Connect with us

Hutanpedia

10+ Manfaat Pohon Durian untuk Kesehatan, Lingkungan, dan Lainnya

Published

on

Manfaat pohon durian

Selain buahnya enak dikonsumsi dan dapat diolah menjadi berbagai macam aneka makanan, ternyata pohon durian juga menyimpan banyak manfaat loh! Manfaat pohon durian ini mungkin jarang kita sadari atau bahkan baru kita dengar.

Contohnya, tahukah kamu jika kulit batang durian dapat dimanfaatkan sebagai pewarna alami? Apakah kamu juga tahu jika biji durian bisa diolah menjadi tepung? Informasi mengenai manfaat tersebut barangkali hanya segelintir orang saja yang tahu.

Oleh sebab itu, pada pembahasan artikel kali ini kita akan sama-sama mengulas mengenai apa saja manfaat pohon durian bagi lingkungan, kesehatan, hingga masyarakat. Yuk simak artikel berikut ini!

Infografis manfaat pohon durian
Infografis manfaat pohon durian. Oleh: Muhamad Iqbal/LindungiHutan

Sejarah Pohon Durian

Durian adalah tanaman buah berupa pohon. Nama durian diduga berasal dari istilah Melayu yaitu kata duri yang diberi akhiran –an. Kata ini terutama dipergunakan guna menyebut buah yang kulitnya berduri tajam seperti durian.

Pohon durian asalnya dari hutan Malaysia, Sumatra, dan Kalimantan. Durian menyebar ke negara Thailand, Myanmar, India, dan Pakistan. Buah durian telah dikenal di Asia Tenggara sejak abad 7. Durian di beberapa tempat memiliki nama masing-masing, duren (Jawa), duriang (Manado), dulian (Toraja), rulen (Seram Timur).

Baca juga: Bambu, Jenis, Ciri-Ciri, dan Manfaatnya (Update 2022)

Apa Saja Ciri-Ciri Pohon Durian

Durian atau Durio zibethinus adalah tanaman berkayu yang memiliki tinggi 10-45 m, batang kokoh berkulit coklat agak kemerahan dan mengalami pengelupasan kulit kayu secara teratur. Daun durian berbentuk lanset dengan ujung daun meruncing dan tulang daun rapi. Panjang daun sekitar 10-15 cm, lebar daun 3-4 cm, lalu permukaan atas daun mengkilap berwarna hijau tua sedang permukaan bawah lebih kasar dan berwarna keemasan.

Pohon durian menghasilkan buah dengan diameter berkisar 15-25 cm, berwarna hijau kuning kecoklatan, dengan biji bulat lonjong berwarna coklat yang tertutup oleh daging buah. Daging buah durian berwarna putih atau kuning, lembut, berasa manis, dan beraroma khas buah durian.

Klasifikasi Pohon Durian

Berikut ini tabel klasifikasi pohon durian:

KingdomPlantae
SubkingdomViridiplantae
SuperdivisiEmbryophyta
DivisiTracheophyta
SubdivisiSpermatophytina
KelasMagnoliopsida
SubkelasDilleniidae
OrdoMalvales
Famili Bombacaceae
GenusDurio
SpesiesDurio zibethinus Murray
Tabel klasifikasi pohon durian/Durio zibenthinus Murray

Manfaat Pohon Durian

Manfaat pohon durian yang paling sering kita dengar mungkin sebatas buahnya enak dimakan dan dapat diolah menjadi beraneka jenis makanan. Padahal, pohon durian juga efektif untuk mencegah erosi dan juga menyuburkan tanah. Penasaran dengan manfaat lain pohon durian? Simak penjelasan berikut untuk mengetahui jawabannya!

1. Pohon Durian Efektif sebagai Pencegah Erosi

Manfaat pohondurian yang pertama adalah mampu mencegah erosi.
Perakaran pohon durian akan mencengkram lapisan tanah atas,, sehingga dapat mencegah erosi.

Manfaat pohon durian yang mungkin juga jarang kita ketahui adalah ternyata dapat berperan sebagai pencegah erosi. Seperti kita ketahui bersama, erosi adalah kondisi di mana tanah terkikis dan diangkut oleh kekuatan alam seperti angin atau air.

Sementara itu, pohon durian ternyata berperan sangat penting dalam pencegahan erosi di lahan-lahan miring. Sebab, perakaran pohon durian akan mencengkram lapisan tanah atas, sehingga tanah tersebut terbebas dari erosi.

