah Palem Bisa Dimakan

Pohon palem memang menghasilkan buah, namun ada beberapa jenis tanaman palem yang buahnya tidak bisa dikonsumsi.

Buah palem seringkali mengandung racun bagi manusia dan hewan. Maka dari itu, sebelum mengkonsumsi buah palem, harus diperiksa lagi apakah buah itu beracun atau tidak.

5. Palem Bisa Ditanam di Pot

Bentuk tanaman palem cukup indah, sehingga banyak dimanfaatkan sebagai tanaman penghias pekarangan. Tetapi, tidak perlu pekarangan untuk bisa menanam palem, palem juga bisa ditanam di pot. Tetapi pot yang digunakan harus menyesuaikan tinggi dan besar tanaman palem.

Palem yang ditanam di pot jadi mudah untuk dipindah-pindahkan.

Manfaat Pohon Palem

Tumbuhan palem-paleman yang ditanam mempunyai kegunaan dan manfaat yang baik untuk lingkungan. Berikut ini beberapa manfaat pohon palem diantaranya yaitu:

1. Meningkatkan Kelembaban Udara

Udara di dalam rumah yang kering dan kurang lembab, dapat membuat kulit jadi kurang sehat, gampang terkena alergi dan iritasi.

Dengan menanam palem di dalam rumah, mampu meningkatkan kelembaban rumah.

2. Mudah Dirawat

Tumbuhan palem adalah jenis tanaman yang mudah dirawat. Tanaman palem tidak membutuhkan trik khusus, yang terpenting tumbuhan palem diletakkan di tempat yang cukup akan sinar matahari.

3. Menyerap Polutan

Tanaman palem cocok untuk ditanam di rumah yang dekat dengan jalan raya atau kawasan industri. Karena, pohon palem dapat menyerap berbagai bentuk polutan (zat pencemar polusi) dengan sangat baik.

4. Meredakan Stres

Pohon palem dengan bentuknya yang indah, mampu meredakan stres dan kelelahan akibat bekerja. Sehingga tanaman ini cocok apabila ditanam dan diletakkan di dalam rumah.

Tidak hanya itu, berdasarkan fengshui, tanaman palem juga membawa keberuntungan, kesehatan, dan dipercaya akan memberikan rezeki bagi keluarga yang merawatnya.

5. Memproduksi Oksigen

Semua tanaman dapat memproduksi oksigen. Salah satunya adalah pohon palem. Tanaman ini dapat memberikan suasana sejuk ke dalam rumah karena oksigen yang dihasilkan.

Baca juga: Apa itu Hasil Hutan? Pengertian Hasil Hutan, Jenis, dan Contoh-contoh HHBK di Indonesia

Jenis-jenis Pohon Palem

Palem-paleman mempunyai bermacam-macam jenis dan spesies. Beberapa jenis palem yang terkenal diantaranya yaitu:

1. Palem Merah (Cyrtostachys lakka Becc.)

KingdomPlantae
DivisiMagnoliophyta
KelasLiliopsida
OrdoArecales
FamiliArecaceae
GenusCyrtostachys
SpesiesCyrtostachys lakka
Klasifikasi taksonomi pohon palem merah (Cyrtostachys lakka Becc.).

Bentuk palem merah indah dan unik. Dengan bentuknya yang indah dan cantik, membuat pohon ini menjadi tumbuhan yang langka karena dieksploitasi secara berlebihan. Palem merah berasal dari Semenanjung Malaya, Thailand Selatan, Kalimantan dan Sumatra.

Batang palem merah berwarna merah, daun pelindung dan tangkai daunnya berwarna merah menyala. Tingginya bisa mencapai sekitar 16 meter dan membentuk rumpun dengan banyak batang.

Buahnya berbentuk oval atau bulat, berwarna hitam dengan dasar merah tua ketika sudah masak. Palem merah dapat tumbuh subur di dataran rendah dan pesisir pantai.

Karena bentuknya yang indah dan warnanya yang cantik, palem merah dapat mempercantik taman rumah.

2. Palem Kuning (Dypsis Iutescens)

KingdomPlantae
SubkingdomTracheobionta
SuperdivisiSpermatophyta
DivisiMagnoliophyta
KelasLiliopsida
SubkelasArecidae
OrdoArecales
FamiliArecaceae
GenusDypsis
SpesiesDypsis lutescens (H. Wendl.) Beentje & Dransf.
Tabel klasifikasi pohon palem kuning (Dypsis lutescens).

