Connect with us

Lingkungan

Apa Itu Ember Tumpuk? Berikut Kegunaan serta Cara Membuatnya (2022)

Published

on

Apa itu ember tumpuk dan cara membuatnya.

Selain sampah plastik, sisa makanan yang terbuang cuma-cuma juga akan menimbulkan permasalahan lingkungan. Sebab, ketika makanan mulai membusuk dan terdegradasi, gas metana akan dilepaskan ke lingkungan dan turut berdampak pada pemanasan global.

Maka dari itu, perlu upaya dan solusi untuk menangani masalah sampah makanan ini, salah satunya dengan menggunakan ember tumpuk. Apa itu ember tumpuk? Apa gunanya dan apa manfaatnya? Simak artikel berikut untuk temukan jawabannya!

Apa Itu Ember Tumpuk?

Gambar ember tumpuk.
Ember tumpuk sebenarnya adalah dua ember yang ditumpuk kemudian diberi kran untuk mengalirkan pupuk cair hasil pemrosesan.

Ember tumpuk adalah alat pemroses pupuk yang dibuat dengan menyatukan 2 buah ember yang disusun bertingkat. Ember tumpuk digunakan untuk mengolah sampah dengan bantuan larva Hi (Hermetia illucens) pada skala rumah tangga. A Hermetia illucens dikenal juga sebagai BSF (Black Soldier Fly) atau lalat tentara hitam.

 Larva Hi dapat membantu proses pengomposan aerob dan mempercepat proses penguraian sampah organik di reactor tumpuk. Reaktor tumpuk juga memungkinkan aliran lindi terpisah dan material padat sehingga menghasilkan pupuk cair.

Metode ember tumpuk menggunakan peralatan sederhana dan mudah diperoleh. Teknologi ini sangat mudah diaplikasikan di rumah dan mampu mengolah sampah organik menjadi pupuk organik yang ramah lingkungan. Dengan ember tumpuk, setiap orang dapat membuat pupuk organik yang murah dan mendukung lahan pertanian yang mulai kehilangan kesuburannya.

Baca juga: Biomassa: Pengertian, Contoh, Manfaat, dan Perannya dalam Kehidupan Modern (2022)

Komponen Ember Tumpuk

Sebelum mengulas tentang cara kerja dan pembuatannya, pahami dulu apa saja komponen dalam ember tumpuk. Sebetulnya, sangatlah sederhana karena prinsipnya hanya menggabungkan dua ember menjadi satu.

Ember Bawah

Untuk ember bagian bawah disiapkan dengan memasang kran (kran dispenser yang ada seal ganda dipilih agar rapat), posisi di samping di bawah ember, sekitar 5 cm di atas dasar. Tutup ember dipotong, diambil bagian tepinya saja, digunakan sebagai penyangga ember atas. Fungsi ember bagian bawah sebagai penampung lindi, yang kemudian akan diolah menjadi pupuk organik cair.

Ember Atas

Ember atas disiapkan dengan membuat lubang-lubang kecil (diameter 5 mm) sebanyak mungkin pada bagian bawah untuk pengutusan. Lubang kecil dibuat sebanyak empat buah (diameter 5 mm), pada bagian samping atas ember di bawah tutup. Fungsi lubang kecil tersebut untuk mengatur sirkulasi udara dan tempat masuk telur atau larva muda yang baru saja menetas. Fungsi ember di atas sebagai penampung sampah yang diolah.

Alat dan Bahan Pembuatan

Sampai di sini, mari kita coba buat ember tumpuk. Bahan dan alatnya cukup sederhana dan mudah didapatkan. Apa saja?

  • Dua buah ember,
  • Pisau, solder, gunting,
  • Kran air,
  • Lem pipa,
  • Sampah dapur,
  • EM 4 (Opsional).

Bagaimana Cara Membuat Ember Tumpuk?

Tutorial membuat ember tumpuk dengan mudah.
Kamu hanya perlu menumpuk dua ember dan kemudian memberi kran.

Setelah mendapatkan dan mengumpulkan bahan-bahannya, langsung saja untuk mulai membuatnya. Simak langkah-langkah pembuatan berikut ini!

  1. Pertama, ember pertama yang telah disiapkan kemudian dilubangi tutupnya menggunakan bor listrik, kemudian setelah terbentuk lubang pada bagian atasnya dirapikan menggunakan pisau,
  2. Kedua, membuat lubang pada bagian bawah ember pertama untuk memasukkan kran galon pada ember pertama,
  3. Ketiga, membuat lubang kecil-kecil pada bagian bawah ember kedua, dan membuat lubang dengan ukuran kecil pada bagian atas ember dekat dengan bibir ember yang tujuannya sebagai tempat untuk meletakkan telur larva BSF (Black Soldier Fly),
  4. Keempat, tumpuk kedua ember dengan posisi, ember kedua menumpuk di bagian atas ember pertama, di mana bagian bawah diletakkan masuk pada tutup ember pertama yang telah dilubangi  bagian tengahnya,
  5. Kelima, cacah halus limbah dapur kemudian masukkan ke dalam ember, lalu tutup ember,
  6. Keenam, bahan-bahan ini didiamkan agar terjadi proses fermentasi.