Akar pohon memang memiliki kontribusi dalam mencegah terjadinya erosi dan tanah longsor. Karena, air hujan yang jatuh ke tanah akan diserap oleh pohon sehingga tidak mengalir sia-sia atau menimbulkan bencana seperti banjir. Justru, air yang diserap kemudian menjadi cadangan air di musim kemarau. Alhasil, ketersediaan air tanah terus terjaga dan debit mata air pun tetap besar.

2. Serasah Daun Pohon Durian Menyuburkan Tanah

Manfaat pohon durian berikutnya yaitu serasah daunnya dapat menyuburkan tanah.
Banyaknya unsur hara dalam serasah daun bisa mempercepat pertumbuhan tanaman.

Serasah adalah salah satu sumber unsur hara dalam siklus unsur hara di dalam ekosistem. Tanaman memberikan sumbangan bahan organik melalui daun-daun, cabang, dan rantingnya yang gugur dan juga melalui akar-akarnya yang telah mati. Banyaknya unsur hara yang terkandung dalam serasah daun kering dapat mempercepat pertumbuhan maupun produksi pada tanaman.

Dalam konteks ini, manfaat pohon durian juga terdapat pada serasahnya. Sisa-sisa tanaman atau serasah akan tertahan oleh batang durian sehingga dapat menyuburkan tanah.

3. Manfaat Buah Durian untuk Kesehatan

Manfaat pohon durian buahnya ternyata kaya akan nutrisi.
Manfaat pohon durian ada buahnya yang kaya akan nutrisi.

Meskipun beberapa orang menganggap bau buah durian terlalu menyengat, tetapi kandungan nutrisi di dalamnya bermacam-macam. Kandungan nutrisi tersebut antara lain, antioksidan, serat, karbohidrat, protein, lemak, vitamin A, vitamin C, magnesium, dan fosfor. Semua nutrisi tersebut tentu baik bagi kesehatan tubuh.

Masyarakat juga meyakini bahwa buah durian memberikan manfaat seperti, meningkatkan gairah seksual, meredakan demam, membantu meredakan gejala liver, meredakan gejala tekanan darah tinggi, dan lain sebagainya. Namun, perlu penelitian klinis lebih lanjut untuk membuktikannya.

Banyaknya manfaat yang terkandung di dalam buah durian, juga perlu diiringi dengan kesadaran sewaktu mengonsumsinya. Jangan sampai kalap dan makan berlebih! Sebab, durian juga memiliki kandungan yang tidak baik apabila dikonsumsi secara berlebihan. Misalnya, kadar gula dalam buah durian termasuk tinggi sehingga tidak baik untuk penderita diabetes.

4. Manfaat Daun Durian untuk Mencegah Infeksi Jamur

Ekstrak daun sebagai antibakteria merupakan salah satu manfaat pohon durian.
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun duriian bisa berfungsi sebagai antifungi.

Indonesia menyimpan beragam jenis tanaman beserta dengan potensi-potensinya. Tanaman tersebut oleh masyarakat kerap kali dimanfaatkan sebagai obat herbal. Salah satu jenis tanaman tersebut adalah pohon durian.

Ekstrak daun durian ternyata mengandung senyawa flavonoid dan saponin yang berfungsi sebagai antifungi. Mengutip dari Skripsi berjudul “Uji Aktivitas Ekstrak Etanol dan Air Rendaman Daun Durian Monthong (Durio zibethinus Murr. Var. Monthong) terhadap Pertumbuhan Candida albicans ATCC 10231 secara In Vitro (2018), beberapa penelitian telah membuktikan bahwa ekstrak daun durian berfungsi sebagai antifungi pada genus Candida, sehingga dapat mengatasi kandidiasis.

Mengutip dari laman halodoc, Kandidiasis adalah infeksi yang terjadi akibat jamur Candida, yaitu jamur yang mempunyai lebih dari 20 jenis. Jenis jamur Candida yang paling sering menyebabkan infeksi adalah Candida albicans. Kandidiasis dapat muncul di berbagai bagian tubuh manusia, tetapi bagian yang paling sering mengalami infeksi ini adalah mulut dan sekitar organ intim.

5. Manfaat Pohon Durian Ada pada Akarnya untuk Obat Sakit Perut

Manftaat pohon durian lainnya yaitu akarnya untuk obat sakit perut.
Akar yang sudah dicincang bisa langsung direbus hingga mendidih lalu kemudian diminum.

Mengutip dari Jurnal Hutan Lestari (2018), salah satu manfaat pohon durian yaitu untuk obat sakit perut. Adapun cara memanfaatkanya dengan mengambil bagian akar yang kecil lalu dipotong dan dibersihkan terlebih dahulu.  Setelah itu, ada dua cara pengolahannya.