Palem kuning merupakan tanaman suku pinang-pinangan yang masih mudah ditemukan. Tanaman ini berasal dari Madagaskar.

Bentuk daun palem kuning menyirip, berwarna hijau kekuningan dan pelepahnya berwarna kuning terang. Tanaman ini dapat tumbuh di dataran tinggi ataupun rendah. Tingginya dapat mencapai 3 meter.

Karena tampilannya yang cantik, palem kuning menjadi favorit masyarakat Indonesia dan cocok untuk sebagai tanaman indoor maupun outdoor.

3. Palem Kipas (Livistona chinensis)

KingdomPlantae
SubkingdomTracheobionta
SuperdivisiSpermatophyta
DivisiMagnoliophyta
KelasLiliopsida
SubkelasArecidae
OrdoArecales
FamiliArecaceae
GenusLivistona
SpesiesLivistona chinensis (Jacq.) R. Br. ex Mart.
Tabel klasifikasi pohon palem kipas (Livistona chinensis).

Palem kipas juga berasal dari hutan sekunder Madagaskar. Palem kipas dikenal juga dengan nama Palem Pelancong.

Seperti pisang kipas, daunnya palem kipas berbentuk unik, yaitu membentuk setengah lingkaran dan mirip kipas. Bentuk inilah yang membuat palem kipas mudah dikenali dari palem lainnya.

Batangnya yang pendek, membuat tumbuhan ini bisa ditanam di taman atau pot. Di habitat aslinya, palem kipas dapat tumbuh sampai 10 meter.

Palem kipas ada sekitar 7 spesies, yang paling populer dikalangan pecinta tanaman adalah palem Sadeng dan palem Waregu.

Tanaman ini dapat tumbuh di kawasan tropis dan sub tropis, di dataran rendah maupun dataran tinggi, dan bahkan bisa tumbuh di tanah yang subur maupun gersang.

4. Palem Bambu (Chamaedorea seifrizii)

KingdomPlantae
SubkingdomTracheobionta
SuperdivisiSpermatophyta
DivisiMagnoliophyta
KelasLiliopsida
SubkelasArecidae
OrdoArecales
FamiliArecaceae
GenusChamaedorea
SpesiesChamaedorea seifrizii Burret
Tabel klasifikasi pohon palem bambu (Chamaedorea seifrizii).

Palem bambu adalah palem yang paling sering dijumpai. Terkadang, tanaman jenis ini juga sering disewakan untuk dekorasi. Palem bambu juga dikenal dengan nama palem parlor.

Palem parlor tidak hanya indah namun juga kuat. Jenis pohon palem ini cocok untuk ditanam di dalam rumah karena bisa hidup dengan asupan sinar cahaya yang rendah. Namun juga bisa tumbuh apabila terkena sinar cahaya matahari langsung.

Tinggi tanaman ini bisa mencapai 4 meter. Palem bambu akan memberikan kesan yang rindang dan tropis apabila ditanam di pekarangan rumah.

5. Palem Botol (Hyophorbe lagenicaulis)

KingdomPlantae
SubkingdomTracheobionta
SuperdivisiSpermatophyta
DivisiMagnoliophyta
KelasLiliopsida
SubkelasArecidae
OrdoArecales
FamiliArecaceae
GenusHyophorbe
SpesiesHyophorbe lagenicaulis (L.H.Bailey) H.E.Moore
Tabel klasifikasi pohon palem botol (Hyophorbe lagenicaulis).

Seperti namanya, palem ini berbentuk unik, gendut mirip botol. Palem botol berasal dari Mauritius, Round Island.

Bagian bawahnya menggelembung menyerupai botol dengan batang membulat, padat dan pendek dengan tinggi sekitar 4-6 meter. Diameter batang sekitar 50-60 cm.

Pertumbuhannya sedikit terlambat, sehingga tidak masalah kalau ditanam di dalam rumah.

6. Palem Raja (Roystonea regia)

KingdomPlantae
SubkingdomTracheobionta
SuperdivisiSpermatophyta
DivisiMagnoliophyta
KelasLiliopsida
SubkelasArecidae
OrdoArecales
FamiliArecaceae
GenusRoystonea
SpesiesRoystonea regia
Tabel klasifikasi pohon palem raja (Roystonea regia).

