Connect with us

Bisnis Lestari

Sustainability Marketing Adalah? Apa Bedanya dengan Konsep Marketing Lain?

Published

on

Sustainable marketing

Kini, masyarakat telah menyadari akan isu-isu lingkungan yang terjadi. Mereka peduli dengan dampak dari aktivitas yang dilakukan seperti aktivitas jual beli yang banyak menghasilkan limbah bagi lingkungan.

Perusahaan pun juga harus beralih dengan menerapkan prinsip keberlanjutan dalam setiap aktivitasnya. 

Dari menciptakan produk-produk ramah lingkungan, melakukan aksi sosial, kini pemasaran berkelanjutan atau sustainability marketing dapat menjadi peluang baru bagi perusahaan untuk menjangkau konsumen yang sadar akan lingkungan.

Pengertian Sustainability Marketing atau Pemasaran Berkelanjutan

Menurut Kotler dan Armstrong (2012), Pemasaran berkelanjutan atau sustainability marketing adalah pemasaran yang bertanggung jawab secara sosial dan lingkungan dan dapat memenuhi kebutuhan konsumen dan perusahaan, serta pada saat yang bersamaan menjaga dan meningkatkan kemampuan generasi mendatang dalam memenuhi kebutuhan mereka.

Definisi lain menjelaskan bahwa sustainability marketing adalah pendekatan holistik dengan tujuan memuaskan keinginan dan kebutuhan pelanggan dengan memberikan penekanan yang sama pada masalah lingkungan dan sosial, sehingga menghasilkan keuntungan dengan cara yang bertanggung jawab (Trivedi dkk 2018).

Sustainable marketing merupakan tren baru bagi perusahaan dengan tujuan membantu konsumen dan stakeholder lainnya dalam memenuhi kebutuhannya secara berkelanjutan.

Baca juga: Sustainability Report, Pengertian dan Manfaat bagi Perusahaan

3 Hal Kesalahan Pemahaman tentang Pemasaran Berkelanjutan

Beberapa kesalahan tentang pemahaman mengenai sustainability marketing, antara lain:

1. Bukan Model Marketing Biasa 

Sustainability marketing dipersepsikan sebagai proses perkembangan dari pemasaran konvensional menjadi pemasaran yang lebih memperhatikan kondisi ekologi, lingkungan, dan lebih hijau. 

Pada dasarnya pemasaran memperhatikan nilai sosial dan ekonomi, namun dengan adanya pemasaran berkelanjutan maka aspek lingkungan juga diperhatikan.

2. Bukanlah Greenwashing Marketing

Sustainability marketing dengan greenwashing marketing tidaklah sama, meskipun keduanya berhubungan dengan isu-isu lingkungan dan keberlanjutan.

Greenwashing marketing berfokus pada citra perusahaan atau produknya yang menerapkan keberlanjutan. Greenwashing dapat terjadi apabila perusahaan dengan sengaja memberikan pernyataan palsu tentang bisnis keberlanjutan mereka tanpa melakukan tindakan nyata dalam penerapannya.

Sementara itu, sustainable marketing berfokus dalam menciptakan nilai jangka panjang bagi konsumen dan perusahaan dengan memperhatikan aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan yang berkelanjutan.

Sustainability marketing
Infografis tentang sustainable marketing oleh LindungiHutan

2. Berbeda dengan Green Marketing

Green marketing adalah sebuah pendekatan pemasaran yang berfokus pada aspek lingkungan. Meskipun green marketing telah berfokus pada isu lingkungan, tetapi perlu dibuat lebih berkelanjutan dengan menerapkan sustainability marketing.

Penerapan green marketing terlihat dari pengurangan dampak lingkungan dengan menggunakan produk ramah lingkungan atau dengan peningkatan kesadaran masyarakat terhadap isu-isu lingkungan.

Dalam penerapan sustainability marketing akan menciptakan nilai jangka panjang bagi para stakeholders, memperkuat hubungan dengan pelanggan, dan memberikan manfaat bagi masyarakat serta lingkungan.

Apa Manfaat Sustainable Marketing?

Dengan sustainability marketing akan membantu perusahaan dalam memberikan pengelolaan bisnis jangka panjang, seperti:

  1. Membantu keberlanjutan perekonomian perusahaan dengan membangun kredibilitas perusahaan di mata pelanggan lebih luas lagi
  2. Memberikan efisiensi bisnis yang lebih besar sehingga kinerja keuangan perusahaan akan lebih baik.
  3. Meningkatnya rantai bisnis yang lebih luas cakupannya
  4. Membangun reputasi perusahaan
  5. Memiliki prosedur dalam mencegah kerugian perusahaan.

Baca juga: Apa itu Green Business? Pengertian, Strategi, dan Contohnya

5 Prinsip Sustainability Marketing

Menurut Nurtjahyadi (2014), ada 5 sustainable marketing principles atau 5 prinsip sustainability marketing yang dapat digunakan sebagai acuan bagi perusahaan, antara lain:

1. Pemasaran Berorientasi kepada Konsumen (Consumer-Oriented Marketing)

Perusahaan harus melakukan kegiatan pemasaran dengan melihat sudut pandang dari konsumen. Perusahaan harus mengetahui apa saja yang diinginkan dan dibutuhkan konsumen.

Dengan menciptakan produk inovasi dan responsif terhadap kebutuhan konsumen, maka perusahaan dapat menjaga hubungan jangka panjang yang baik dengan konsumen.

2. Pemasaran Nilai Pelanggan (Customer Value)

Perusahaan harus investasi terbesar di kegiatan pemasaran menciptakan nilai bagi konsumen. 

Bahwa dengan menciptakan produk dan memasarkan produk yang mempunyai nilai tinggi terhadap  kualitas hidup konsumen, konsumen akan menambah nilai bisnis perusahaan.

3. Pemasaran yang Inovatif (Innovative Marketing)

Diperlukan penelitian keberlanjutan perusahaan meningkatkan produk dan pemasarannya. Dengan selalu berinovasi dalam produksi produknya, perusahaan tidak akan kehilangan pangsa pasar.

4. Pemasaran dengan Misi Sosial Perusahaan (Sense of Mission Marketing)

Perusahaan harus dapat menentukan misi perusahaan dengan konteks sosial dari pada istilah dalam produknya. Jika perusahaan dapat mendefinisikan lebih banyak misi ramah sosial, maka semua elemen perusahaan, termasuk karyawan, akan merasakan bahwa pekerjaan mereka memiliki makna besar untuk memberikan sesuatu kepada masyarakat luas.

5. Pemasaran Masyarakat (Societal Marketing)

Perusahaan harus bisa membuat keputusan bisnis dengan mempertimbangkan keinginan konsumen, kebutuhan perusahaan, kepentingan konsumen jangka panjang dan kepentingan bersama jangka panjang.

Dengan memahami kebutuhan sosial dan membuatnya seperti bagian dari kegiatan perusahaan, maka perusahaan dapat mengambil peluang dalam segala kondisi salah satunya jika ada permasalahan sosial.

Baca juga: Panduan Meningkatkan Dampak Sosial Positif dalam Pelaksanaan CSR

Apa yang LindungiHutan Lakukan?

Sampai saat ini, kami telah menanam lebih dari 700.000 pohon di 40+ lokasi yang tersebar di Indonesia. LindungiHutan juga membantu lebih dari 400 Mitra Hijau kami baik itu perusahaan maupun brand dalam kontribusinya terhadap aksi-aksi pelestarian lingkungan dan hutan

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sedekah Pohon LindungiHutan