Bagaimana Cara Kerja Ember Tumpuk?

Cara kerja ember tumpuk.
Sisa sampah organik yang sudah membusuk di dalam ember tumpuk.

Mungkin kamu bertanya-tanya, bagaimana bisa sampah makanan dengan berbagai macam bentuk dan jenis bisa berubah menjadi Pupuk Cair Organik? Tentu saja bisa, karena ember tumpuk bekerja sebagai berikut ini!

  • Sampah organik sisa sampah rumah tangga dimasukkan  ke ember yang kemudian ditutup hingga rapat. Suasana panas dan lembap di dalam ember membuat mikroba bawaan dari sampah rumah tangga akan cepat berkembang.
  • Lindi yang dihasilkan dibiarkan saja di dalam ember bawah selama kurang lebih satu bulan. Setelah itu, baru dapat diteruskan proses pematangan menjadi Pupuk Organik Cair (POC). Proses pematangannya yaitu dengan cara membuka kran. Kemudian, lindi dimasukkan ke dalam botol bening, separuh saja, tutup dikendorkan, kemudian dijemur di terik matahari sampai warna berubah menjadi hitam cokelat dan aroma lembut di hidung.
  • POC yang sudah jadi dapat dipakai dengan cara diencerkan menjadi 5%, sekitar tiga sendok makan POC ditambahkan 1 liter air. POC dapat pula disimpan dalam drum untuk digunakan pada musim berikutnya.
  • Kompos, dapat dipanen secara berkala. Kompos yang dihasilkan dapat ditiriskan dan diayak untuk dipakai langsung. Kompos dapat juga dipakai sebagai sumber mikroba perombak untuk pengomposan bahan yang lain seperti kotoran kandang ternak atau dedaunan.

Apa Manfaat POC untuk Tanaman?

Gambar Pupuk Organik Cair.
Gambar pupuk organik cair yang dihasilkan dari ember tumpuk.

Pupuk organik cair adalah larutan hasil dari pembusukan bahan-bahan organik yang berasal dari sisa tanaman, makanan, kotoran hewan dan manusia yang kandungan unsur haranya lebih dari satu unsur. Umumnya, pupuk cair tidak merusak tanah dan tanaman meskipun digunakan sesering mungkin. Malahan, Pupuk Organik Cair memiliki beberapa manfaat antara lain:

  • Mendorong dan meningkatkan pembentukan klorofil daun dan pembentukan bintil akar pada tanaman leguminosae, sehingga meningkatkan kemampuan fotosintesis tanaman dan penyerapan nitrogen dari udara,
  • Meningkatkan vigor tanaman sehingga tanaman menjadi kokoh dan kuat,
  •  Meningkatkan daya tahan tanaman terhadap kekeringan, cekaman cuaca, dan serangan patogen penyebab penyakit,
  • Merangsang pertumbuhan cabang produksi,
  • Meningkatkan pembentukan bunga dan bakal buah,
  • Mengurangi gugurnya daun, bunga, dan bakal buah.

Baca juga: Mengenal Pupuk Kompos dan Cara Membuatnya (2022)

Itulah penjelasan mengenai ember tumpuk. Harapannya dengan ember tumpuk sampah makanan maupun jenis sampah yang cepat busuk bisa dimanfaatkan dengan baik. Ingat! Perhatikan konsumsi makananmu agar tidak terbuang sia-sia ya! Akhir kata, selamat mencoba dan Good Luck!

FAQ

Apa yang dimaksud dengan ember tumpuk?

Ember tumpuk adalah alat pemroses pupuk yang dibuat dengan menyatukan 2 buah ember yang disusun bertingkat.

Ember tumpuk untuk apa?

Ember tumpuk mengolah sampah organik menjadi Pupuk Organik Cair (POC) yang memiliki banyak manfaat.

Ambil Langkah Nyata dengan Menanam Pohon Bersama LindungiHutan HANYA 10 RIBU RUPIAH

LindungiHutan telah cipercaya 40 RIBU Sahabat Alam untuk menanam pohon dengan mudah, transparan, dan berkelanjutan. Kami menjalin kerja sama dengan puluhan petani bibit dan maysrakat sekitar hutan untuk memberikan dampak sosial, ekonomi, dan lingkungan.

Muhamad Iqbal adalah SEO content writer di LindungiHutan dengan fokus pada tulisan-tulisan lingkungan, kehutanan dan sosial.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rawat Bumi LindungiHutan