Palem raja banyak ditemui di pulau Jawa dan banyak ditanam di pinggiran jalan sebagai tanaman hias. Tanaman ini bisa tumbuh di ketinggian 1.400 mdpl. Palem Raja disebut juga royal palm karena kegagahannya dan menawan.

Palem raja tumbuh lurus menjulang ke atas dan tidak memiliki cabang. Ujung daunnya membentuk mahkota dan ketinggian mencapai 25-30 meter.

Palem raja kurang pas ditanam di pekarangan rumah yang kecil karena bentuknya yang besar, gagah dan terlihat jantan. Pelepah batangnya yang berguguran dapat dimanfaatkan untuk kayu bakar.

7. Palem Putri (Adonidia merrillii (Becc) H.E. Moore)

KingdomPlantae
SubkingdomTracheobionta
SuperdivisiSpermatophyta
DivisiMagnoliophyta
KelasLiliopsida
SubkelasArecidae
OrdoArecales
FamiliArecaceae
GenusAdonidia
SpesiesAdonidia merrillii (Becc.) H.E.Moore
Tabel klasifikasi pohon palem putri (Adonidia merrillii).

Palem putri mempunyai kemiripan dengan palem raja, daunnya yang lebar dan berwarna hijau. Tanaman ini cukup terkenal karena biasanya dimanfaatkan untuk tanaman hias pada halaman gedung dan taman kota.

Pohon palem putri berbatang tunggal berwarna abu-abu, dan daunnya berwarna hijau. Ketinggian palem putri bisa mencapai 5 meter.

Pada umumnya, palem putri tumbuh di daerah yang berilkim tropis atau subtropis, dataran rendah maupun tinggi, pegunungan ataupun pantai, hingga di tanah subur atau gersang.

Jenis pohon palem putri berasal dari madagaskar. Pada perkembangannya palem putri membutuhkan sinar matahari yang penuh.

8. Palem Jenggot (Coccothrinax crinita)

KingdomPlantae
SubkingdomTracheobionta
SuperdivisiSpermatophyta
DivisiMagnoliophyta
KelasLiliopsida
SubkelasArecidae
OrdoArecales
FamiliArecaceae
GenusCoccothrinax
SpesiesCoccothrinax crinita Becc.
Tabel klasifikasi pohon palem jenggot (Coccothrinax crinita).

Palem jenggot salah satu jenis palem yang langka. Karena langka, harga palem jenis ini cukup mahal. Palem jenggot berasal dari Kuba.

Batang palem jenggot diselimuti serat dengan warna putih keemasan yang menjuntai ke bawah menyerupai jenggot manusia. Bentuknya pendek, dan membutuhkan sinar cahaya yang cukup dan asupan air yang baik.

9. Palem Phoenix (Phoenix roebelenii)

KingdomPlantae
SubkingdomTracheobionta
SuperdivisiSpermatophyta
DivisiMagnoliophyta
KelasLiliopsida
SubkelasArecidae
OrdoArecales
FamiliArecaceae
GenusPhoenix
SpesiesPhoenix roebelenii O’Brien
Tabel klasifikasi pohon palem phoenix (Phoenix roebelenii).

Palem phoenix disebut juga miniature date palm. Berasal dari Asia timur ke selatan. Jenis palem ini sudah tidak asing lagi bagi pecinta tanaman hias, tetapi untuk orang awam, palem ini jarang terdengar namanya.

Pohon palem phoenix ada dua spesies yaitu Phoenix roebelenii dan Phoenix canariensis. Daunnya berwarna hijau keabu-abuan dan ketika berbunga akan berwarna kekuningan. Tingginya sekitar 2-3 meter dan panjang batang daun mencapai 120 cm.

10. Palem Ekor Ikan (Caryota mitis)

KingdomPlantae
SubkingdomTracheobionta
SuperdivisiSpermatophyta
DivisiMagnoliophyta
KelasLiliopsida
SubkelasArecidae
OrdoArecales
FamiliArecaceae
GenusCaryota
SpesiesCaryota mitis Lour.
Tabel klasifikasi pohon palem ekor ikan (Caryota mitis).