Pertama, akar ditumbuk hingga halus kemudian langsung ditempelkan pada penderita sakit perut. Cara kedua, akar yang sudah dicincang bisa langsung direbus dengan syarat harus mendidih. Setelah itu, dinginkan terlebih dahulu lalu bisa langsung diminum.

Akar durian mengandung hydroxyltryptamine, tannin, saponin, dan minyak mustard. Kandungan tersebut secara tradisional dapat dijadikan sebagai antipyretic (anti demam) dan sebagai obat sakit perut.

6. Manfaat Biji Durian Ternyata Bisa untuk Membuat Tepung

Salah satu manfaat pohon durian yang jarang kita ketahui yaitu bijinya ternyata bisa diolah menjadi tepung.
Salah satu manfaat pohon durian yang jarang kita ketahui yaitu bijinya ternyata bisa diolah menjadi tepung.

Bukan hanya buahnya yang sedap dikonsumsi, nyatanya manfaat pohon durian juga terdapat pada bijinya. Biji durian terdiri dari dua komponen utama yaitu pati dan getah. Kandungan ekstrak polisakarida kasar biji durian mempunyai potensi untuk digunakan menjadi salah satu sumber bahan tambahan pangan alternatif. Sebab, biji dan getah durian memiliki kandungan karbohidrat dan protein.

Di samping itu, pengubahan bentuk biji durian menjadi tepung akan mempermudah pemanfaatannya sebagai bahan setengah jadi yang fleksibel. Perlu diketahui jika, pati biji durian memiliki kesamaan dengan tepung tapioka yaitu mempunyai kandungan pati yang terdiri dari amilosa dan amilopektin. Amilosa memberi sifat keras atau (pera), sedang amilopektin menyebabkan lengket.

Tepung biji durian juga awet jika disimpan dalam waktu yang lama. Terbukti, biji durian yang telah disimpan selama 8 bulan masih berpotensi menjadi bahan pangan sebab menyimpan kandungan karbohidrat yang tinggi, kadar air, kadar serat, alkaloid, dan terpenoid.

7. Kulit Buahnya Menjadi Bahan Baku Pembuatan Kertas

Manfaat pohon durian juga ada pada bijinya untuk bahan pembuatan kertas.
Kertas dari kulit durian terbukti ramah lingkungan dan tidak memakai bahan kimia.

Manfaat pohon durian berikutnya yaitu kulit buahnya dapat digunakan untuk membuat kertas. Umumnya, kulit buah durian masih dibuang menjadi limbah yang hanya dimanfaatkan sebagai bahan bakar atau kompos. Padahal, kulit buah durian dapat diolah menjadi kertas.

Faktanya, kulit durian mengandung unsur selulosa yang tinggi (50-60%) dan kandungan lignin (5%) serta kandungan pati yang rendah (5%). Proses pengolahannya pun sederhana dan kertas kulit durian yang dihasilkan aman bagi lingkungan maupun penggunanya sebab tidak menggunakan bahan-bahan kimia yang keras seperti soda api.

Nantinya, kertas yang dihasilkan dari kulit durian akan menghasilkan serat kertas yang halus dan berwarna sawo matang. Kertas tersebut dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan produk-produk kreatif seperti bingkai foto, kotak tisu, wadas alat tulis, dan kotak-kotak hias lain.

8. Manfaat Pohon Durian juga Terdapat pada Kulit Batangnya

Manfaat Pohon Durian juga Terdapat pada Kulit Batangnya
Beberapa masyarakat mengambil manfaat pohon durian berupa kulit batangnya sebagai pewarna alami.

Selain kulit buahnya yang berguna untuk bahan pembuatan kertas, manfaat pohon durian yang lain juga ada pada batangnya sebagai pewarna alami dan bahan bangunan. Kulit batang durian mengandung hydroxyl-tryptamine, tanin, dan saponin.

Mengutip dari Jurnal Hutan Lestari (2018), masyarakat di Desa Labian Ira’ang di Kecamatan Batang Lupar, Kabupaten Kapuas Hulu memanfaatkan bagian kulit batang pohon durian untuk bahan bangunan dan pewarna alam.

Kulit pohon durian kering sisa dari limbah batang yang sudah dimanfaatkan juga dapat digunakan untuk dinding atau lantai pondok karena memiliki diameter yang tebal dan sangat awet bila digunakan.

Kulit kayu pohon durian juga dimanfaatkan sebagai pewarna tenun alami yang menghasilkan warna merah kecoklatan atau merah maroon. Proses pengolahannya pertama-tama dengan mengupas kulit dari batangnya. Lalu, kulit dipukul-pukul hingga melebar. Selanjutnya, direbus sampai menghasilkan warna dan dinginkan beberapa saat.