Sesuai dengan namanya, bentuk daun palem ini menyerupai ekor ikan atau sirip ikan. Palem ekor ikan mudah ditemui di kawasan Asia, salah satunya Indonesia.

Di Indonesia, palem ikan tumbuh banyak di daerah semenanjung Malaya, Sulawesi Utara dan pulau Jawa.

Panjang daunnya sekitar 30-40 cm, sisi daun tidak rata, tumpul dan bergerigi. Bentuk daunnya yang unik, membuat tanaman ini banyak dicari.

11. Palem Ekor Tupai (Wodyetia bifurcata)

KingdomPlantae
SubkingdomTracheobionta
SuperdivisiSpermatophyta
DivisiMagnoliophyta
KelasLiliopsida
SubkelasArecidae
OrdoArecales
FamiliArecaceae
GenusWodyetia
SpesiesWodyetia bifurcata
Tabel klasifikasi pohon palem ekor tupai (Wodyetia bifurcata).

Pohon palem ekor tupai berasal dari semenanjung York, Queensland. Tanaman ini termasuk jenis tanaman hias langka.

Di Indonesia, palem ekor tupai dikenal juga dengan nama palem ekor rubah. Bentuk fisiknya serupa dengan palem raja, namun bedanya daun dan pelepah tanaman ini tumbuh mengitari tangkai daun seperti ekor tupai.

Panjang daun dan pelepahnya mencapai 3 meter. Ketinggiannya bisa sampai 10 meter dan cocok untuk halaman rumah yang luas.

12. Palem Paris (Calamus ciliaris)

KingdomPlantae
SubkingdomTracheobionta
SuperdivisiSpermatophyta
DivisiMagnoliophyta
KelasLiliopsida
SubkelasArecidae
OrdoArecales
FamiliArecaceae
GenusCalamus
SpesiesCalamus ciliaris Bl
Tabel klasifikasi pohon palem paris (Calamus ciliaris).

Tanaman ini tergolong keluarga rotan-rotanan dan namanya masih asing. Pohon palem paris tumbuh merambat atau merumpun, dan tinggi batangnya sekitar 3 meter.

Palem paris tumbuh banyak di hutan-hutan Jawa Barat dan Sumatra. Bentuk daunnya sirip, melengkung, dan berwarna hijau kalem. Bagian tepi daunnya halus.

Selain untuk tanaman hias, palem paris bermanfaat untuk mengobati cacingan.

13. Palem Palas Payung/Palem Kol (Licuala grandis)

KingdomPlantae
SubkingdomTracheobionta
SuperdivisiSpermatophyta
DivisiMagnoliophyta
KelasLiliopsida
SubkelasArecidae
OrdoArecales
FamiliArecaceae
GenusLicuala
SpesiesLicuala grandis
Tabel klasifikasi pohon palem palas payung/palem kol (Licuala grandis).

Palem palas payung berasal dari Papua nugini dan New Britain. Tanaman ini mempunyai sebutan lain, yaitu palem payung dan palem kol. Jenis pohon palem palas payung tumbuh baik di ketinggian 500 mdpl.

Bentuk daunnya bundar dan bergaris tengah dengan panjang sekitar 60 cm. Daun palas payung kaku, dan permukaannya berombak mengikuti arah tulang daun. Tingginya mencapai 2 meter.

Daunnya yang berbentuk bundar dan bergerigi ini cukup kuat, dan tidak mudah sobek apabila terkena tiupan angin. Tumbuhan ini lumayan populer untuk tanaman hias. Biasanya ditanam di pot. Palem jenis ini menghasilkan buah, tetapi buahnya tidak untuk dimakan.

14. Palem Segitiga Hijau (Neodypsis decaryi)

KingdomPlantae
SubkingdomTracheobionta
SuperdivisiSpermatophyta
DivisiMagnoliophyta
KelasLiliopsida
SubkelasArecidae
OrdoArecales
FamiliArecaceae
GenusNeodypsis
SpesiesNeodypsis decaryi
Tabel klasifikasi pohon palem segitiga hijau (Neodypsis decaryi).

Sesuai dengan namanya, penampang batang tumbuhan ini berbentuk segitiga, dengan warna hijau, dan pangkal daun yang terhimpit.

Warna daunnya hijau kelabu dan menggantung. Ketika usianya lebih dari 6 tahun, bentuk batangnya tidak segitiga lagi, sehingga sudah tidak menarik lagi apabila dijadikan tanaman hias halaman rumah.

Pohon palem jenis ini lebih cocok ditanam di pot, agar tetap kecil dan bentuk penampang batangnya tetap segitiga.

15. Palem Jepang (Ptychosperma macarthurii)

KingdomPlantae
SubkingdomTracheobionta
SuperdivisiSpermatophyta
DivisiMagnoliophyta
KelasLiliopsida
SubkelasArecidae
OrdoArecales
FamiliArecaceae
GenusPtychosperma
SpesiesPtychosperma macarthurii
Tabel klasifikasi pohon palem jepang (Ptychosperma macarthurii).

Palem jepang berasal dari Australia. Nama lainnya palem ijo. Bentuk daunnya menyirip kecil, berpasangan dan bergerigi. Tanaman ini dapat tumbuh mencapai 7-8 meter. Di tiap pohonnya terdapat anakan sekitar 4-5.

Tanaman ini mampu bertahan berhari-hari meskipun tidak disiram air.

16. Palem Washington (Washingtonia filifera)

KingdomPlantae
SubkingdomTracheobionta
SuperdivisiSpermatophyta
DivisiMagnoliophyta
KelasLiliopsida
SubkelasArecidae
OrdoArecales
FamiliArecaceae
GenusWashingtonia
SpesiesWashingtonia filifera (Linden ex Andre) H. Wendl.
Tabel klasifikasi pohon palem washington (Washingtonia filifera).

Palem washington ada dua jenis, yaitu palem Bismarkia dan palem Bismarkia Silver. Bentuk daunnya mirip palem kipas, namun batangnya besar yang berfungsi sebagai pelindung halaman rumah, taman pabrik, taman kota dan sebagainya.

Dengan bentuknya yang unik, memberikan kesan mewah di pekarangan rumah.

17. Palem Pandan Bali (Cordyline australis)

KingdomPlantae
SubkingdomTracheobionta
SuperdivisiSpermatophyta
DivisiMagnoliophyta
KelasLiliopsida
SubkelasLiliidae
OrdoLiliales
FamiliLiliaceae
GenusCordyline
SpesiesCordyline australis (G. Forst.) Endl.
Tabel klasifikasi pohon palem pandan bali (Cordyline australis).

Palem pandan bali bentuknya sangat unik dan eksotik. Daunnya berwarna hijau, panjang, runcing, dan keluarnya dari ujung batang tunggal.

Selain menjadi tanaman hias, palem pandan bali juga dapat menyaring polusi dan debu di lingkungan sekitar.

18. Palem Jelly (Butia capitata)

KingdomPlantae
SubkingdomTracheobionta
SuperdivisiSpermatophyta
DivisiMagnoliophyta
KelasLiliopsida
SubkelasArecidae
OrdoArecales
FamiliArecaceae
GenusButia
SpesiesButia capitata (Mart.) Becc.
Tabel klasifikasi pohon palem jelly (Butia capitata).

Daunnya dilapisi semacam lapisan lilin dan berwarna hijau pucat. Tangkai daunnya berduri.

19. Palem Nolina (Beaucarnea recurvata)

KingdomPlantae
SubkingdomTracheobionta
SuperdivisiSpermatophyta
DivisiMagnoliophyta
KelasLiliopsida
SubkelasLiliidae
OrdoLiliales
FamiliLiliaceae
GenusBeaucarnea
SpesiesBeaucarnea recurvata Lem.
Tabel klasifikasi pohon palem nolina/kuncir kuda (Cordyline australis).

Pohon palem nolina disebut juga kuncir kuda karena susunan daunnya mirip kuncir kuda dan bagian bawah batangnya besar menggembung.

Perawatan tanaman ini ada trik khusus, yaitu tidak menyiram dengan air yang berlebihan, karena batangnya dapat menyimpan air.

20. Palem Udang

Warna daunnya unik, karena perpaduan antara warna hijau kebiruan dan terdapat goresan warna perak. Daun tanaman ini tumbuhnya menyebar ke berbagai arah mirip air mancur.

Baca juga: 10+ Tanaman Endemik Asli Indonesia yang Langka dan Terancam Punah

Penulis: Marchyta Putri Prabowo

Editor: M. Nana Siktiyana

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rawat Bumi LindungiHutan