Setelah dingin, kain tenun dicelupkan ke dalam air rebusan sampai warna menyatu. Setelah itu, kain tenun diangkat lalu keringkan di bawah sinar matahari langsung.

9. Batang Pohon Durian untuk Konstruksi Bangunan dan Mebel

Salah satu manfaat pohon durian yaitu kayunya untuk bahan pembuatab mebel.
Kayu durian biasanya digunakan untuk mebel, kotak cerutu, ataupun kayu lapis.

Ciri-ciri umum kayu durian adalah memiliki kayu teras (bagian yang telah mati secara fisiologis tetapi masih berfungsi untuk menunjang pohon) berwarna coklat-merah jika masih segar, lambat laun menjadi coklat-kelabu atau coklat semu-semua lembayung.

Tekstru kayu pohon durian agak kasar atau kasar dan merata, arah serat lurus, permukaan kayu agak licin dan mengkilap. Pemanfaatan kayu durian biasanya digunakan untuk peti, kotak cerutu, kayu lapis, mebel, ataupun penyangga rumah.

Kayu durian tergolong jenis yang relatif ringan dan memiliki tingkat keawetan yang agak rendah. Meski demikian, kayu pohon durian mempunyai sifat pengerjaan yang mudah dan bagus

10.  Manfaat Pohon Durian, Buahnya Diolah menjadi Aneka Makanan

Kita bisa mengambil manfaat pohon durian dari buahnya untuk bahan makanan.
Buah durian dapat diolah menjadi berbagai macam olahan makanan seperti tempoyak aau dodol.

Masyarakat sering kali mengambil manfaat pohon durian berupa buahnya untuk diolah menjadi aneka jenis makanan. Olahan makanan dari durian antara lain, tempoyak, dodol, es krim, serabi, kue pie, dan masih banyak lainnya. Salah satu yang cukup terkenal adalah tempoyak, hasil fermentasi durian bersama garam, yang biasanya dijadikan penyedap rasa gulai dan ikan patin.

Masyarakat juga memanfaatkan buah durian sebagai sayur. Cara pengolahannya yaitu dengan memilih buah yang sudah tua, dibelah dan dipisahkan dari bijinya. Lalu, iris sesuai keinginan. Setelah itu, buah dapat diolah menjadi bahan makanan/sayur dengan menambahkan bumbu tambahan guna meningkatkan rasa agar lebih gurih. Sayur durian ini bisa dicampur ikan teri maupun daging sesuai dengan selera.

Baca juga: Kawasan Konservasi Adalah:Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Contoh-Contoh

11.  Menambah Pendapatan Masyarakat

Manfaat terkahir pohon durian yaitu sebagai penambah pemasukan
Manfaat pohon durian yang terakhir yaitu sebagiai tambahan pemasukan.

Terakhir, manfaat pohon durian sebagai pemasukan tambahan. Mengingat, durian merupakan salah satu buah yang banyak digemari oleh masyarakat sehingga memiliki nilai jual yang tinggi. Ketika panen tiba, masyarakat yang mempunyai pohon durian bisa menjual buah durian ke pasaran dengan harga yang bervariatif.

Mengutip dari laman harga.top, harga durian pada tahun 2022 berbeda-beda. Mulai dari Durian Musang King yang dibandrol pada kisaran Rp250.000,00, lalu Durian Montong Rp50.000,00, Durian Petruk Rp40.000,00, dan Durian Merah Banyuwangi Rp250.000,00

Selain buahnya, batang kayu pohon durian juga bisa dimanfaatkan sebagai kayu bangunan, bahan bakar, hingga kerajinan. Artinya, kayunya juga memiliki nilai ekonomis bagi masyarakat.

Itulah 11 manfaat pohon durian untuk lingkungan, kesehatan, ataupun manusia. Semestinya informasi mengenai manfaat pohon durian ini dapat diteliti lebih lanjut. Dengan harapan dapat memunculkan inovasi baru yang berguna bagi masyarakat luas.

Menanam Pohon Kini Bisa Dilakukan dengan Mudah, Bahkan dari Handphone Sekalipun!

Bingung ktika dengar menanam pohon dari handphone? LindungiHutan punya solusi yang memudahkan semua orang untuk ikut berpartisipasi dalam menghijaukan Indonesia. Kamu bisa berdonasi pohon mulai dari Rp10.000 per pohonnya untuk kampanye alam yang digelar.

Muhamad Iqbal adalah SEO content writer di LindungiHutan dengan fokus pada tulisan-tulisan lingkungan, kehutanan dan sosial.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rawat Bumi LindungiHutan